Sukses

Pecahkan Rekor Dunia, Koki Asal Nigeria Masak Tanpa Henti Selama 100 Jam

Liputan6.com, Abuja - Seorang koki Nigeria pada Senin, 15 Mei 2023 mencetak rekor dunia setelah memasak nonstop atau tanpa henti dengan jam terlama yakni selama 100 jam, melampaui rekor saat ini.

Hilda Baci telah memasak sejak Kamis, 11 Mei pekan lalu ketika ia bersiap untuk memecahkan Guinness World Records yakni memasak selama 87 jam 45 menit yang ditetapkan pada 2019 oleh Lata Tondon, seorang koki India.

Sekitar pukul 19:45 waktu setempat pada Senin, Baci memasak selama 100 jam di daerah Lekki di Lagos, pusat komersial Nigeria, untuk menjadi sensasi nasional di negara Afrika Barat itu. Ribuan orang yang berkumpul di tempat kejadian bergembira dan menyanyikan pujian saat ia berhenti memasak beberapa menit kemudian.

Guinness World Records mencuit di Twitter bahwa mereka mengetahui upaya koki itu untuk memecahkan rekor memasak.

"Kami perlu meninjau semua bukti terlebih dahulu sebelum secara resmi mengonfirmasi sebuah rekor," kata Guinness World Records, demikian dilansir dari AP, Selasa (16/5/2023).

Dengan mencoba untuk memecahkan rekor, koki asal Nigeria itu mengatakan pada Kamis bahwa ia ingin menunjukkan betapa pekerja keras dan tekad pemuda Nigeria dan juga sebagai kampanye untuk perempuan muda Afrika yang dikesampingkan dalam masyarakat.

"Bahkan ketika berbicara tentang merek yang ingin Anda ajak bekerja sama, sepertinya Anda harus berusaha lebih keras untuk dianggap serius," kata Baci, menambahkan bahwa ia berharap dunia akan belajar lebih banyak tentang masakan atau kuliner Nigeria.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Banyak Warga Nigeria Beri Dukungan

Pada pukul 15:00 waktu setempat, Hilda Baci mulai memasak lusinan masakan Nigeria di bawah pengawasan, mulai dari sup hingga rebusan dan berbagai protein.

Nasi jollof, salah satu hidangan Afrika Barat paling ikonik, juga ditampilkan di menu.

Baci hanya memiliki waktu istirahat lima menit setiap jam atau akumulasi satu jam setelah rentang waktu 12 jam untuk hal lainnya, mulai dari mandi hingga pemeriksaan kesehatan dan istirahat.

Saat ribuan penduduk setempat dan selebritas mendukungnya di tempat kejadian sepanjang siang dan malam, lebih banyak lagi yang dipantau secara online melalui beberapa platform streaming.

Setelah ia melampaui rekor memasak saat ini, Presiden Nigeria Muhammadu Buhari mencuit di Twitter bahwa Senin adalah hari yang luar biasa bagi Nigeria. "Penggerak, ambisi, dan ketangguhan Hilda telah membawa minat dan wawasan yang besar pada keunikan makanan Nigeria," tulis Buhari.

Ketika Baci mendekati angka 100 jam, Kingsley Ofoma di tempat kejadian mengatakan ia tidak pernah meragukannya untuk melampaui rekor global. "Energi di sini sangat tinggi dan positif. Semua orang bersenang-senang," katanya.

"Jadi memakan makanannya secara gratis bahkan bukan yang terbaik."

3 dari 5 halaman

Bisa Putar Kaki 171 Derajat, Wanita Ini Pecahkan Rekor Dunia

Bicara soal memecahkan rekor dunia, ada seorang perempuan dari Amerika Serikat (AS) yang memecahkan rekor dunia yang tidak bisa dilakukan oleh banyak orang.

Namanya adalah Kelsey Grubb dan ia berusia 32 tahun. Mengutip dari guinnessworldrecords.com, Rabu (3/5/2023), ia berasal dari Albuquerque, New Meksiko, AS, dan memiliki rotasi kaki terbesar. Alhasil, ia dapat memutar kakinya 171,4 derajat.

Namun, bagaimana seseorang menyadari bahwa mereka memiliki bakat yang begitu unik?

"Saya bekerja di perpustakaan dan world record book terbaru (2021) yang baru saja keluar."

"Seorang rekan kerja membolak-balik dan secara acak membuka halaman dengan rotasi kaki terbesar dan berkata 'Ew! Itu sangat menjijikkan,'" kata Kelsey.

Kelsey mencoba memutar kakinya sambil berdiri di atas selembar kertas dan menyadari bahwa dirinya memiliki peluang bagus untuk memecahkan rekor dunia. 

"Saya tidak tahu detail tentang bagaimana pengukuran harus dilakukan," kata Kelsey.

"Tapi saya pikir saya tidak peduli detailnya," tambah dirinya. 

Meskipun Kelsey tidak perlu berlatih atau mempersiapkan upaya rekaman, ia menganggap olahraga skates sebagai hobi dan terus mengembangkan fleksibilitasnya.

Baca selebihnya di sini...

4 dari 5 halaman

Pecahkan Rekor Dunia, Bocah 10 Tahun Ini Tendang Bola 8.147 Kali dalam 1 Jam

Rekor yang berhasil dicetak juga datang dari seorang bocah berusia 10 tahun.

Diketahui, ia berhasil menendang bola sebanyak 8,147 kali selama sejam. 

Tang Jinfan (10) yang berasal dari China, berhasil menggiring bola sebanyak 8.147 kali dan juga berhasil memegang rekor dribel terbanyak dalam satu jam.

Menurut situs Guinness World Records, Tang pertama kali mengenal olahraga menendang bola sejak mengikuti kamp sepak bola musim panas di sekolahnya. Kemudian, dengan bimbingan sang pelatih, Lin Xiaozhong ia mulai mengasah bakatnya dan menguasai teknik menggiring bola dengan lebih baik.

Sejak saat itu, Tang telah menunjukkan keterampilan yang luar biasa dan daya tahan yang luar biasa dalam menangani bola untuk waktu yang lama.

Pada September 2022, Tang berhasil mencatatkan 7.056 umpan bola berturut-turut dengan kaki kiri dan kanannya dalam waktu 50 menit.

Menurut Lin, dengan rekor itu dia yakin Tang mampu mencetak rekor dunia bola terbanyak dalam satu jam.

"Di klub sepak bola kami, banyak rekan tim yang bisa membawa bola lebih dari seribu kali dengan kedua kaki, tapi saya yang terbaik," kata Tang.

Baca selebihnya di sini...

5 dari 5 halaman

500 Hari di Gua Bawa Tanah, Wanita Spanyol Ini Diklaim Pecahkan Rekor Dunia

Selain itu, ada pula seorang wanita asal Spanyol berusia 50 tahun yang juga berhasil mencetak rekor.

Pada Jumat, 14 April 2023, ia keluar dari sebuah gua 70 meter di bawah tanah tempat ia menghabiskan 500 hari terisolasi dari dunia luar.

Beatriz Flamini adalah namanya dan berasal dari Madrid, meninggalkan gua di Spanyol selatan tidak lama setelah pukul 09.00 waktu setempat setelah diberi tahu oleh para pendukung bahwa ia telah menyelesaikan prestasi yang ingin ia capai sejak 21 November 2021.

Media Spanyol mengatakan hal tersebut mencetak rekor dunia baru, tetapi klaim tersebut belum dapat segera dikonfirmasi.

Kantor berita negara Spanyol Efe mengutip Flamini menyebut ia pernah terpaksa menghentikan sementara tantangan setelah sekitar 300 hari dan meninggalkan guaselama delapan hari karena masalah teknis. Efe melaporkan Flamini menghabiskan delapan hari di tenda, tetapi tidak melakukan kontak dengan siapa pun sebelum kembali masuk gua setelah masalah teratasi.

Tidak mungkin untuk segera menghubungi Flamini atau timnya untuk mengomentari insiden itu. Mengingat ada 509 hari antara 14 April dan hari Flamini memulai proyek, tampaknya ia menghabiskan setidaknya 500 hari di bawah tanah dengan jeda delapan hari, demikian seperti dilansir dari AP, Minggu (16/4/2023).

Baca selebihnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini