Sukses

Lawan Pengaruh Amerika Serikat, Xi Jinping Kunjungi Vietnam Hari Ini

Presiden China Xi Jinping akan mengunjungi Vietnam, setelah terakhir kali terjadi pada enam tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden China Xi Jinping akan mengunjungi Vietnam, setelah terakhir kali terjadi pada enam tahun lalu.

Xi direncanakan tiba hari ini, Selasa, 12 Desember untuk melawan pengaruh Amerika Serikat yang semakin besar di Vietnam.

Xi akan bertemu dengan pemimpin Partai Komunis yang berkuasa di Vietnam, Nguyen Phu Trong, setelah partai tersebut telah meningkatkan hubungan diplomatiknya dengan Washington saat Presiden AS Joe Biden berkunjung ke Hanoi pada September 2023.

Kunjungan Biden adalah bagian dari upaya AS untuk menahan kekuatan ekonomi Tiongkok dan untuk mengamankan pasokan bahan-bahan penting yang dibutuhkan untuk manufaktur berteknologi tinggi, dikutip dari laman Channel News Asia, Selasa (12/12/2023).

Vietnam telah lama menerapkan pendekatan “diplomasi bambu”, berupaya menjaga hubungan baik dengan kedua negara.

Negara ini mempunyai kekhawatiran yang sama dengan Amerika Serikat mengenai meningkatnya ketegasan Beijing di Laut China Selatan yang disengketakan.

Namun Vietnam juga mempunyai hubungan ekonomi yang erat dengan China dan kedua negara juga memiliki partai komunis yang kini sedang berkuasa.

Vietnam dan China telah berbagi “kemitraan strategis komprehensif”, yang merupakan status diplomatik tertinggi Vietnam.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Wang Wenbin mengatakan bahwa kunjungan tersebut akan melibatkan diskusi mengenai “membawa hubungan Tiongkok-Vietnam ke posisi yang lebih tinggi”.

Hal ini bisa membuat Xi mendorong Vietnam untuk bergabung dengan “Community of Common Destiny”, sebuah frasa yang didefinisikan secara longgar yang mengacu pada visi kerja sama masa depan dalam isu-isu ekonomi, keamanan dan politik.

Wang mengatakan bahwa agenda kunjungan Xi mencakup “politik, keamanan, kerja sama praktis, pembentukan opini publik, masalah multilateral dan masalah maritim”.

Xi akan mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh dan Presiden Vo Van Thuong dan pada hari Rabu meletakkan karangan bunga di mausoleum pemimpin revolusioner Ho Chi Minh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlawanan Filipina di Laut China Selatan

Kunjungan dua hari ini terjadi di tengah ketegangan yang meningkat antara Tiongkok dan Filipina di Laut China Selatan, setelah konfrontasi antara kapal kedua negara.

Filipina mengatakan pihaknya telah memanggil utusan Tiongkok pada Senin (11/12) dan mengisyaratkan kemungkinan untuk mengusirnya.

Vietnam, bersama dengan Malaysia, Brunei dan Taiwan, juga mempunyai klaim yang tumpang tindih di Laut China Selatan.

Selama satu dekade terakhir, Tiongkok telah memperluas reklamasi lahan di Laut China Selatan, menciptakan pulau-pulau yang dimiliterisasi, dengan landasan pacu, pelabuhan, dan sistem radar.

Selama kunjungan Joe Biden, Vietnam dan Amerika Serikat bersama-sama memperingatkan terhadap “ancaman atau penggunaan kekuatan” di Laut China Selatan.

Vietnam adalah salah satu dari beberapa anggota ASEAN yang kecewa dengan peta resmi Tiongkok yang diterbitkan pada September 2023, yang menunjukkan kedaulatan atas hampir seluruh jalur perairan yang kaya sumber daya tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.