Sukses

26 November 2018: InSight NASA Jadi Wahana Pertama yang Mendarat di Planet Mars

Setelah perjalanan tujuh bulan dan 300 juta mil, wahana InSight NASA telah mencapai tujuannya dan mendarat di dekat khatulistiwa planet Merah, Mars.

Liputan6.com, Washington, D.C. - Setelah menempuh perjalanan selama tujuh bulan dan sejauh 300 juta mil, wahana InSight NASA telah mencapai tujuannya dan mendarat di dekat khatulistiwa planet Merah.

Melansir dari The Guardian, pendaratan wahana ini terjadi sekitar pukul 8 malam waktu Greenwich Mean Time pada hari Senin, 26 November 2018, setelah proses penurunan yang menegangkan.

Mulai dari saat pesawat tersebut menabrak atmosfer Mars dengan kecepatan 12.300 mil per jam dan berakhir beberapa menit kemudian dengan pesawat tersebut mendarat, tanpa suara mesin.

Para ilmuwan misi itu pun bersorak, berpelukan, dan melakukan tepuk tangan di Laboratorium Propulsi Jet NASA di California saat pendaratan berhasil mengirimkan sinyal-sinyal dari planet tersebut.

"Itu sangat menegangkan; Anda bisa merasakan emosinya," kata Jim Bridenstine, administrator NASA. "Hari yang luar biasa untuk NASA."

Tempat pendaratan wahana InSight, Elysium Planitia, merupakan salah satu tempat paling membosankan di dunia asing ini: dataran lava yang luas dan rata yang oleh agensi antariksa AS disebut sebagai "tempat parkir terbesar di Mars".

Namun, lanskap yang polos dan diharapkan tenang adalah persis apa yang dibutuhkan InSight untuk misinya dalam memetakan interior planet tersebut.

"Ini adalah kesempatan pertama kita untuk melihat ke dalam planet lain, untuk melihat strukturnya dan mencari tahu mengapa planet ini berakhir seperti ini," kata Rain Irshad, pemimpin grup sistem otonom di RAL Space di Oxfordshire, salah satu dari beberapa ilmuwan Inggris yang bekerja pada instrumen InSight.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lander Seharga Triliunan Rupiah

InSight mengirimkan gambar pertamanya dalam beberapa menit setelah tiba di rumah barunya. Gambar tersebut terlihat buram dan terhalangi oleh debu yang terangkat selama proses pendaratan, namun gambar yang jauh lebih jelas diperkirakan segera dikirimkan.

Lander atau wahana senilai $814 juta (sekitar Rp 12,6 triliun) ini akan menggunakan serangkaian instrumen untuk mempelajari komposisi dan dimensi inti, mantel, dan kerak planet tersebut. Dengan data tersebut, para ilmuwan berharap dapat memahami bagaimana Mars - dan planet berbatu lainnya - terbentuk pada awal sistem tata surya 4,6 miliar tahun yang lalu.

Mengirimkan pesawat ruang angkasa ke Mars, baik untuk mendarat, mengorbit, atau melewati, adalah bisnis yang berisiko: hanya 40% dari misi yang berhasil. NASA saat itu adalah satu-satunya agensi antariksa yang berhasil mendarat di Mars, terakhir kali pada tahun 2012 ketika rover Curiosity diangkat ke permukaan oleh "kereta gantung" yang mengambang.

Pada tahun 2016, European Space Agency mencoba untuk mendaratkan pendaratannya sendiri di Mars, namun pendarat Schiaparelli mematikan roketnya terlalu cepat dan menabrak ke permukaan.

Adapun wahana InSight harus beroperasi dengan sempurna untuk mendarat dengan aman. Segera setelah pesawat ini memasuki atmosfer Mars yang tipis, ia melepaskan parasut, kemudian melepaskan perisai panasnya dan menyalakan mesin pendorong retro untuk melambatkan laju penurunannya.

Konfirmasi bahwa InSight berhasil bertahan dalam apa yang disebut NASA sebagai "tujuh menit teror" dikirimkan kembali ke Bumi, melalui satelit yang mengikuti pesawat ini ke tujuannya.

 

3 dari 4 halaman

Gunakan Tiga Instrumen untuk Pelajari Mars

InSight, singkatan dari Interior Exploration Using Seismic Investigations, Geodesy and Heat Transport, akan menggunakan tiga instrumen untuk mempelajari Mars.

Seismometer yang dikerahkan oleh sebuah lengan robot akan bertindak sebagai telinga yang mendengarkan getaran yang dihasilkan ketika wajah batuan subterranean meluncur melewati satu sama lain di garis-garis sesar geologis. Gelombang tekanan ini memantul di dalam planet, dan dapat mengungkap informasi penting tentang strukturnya.

Para ilmuwan misi berharap InSight dapat merekam sekitar selusin hingga 100 Marsquakes dengan magnitudo 3,5 atau lebih besar selama misi dua tahun wahana ini. Seismometer ini sangat sensitif sehingga dapat mendeteksi getaran yang lebih kecil dari lebar sebuah atom.

"Pertanyaan paling penting adalah apakah Mars aktif secara seismik," kata Neil Bowles, seorang ilmuwan planet di Universitas Oxford, yang bekerja pada wahana antariksa tersebut.

"Kami memiliki bukti tidak langsung tentang guncangan di permukaan, misalnya dengan melihat batu-batu berguling di lereng dalam gambar dari orbit, namun InSight akan menjadi misi pertama yang menempatkan seismometer secara langsung di permukaan Mars.

"Mengukur Marsquakes akan memberikan informasi tentang struktur internal Mars dan semoga akan mengungkap lebih banyak tentang bagaimana planet ini terbentuk. Mengapa Mars lebih kecil dan memiliki densitas yang lebih rendah daripada Bumi dan Venus? Ini menunjukkan bahwa pembentukan dan evolusi Mars berbeda dengan Bumi atau beberapa proses di awal sistem tata surya mencegah Mars dari tumbuh lebih besar."

Instrumen lainnya, sebuah probe pendeteksi panas, akan merambah 5 meter ke dalam tanah dan mengukur laju naiknya panas melalui planet tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Cari Jawaban Soal Misi Masa Depan

Dalam eksperimen ketiga, para ilmuwan misi akan menggunakan antena di lander untuk melacak posisinya dengan presisi sedemikian rupa sehingga mereka dapat menyimpulkan seberapa banyak Mars bergoyang pada sumbunya. Jumlah guncangan ini mencerminkan ukuran inti planet tersebut dan apakah inti tersebut cair atau padat.

Inti besi cair yang berputar di Bumi menghasilkan medan magnet yang melindungi kehidupan dari radiasi berbahaya, dan membantu mencegah atmosfer dari terkikis oleh partikel-partikel energi tinggi dalam angin matahari.

Pada suatu titik dalam sejarahnya, Mars kehilangan medan magnetiknya dan sebagian besar atmosfernya, menyebabkan suhu turun dan mengekspos permukaannya pada radiasi yang intens. Wahana InSight dapat membantu menjelaskan mengapa hal tersebut terjadi, kata Irshad.

"Apakah ada kondisi di bawah permukaan yang mungkin membuat kehidupan turun ke sana untuk bertahan hidup?" ucap Irshad. "Jika kehidupan tersebut mundur ke bawah permukaan, misi-misi masa depan mungkin dapat menemukannya di sana.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.