Sukses

Korea Utara Tangguhkan Perjanjian Militer dengan Korea Selatan, Tabuh Genderang Perang?

Korea Utara telah membatalkan perjanjian lima tahun dengan Seoul yang bertujuan untuk menurunkan ketegangan militer, yang merupakan eskalasi terbaru dari pertikaian antara keduanya.

Liputan6.com, Pyongyang - Korea Utara telah membatalkan perjanjian lima tahun dengan Seoul yang bertujuan untuk menurunkan ketegangan militer, yang merupakan eskalasi terbaru dari pertikaian antara keduanya.

Semuanya bermula ketika Pyongyang mengklaim telah berhasil meluncurkan satelit mata-mata ke luar angkasa pada Selasa 21 November 2023.

Hal ini menyebabkan sebagian Korea Selatan menangguhkan perjanjian tersebut, dan mengatakan akan melanjutkan penerbangan pengawasan di sepanjang perbatasan.

Pyongyang pun kini berjanji untuk sepenuhnya menangguhkan perjanjian tersebut dan mengirimkan pasukan dan peralatan yang lebih kuat ke perbatasan.

"Mulai sekarang, tentara kami tidak akan pernah terikat oleh Perjanjian Militer Utara-Selatan tanggal 19 September,” kata pemerintah Pyongyang dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari BBC, Kamis (23/11/2023).

Mereka berjanji untuk menarik semua tindakan "yang diambil untuk mencegah konflik militer di semua bidang termasuk darat, laut dan udara", dan mengerahkan "angkatan bersenjata yang lebih kuat dan perangkat keras militer jenis baru" di wilayah perbatasan.

Pyongyang menembakkan roket yang diyakini berisi satelit mata-mata Malligyong-1 pada Selasa 21 November malam, dan memuji peluncuran tersebut sebagai sebuah kesuksesan.

Militer Korea Selatan kemudian mengkonfirmasi bahwa satelit tersebut telah memasuki orbit, namun mengatakan masih terlalu dini untuk mengetahui apakah satelit tersebut benar-benar berfungsi.

Seoul mengecam keras peluncuran tersebut – dan pada Rabu pagi para pejabat tinggi setuju untuk segera memulai kembali operasi pengawasan di sepanjang perbatasan, yang akan memungkinkan Korea Selatan untuk memantau pos-pos terdepan Korea Utara dan artileri jarak jauh.

Hal ini merupakan pelanggaran terhadap zona larangan terbang yang ditetapkan berdasarkan Perjanjian Militer Komprehensif pada tahun 2018 – yang ditandatangani oleh para pemimpin kedua negara dalam upaya untuk meredakan ketegangan antara kedua negara dan mencegah konflik meletus.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Klaim Hak Bela Diri Korea Utara

Seorang pejabat AS mengatakan keputusan Korea Selatan untuk menangguhkan sebagian dari perjanjian tersebut merupakan respons yang "bijaksana", dengan alasan "kegagalan Korea Utara untuk mematuhi" perjanjian tersebut.

Keesokannya pada Kamis pagi, Korea Utara mengatakan akan menerapkan kembali semua tindakan penghindaran konflik yang telah dihentikan berdasarkan perjanjian tersebut, dan mengatakan Seoul akan disalahkan jika terjadi bentrokan.

Pernyataan tersebut dikeluarkan beberapa jam setelah negara tersebut menembakkan rudal balistik ke laut timur semenanjung Korea – senjata pertama yang diketahui ditembakkan dalam lebih dari dua bulan. Militer Korea Selatan mengatakan rudal tersebut kemungkinan besar gagal.

Pyongyang menegaskan peluncuran satelit mata-mata tersebut adalah bagian dari "hak untuk membela diri" – namun hal ini mendapat kecaman keras dari Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Jepang.

 

3 dari 4 halaman

Satelit Mata-mata Bagian Utama Rencana Militer Lima Tahun Korea Utara

Adapun mengembangkan satelit mata-mata adalah bagian utama dari rencana militer lima tahun Korea Utara, yang ditetapkan oleh pemimpinnya Kim Jong Un pada Januari 2021.

Secara teori, teknologi ini memungkinkan Pyongyang memantau pergerakan pasukan dan senjata AS dan Korea Selatan di Semenanjung Korea, sehingga memungkinkan negara tersebut mendeteksi ancaman yang datang. Hal ini juga akan memungkinkan Korea Utara merencanakan serangan nuklirnya dengan lebih tepat.

Media pemerintah Korea Utara mengklaim pemimpin negaranya Kim Jong Un sudah meninjau gambar pangkalan militer AS di Guam yang dikirim oleh satelit baru tersebut. Kendati demikian BBC belum memverifikasi hal ini.

4 dari 4 halaman

Misi Pengintaian Resmi Mulai 1 Desember?

Laporan Japan Times menyebut, meskipun status operasional satelit tersebut masih menjadi pertanyaan, para pejabat dari badan antariksa Korea Utara mengatakan kepada pemimpin Kim Jong Un saat berkunjung ke markas besar badan antariksa tersebut pada hari Rabu bahwa mereka akan "secara resmi memulai misi pengintaiannya mulai 1 Desember setelah selesai 7 hingga 10 hari proses penyesuaian."

Militer Korea Selatan mengatakan satelit tersebut diyakini telah memasuki orbit, namun perlu waktu untuk menilai apakah satelit tersebut beroperasi secara normal.

Namun para pejabat Jepang dan AS mengatakan bahwa mereka terus menganalisis peluncuran tersebut – upaya ketiga Pyongyang tahun ini untuk menempatkan satelit mata-mata ke orbit – dan tidak dapat segera menentukan apakah peluncuran tersebut berhasil.

Pemerintah Jepang mengatakan analisis tersebut mungkin memerlukan "waktu yang cukup lama" untuk menentukan apakah satelit tersebut berada di orbit dan beroperasi, meski Korut sendiri mengklaim telah menangkap citra Pangkalan AS di Guam.

Adapun Pyongyang sebelumnya berjanji untuk meluncurkan satelit tambahan "dalam waktu singkat" setelah gagal menempatkan satelit mata-mata ke orbit pada bulan Mei dan Agustus.​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini