Sukses

Kaleidoskop Unik 2023: 11 Rekor Dunia Jadi Sorotan, Wanita Mendayung ke Antartika Hingga Pria Tarik 6 Mobil Pakai Gigi

Berikut Liputan6.com rangkum Kaleidoskop Global Unik 2023, 12 daftar aksi yang berhasil pecahkan rekor dunia sepanjang tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2023 sudah berlalu dan menyimpan banyak peristiwa unik sepanjang tahun, termasuk sejumlah aksi yang berhasil pecahkan rekor dunia.

Pada awal tahun 2023 terdapat lebih dari 3.000 orang yang bekerja bersama-sama membuat pizza yang tercatat sebagai ukuran terbesar di dunia sehingga berhasil mendapat penghargaan dari Guinness World Record.

Lalu ada wanita pertama yang berhasil mendayung menggunakan perahu ke Antartika selama sepekan dengan jarak lebih dari 700 km.

Wanita lain yang curi perhatian dunia pada tahun 2023 salah satunya adalah pendaki gunung asal Spanyol yang sukses pecahkan rekor dunia, karena tinggal di dalam gua selama 500 hari lamanya.

Sementara itu, seorang kakek berusia 75 tahun tampil kuat dengan kemampuan angkat beban seberat 85 kg.

Menjelang akhir tahun 2023, ada aksi unik dari sejumlah orang di beragam penjuru dunia yang mungkin bikin orang menggeleng-geleng kepala. Pasalnya seorang pria di Ukraina bahkan mampu menarik sebanyak enam mobil sekaligus pengemudinya hanya menggunakan gigi. 

Pada akhir tahun ini pula, dua aksi jenius bocah turut menambah daftar rekor dunia dengan salah satunya yakni balita berusia 2 tahun asal Amerika Serikat menjadi anggota termuda dengan memiliki IQ yang tinggi. 

Selengkapnya berikut Liputan6.com rangkum melalui Kaleidoskop Global Unik 2023, 11 daftar aksi yang berhasil pecahkan rekor dunia sepanjang tahun ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

1. 3.357 Orang Pecahkan Rekor Pesta Pizza Terbesar Sedunia

Universitas Oklahoma dan sebuah jaringan restoran pizza bekerja sama untuk memecahkan Guinness World Record atau Rekor Dunia Guinness untuk pesta pizza terbesar sedunia.

Menurut informasi dari Oddity Central, Kamis (26/1/2023), Mike Bausch pemilik jaringan Andolini's Pizza mengatakan butuh waktu sekitar delapan bulan untuk menyelenggarakan Saturday's Guinness World Record di Universitas Tulsa.

Restoran Bausch memasak 1.000 pizza untuk disajikan kepada para penggemar sebelum pertandingan bola basket universitas melawan Tulane Green Wave di lapangan Reynolds Center.

Juri Guinness World Record (GWR) Michael Empric mengatakan aturan organisasi mengharuskan setiap peserta makan dua potong pizza dan minum sebotol kecil air selama batas waktu 15 menit. Dia mengatakan siapa pun yang belum selesai pada batas waktu yang telah ditentukan tidak akan dihitung.

Empric mengonfirmasi rekor tersebut berhasil dipecahkan ketika 3.357 orang menghabiskan pizza dan air mereka.

Upaya memecahkan rekor dunia tersebut mengumpulkan $40.000 sekitar Rp 597 juta untuk kelompok amal Make-A-Wish Oklahoma.

Selengkapnya klik disini...

3 dari 12 halaman

2. Mendayung ke Antartika, Wanita Ini Raih Rekor Dunia

Lisa Farthofer, seorang wanita berusia 31 tahun melakukan aktivitas mendayung perahu sejauh 753 Kilometer di perairan terbuka Antartika selama tujuh hari dimulai pada tanggal 11-17 Januari 2023.

Perjalanan ini menjadikannya sebagai wanita pertama yang mendayung di Southern Ocean dan wanita pertama yang mendayung di perairan terbuka Antartika dalam catatan Guinness World Records.

Farthofer berdayung bersama tim ekspedisinya yang terdiri dari Fiann Paul asal Islandia, Mike Matson dan Brian Krauskopf asal Amerika Serikat, Jamie Douglas-Hamilton asal Inggris, dan Stefan Ivanov asal Bulgaria.

Tim ini melakukan ekspedisi dengan tujuan untuk mengikuti langkah pelayaran yang dilakukan oleh Ernest Shackleton dan krunya dari Elephant Island ke Georgia Selatan pada tahun 1915.

