Sukses

Julukan Baru untuk Putri Kim Jong Un

Kim Ju Ae dikatakan berusia 10 atau 11 tahun pada tahun 2023. Sejauh ini sudah membuat total 19 penampilan publik sejak November 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Lebih dari setahun yang lalu, putri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pertama kali muncul di depan umum, berjalan bergandengan tangan dengan ayahnya saat mereka memeriksa peluncuran rudal balistik antarbenua Hwasong-17.

Kim Ju Ae dikatakan berusia 10 atau 11 tahun pada tahun 2023. Sejauh ini sudah membuat total 19 penampilan publik sejak November 2022.

Kini, putri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un ini telah menerima gelar baru yaitu Morning Star of Korea atau yang berarti Bintang Kejora Korea.

Lewat julukan ini, Kim Ju Ae disebut-sebut akan menjadi penerus dari ayahnya, dikutip dari laman RadioFreeAsia, Kamis (14/12/2023).

Fakta Anak Kim Jong Un

Menurut laporan Radio Free Asia, anak yang memiliki nama Kim Ju Ae juga harus mengganti nama. Hal itu terjadi gadis bernama Ju Ae yang tinggal di kota Chongju.

Gadis-gadis lain yang bernama Kim Ju Ae juga diminta ganti nama, kemudian memperbarui sertifikat lahir mereka.

Saat itu, nama resmi Kim Ju Ae juga sebetulnya belum diungkap ke publik. Media negara Korut memanggilnya sebagai "Anak Mulia", "Anak Terhormat", atau "Putri Tercinta".

Nama Kim Jua Ae terungkap oleh pemain basket Dennis Rodman yang pernah ke Korut pada 2013. Intelijen Korea Selatan juga memanggilnya Ju Ae.

Sumber dari RFA di Korea Utara berkata bahwa nama Ju Ae kini menjadi nama anak terhormat, sehingga ada perintah agar yang lain tidak boleh sama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kondisinya Jadi Sorotan Saat Kelaparan Melanda Korut

Sebelumnya, RFA juga mengungkap bahwa sejumlah rakyat Korea Utara cemburu dengan kondisi Kim Ju Ae yang tampak sehat dan gemuk. Sementara, rakyat Korut juga sedang dilanda masalah kelaparan.

"Ini membuat saya marah bahwa situasi saya sangat susah ditanggung, dan Kim Ju Ae, yang kita tahu makan dan hidup enak, seringkali tampil di TV dengan memakai baju-baju mahal," ujar seorang warga Provinsi Pyongan Utara kepada RFA.

"Orang-orang bilang, 'Gadis itu pasti makan dengan baik, wajahnya amat putih dan tembam seperti bulan'," lanjut warga Korea Utara itu. "Mayoritas masyarakat tidak bisa makan dengan layak, sehingga tulang pipi mereka terlihat di wajah mereka ketimbang sebelumnya."

Warga-warga lain dari Provinsi Pyongan Selatan juga membandingkan penampilan Kim Ju Ae dengan anak-anak lain yang kurus.

"Mereka marah melihat wajah putih tembam dari Anak Tercinta seringkali muncul di propaganda," ujar sumber kedua.

3 dari 3 halaman

Pakaian Mewah Jadi Sorotan Saat Negara Kesusahan

Pakaian dari Kim Ju Ae juga menyorot perhatian. Sebab, Korea Utara bukan negara kapitalis, tetapi pakaian Kim Ju Ae terlihat mewah. Anak-anak sekolah lain di Korut bisa dihukum jika dituding mengikuti budaya kapitalis.

Penampilan Kim Ju Ae dianggap lebih modis ketimbang gadis biasa pada umumnya. Rambut Kim Ju Ae yang tertata rapih juga menjadi sorotan.

"Pakaian Kim Ju Ae dan penampilannya sungguh berbeda dari apa yang bisa dikenakan remaja gadis biasa," ujar sumber kedua di Korea Utara kepara RFA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.