"Saya melihat beberapa hal yang sangat menakjubkan," ujar Farthofer kepada Guinness World Records.

"Terkadang perjalanannya sulit dan menantang, tetapi ada juga momen yang sangat luar biasa, seperti saat mendayung di tengah kawanan paus sirip, dan juga terasa seperti ada sekawanan penguin yang selalu bersama kami sepanjang waktu."

Farthofer mengatakan bahwa perjalanannya juga menyoroti keindahan alam.

Selengkapnya klik disini...

4 dari 12 halaman

3. Sukses Angkat Beban 75 Kg, Atlet Lansia Berusia 86 Tahun di Inggris Pecahkan Rekor Dunia

Seorang atlet angkat besi Brian Winslow (86) asal Inggris memecahkan rekor dunia dan nasional angkat beban atau deadlift dengan bobot 75 kg di Kejuaraan British Drug Free Powerlifting Association (BDFPA) 2023 pada Sabtu (18/3/2023).

Ia memecahkan rekor nasional Inggris untuk orang seusianya dan berat yang berhasil ia angkat. Pria asal Derbyshire tersebut kemudian mencoba mengangkat beban 77,5 kg.

BDFPA mengonfirmasi bahwa Winslow kini memegang rekor Inggris dan dunia dalam kategori 60kg untuk atlet pria berusia 85 hingga 89 tahun.

"Saya jelas senang. Selalu menyenangkan mendapatkan satu atau dua rekor. Saya langsung kelelahan, tapi semuanya baik-baik saja," ujar Winslow, seperti dikutip BBC, Jumat (31/3). 

Winslow telah menjadi atlet angkat beban sejak usianya masih sangat muda. Ketertarikannya pada dunia angkat besi bermula ketika ia bekerja memindahkan kursi geladak besar saat menjadi petugas di area Devon Selatan. 

Selengkapnya klik disini...

5 dari 12 halaman

4. 500 Hari di Gua Bawa Tanah, Wanita Spanyol Ini Diklaim Pecahkan Rekor Dunia

Seorang pendaki gunung asal Spanyol muncul pada Jumat, 14 April 2023 dari sebuah gua 70 meter di bawah tanah tempat ia menghabiskan 500 hari terisolasi dari dunia luar.

Beatriz Flamini yang berusia 50 tahun dari Madrid, meninggalkan gua di Spanyol selatan tidak lama setelah pukul 09.00 waktu setempat setelah diberi tahu oleh para pendukung bahwa ia telah menyelesaikan prestasi yang ingin ia capai sejak 21 November 2021.

Media Spanyol mengatakan hal tersebut mencetak rekor dunia baru, tetapi klaim tersebut belum dapat segera dikonfirmasi.

Kantor berita negara Spanyol Efe mengutip Flamini menyebut ia pernah terpaksa menghentikan sementara tantangan setelah sekitar 300 hari dan meninggalkan gua selama delapan hari karena masalah teknis. Efe melaporkan Flamini menghabiskan delapan hari di tenda, tetapi tidak melakukan kontak dengan siapa pun sebelum kembali masuk gua setelah masalah teratasi.

Tidak mungkin untuk segera menghubungi Flamini atau timnya untuk mengomentari insiden itu. Mengingat ada 509 hari antara 14 April dan hari Flamini memulai proyek, tampaknya ia menghabiskan setidaknya 500 hari di bawah tanah dengan jeda delapan hari, demikian seperti dilansir dari AP, Minggu (16/4/2023).

Selengkapnya klik disini...

6 dari 12 halaman

5. Pecahkan Rekor Dunia, Koki Asal Nigeria Masak Tanpa Henti Selama 100 Jam

Seorang koki Nigeria pada Senin, 15 Mei 2023 mencetak rekor dunia setelah memasak nonstop atau tanpa henti dengan jam terlama yakni selama 100 jam, melampaui rekor saat ini.

Hilda Baci telah memasak sejak Kamis, 11 Mei pekan lalu ketika ia bersiap untuk memecahkan Guinness World Records yakni memasak selama 87 jam 45 menit yang ditetapkan pada 2019 oleh Lata Tondon, seorang koki India.

Sekitar pukul 19:45 waktu setempat pada Senin, Baci memasak selama 100 jam di daerah Lekki di Lagos, pusat komersial Nigeria, untuk menjadi sensasi nasional di negara Afrika Barat itu. Ribuan orang yang berkumpul di tempat kejadian bergembira dan menyanyikan pujian saat ia berhenti memasak beberapa menit kemudian.

Guinness World Records mencuit di Twitter bahwa mereka mengetahui upaya koki itu untuk memecahkan rekor memasak.

"Kami perlu meninjau semua bukti terlebih dahulu sebelum secara resmi mengonfirmasi sebuah rekor," kata Guinness World Records, demikian dilansir dari AP, Selasa (16/5/2023).

Selengkapnya klik disini...

7 dari 12 halaman

6. Pria Australia Pecahkan Rekor Dunia Putar Bianglala dengan Tangan Kosong, Alasannya Bikin Haru

Seorang pria asal Australia telah mencetak Guinness World Record (GWR) setelah memutar seluruh bianglala hanya dalam waktu 16 menit 55 detik - menggunakan tangan kosong.

Mengutip dari ndtv.com, Kamis (1/6/2023), Troy Conley Magnusson yang berusia 39 tahun mencapai prestasi di Sydney Luna Park untuk mengumpulkan dana amal Little Wings, yang bermanfaat bagi anak-anak yang sakit parah dan keluarga mereka.

Dia berupaya memecahkan rekor tersebut sebagai penghormatan bagi Zac. Bocah 11 tahun yang meninggal dengan pada 2022 lalu, setelah berjuang melawan kanker mata.

Guinness World Record membagikan video time-lapse dari upaya pemecahan rekor memutar bianglala itu. "Rekor baru: Waktu tercepat untuk memutar bianglala - 16 menit 55 detik oleh Troy Conley-Magnusson (Australia) di Luna Park di Sydney, berlatar Sydney Opera House dan seluruhnya diputar dengan tangannya."

Selengkapnya baca disini...

8 dari 12 halaman

7. Turuni 75 Anak Tangga Pakai Tangan dalam 25 Detik, Pria Nepal Ini Pecahkan Rekor Dunia

Seorang pria Nepal bernama Hari Chandra Giri mencatatkan dirinya dalam Guinness World Record atau Rekor Dunia Guinness untuk keempat kalinya. Kali ini ia menorehkan prestasi luar biasa, menggunakan tangan menuruni 75 anak tangga dalam kurun waktu 25,03 detik di kuil Buddha Stupa Jamchen Vijaya, Budhanilkantha.

Pria berusia 29 tahun itu berhasil menorehkan namanya dalam daftar peraih rekor dunia pada 12 Maret 2023.

Dikutip dari UPI, Kamis (6/7/2023), ia berhasil mengalahkan rekor sebelumnya yang diraih Mark Kenney dari Amerika Serikat pada tahun 2014 oleh dengan catatan waktu 30,8 detik.

Giri telah mengembangkan keterampilan ini sejak usia 8 tahun dan telah memecahkan beberapa rekor dunia lainnya.

Sebelumnya, ia juga memegang rekor untuk menuruni 50 anak tangga menggunakan tangan dengan waktu tercepat, juga rekor untuk berjalan tercepat menggunakan tangan dalam jarak 50 meter sambil mengapit bola sepak di antara kakinya. 

Dengan pencapaian serupa berjalan dengan tangan sambil mengapit bola sepak di antara kedua kaki, Giri menyabet perolehan waktu tercepat dalam jarak 10 meter. Ia pun kembali mencatatkan rekor dunianya untuk itu.

Selengkapnya klik disini...

9 dari 12 halaman

8. 2 Pria di Amerika Serikat Pecahkan Rekor Dunia, Lakukan 153 Pelukan dalam 1 Menit

Dua pria di Los Angeles, Amerika Serikat, berhasil memecahkan rekor dunia dengan melakukan pelukan terbanyak dalam satu menit. 

Dilansir UPI, Kamis (31/8/2023), David Rush, yang telah memecahkan lebih dari 250 Guinness World Record, berkolaborasi dengan Josh Horton, youtuber dengan 30 rekor dunia demi rekor baru. 

Rush mengatakan bahwa calon pemecah rekor harus meletakkan tangan mereka ke samping setelah setiap pelukan.

Rush dan Horton mengatakan, mereka berpelukan sebanyak 163 kali. Namun setelah meninjau rekaman mereka kembali, mereka tercatat hanya berhasil melakukan 153 pelukan yang akhirnya dilaporkan ke bagian pencatatan rekor. 

Selain melakukan pelukan terbanyak, rekor lain yang berhasil dilakukan dalam satu menit adalah makan ceker ayam hampir setengah kilo.

Seorang wanita Afrika Selatan mencatatatkan namanya dalam rekor dunia Guinness World Records setelah berhasil memakan 4,26 ons atau setara 426 gram ceker ayam dalam waktu 60 detik.

Selengkapnya klik disini...

10 dari 12 halaman

9. Koleksi 2.037 Pasta Gigi Dokter di AS Pecahkan Rekor Dunia, Ada Rasa Wasabi hingga Whiskey

Seorang dokter gigi di Georgia, Amerika Serikat (AS), berhasil memecahkan rekor dunia dari Guinness World Records atas koleksi pasta giginya yang berjumlah 2.037 buah. Koleksinya pun beragam dan beberapa memiliki rasa yang unik, seperti wasabi hingga whiskey.

Dilansir laman UPI, Minggu (24/9/2023), Val Kolpakov, yang membuka praktiknya di Alpharetta, mengatakan koleksinya mencakup pasta gigi langka dari negara-negara termasuk Jepang, Korea, Tiongkok, India, dan Rusia. 

"Saya memulai koleksi pada tahun 2001 ketika belajar lebih banyak sebagai dokter gigi tentang semua pasta gigi yang tersedia di pasaran," kata Kolpakov kepada Guinness World Records.

"Saya segera menyadari bahwa ini adalah hobi yang sangat menarik dan mencoba mengumpulkan beberapa pasta gigi dan tabung bekas dari negara lain," sambungnya.

Kolpakov mengatakan beberapa koleksinya yang paling unik dipajang di "museum mini" yang ia letakkan di tempatnya bekerja. Termasuk pasta gigi rasa whiskey dengan varietas gandum hitam, scotch, dan bourbon.

Dia mengatakan pasta gigi baru, yang diproduksi oleh Don Poynter pada tahun 1950an, mengandung alkohol tiga persen.

Selengkapnya klik disini...

11 dari 12 halaman

10. Pria Asal Ukraina Pecahkan Rekor Dunia Usai Tarik 6 Mobil Pakai Gigi

Seorang pria di Ukraina berhasil memecahkan dua rekor dunia Guinness World Records sekaligus usai menarik mobil menggunakan giginya.

Dmytro Hrunskyi (34) memecahkan rekor dengan menarik enam mobil sekaligus pengemudinya, yang beratnya mencapai 16.763 pon atau lebih dari 1 ton.

Dilansir UPI, Senin (2/10/2023), setiap mobil yang ditariknya berada dalam kondisi netral, namun tetap harus ada pengemudi di dalamnya untuk memastikan mobil berjalan lurus.

Hrunskyi juga berhasil memecahkan rekor dengan menarik mobil tercepat sepanjang 30 meter menggunakan giginya dan menarik taksi seberat 2.293 pon atau lebih dari 900 kg dalam jarak yang dibutuhkan hanya dalam waktu 15,63 detik. 

"Hobi saya adalah trik kekuatan ekstrem, dan tujuan saya adalah menjadi pemegang banyak rekor," kata Hrunskyi yang merupakan seorang binaragawan kepada Guinness World Records.

Dia sebelumnya memecahkan rekor menarik kereta seberat 71.650 pon atau lebih dari 35 ton menggunakan lehernya pada tahun 2022.

Selengkapnya klik disini....

12 dari 12 halaman

11. Jenius, Bocah Usia 2 Tahun di AS Raih Rekor Dunia Usai Jadi Anggota Termuda Organisasi IQ Tinggi

Seorang anak berusia dua tahun di Kentucky, Amerika Serikat (AS) telah terbukti memiliki tingkat kecerdasan melebihi usianya dengan menjadi anggota termuda dari organisasi Mensa.

Mensa merupakan organisasi asal Inggris, diperuntukkan bagi orang-orang yang mempunyai IQ tinggi. Syarat satu-satunya untuk menjadi anggota Mensa adalah calon anggota harus berada di 2 persen peringkat teratas dalam ujian kepandaian yang diawasi secara profesional.

Badan rekor dunia atau Guinness World Records mengatakan bahwa bocah bernama Isla McNabb itu diterima di Mensa setelah mendapat nilai persentil kecerdasan ke-99 untuk kelompok usianya pada Stanford-Binet Intelligence Scales.

Orang tuanya, Jason dan Amanda McNabb, mengatakan Isla mempelajari alfabet pada usia 18 bulan dan bisa membaca dengan cepat.

"Pada usia tujuh bulan dia akan memilih benda-benda tertentu dari buku bergambar ketika ditanya," kata Jason McNabb kepada Guinness World Records, seperti dikutip UPI, Selasa (28/11/2023).

Orang tuanya mengatakan mereka mendaftarkan Isla di Mensa dengan harapan menemukan sumber daya untuk mengembangkan bakatnya.

"Manfaat terbesar bagi Mensa adalah komunitasnya," kata Jason.

Selengkapnya klik disini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.