Sukses

Menteri Jerman Tobias Lindner ke Indonesia, Fokus Perkuat Kerja Sama dengan ASEAN

Negara-negara ASEAN merupakan mitra dagang ketiga terbesar Jerman di luar Eropa, memegang peranan penting dalam upaya Jerman memperluas diversifikasi ekonomi di Asia.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Negara Kementerian Luar Negeri Jerman Tobias Lindner mengunjungi Jakarta pada tanggal 6-8 November. Kedatangannya ke Tanah Air salah satunya untuk menghadiri pertemuan tahunan ASEAN-Germany Development Partnership Committee, yang berfokus untuk memperkuat kerja sama antara ASEAN dan Jerman.

Negara-negara ASEAN, secara kolektif, merupakan mitra dagang ketiga terbesar Jerman di luar Eropa setelah Tiongkok dan Amerika Serikat. ASEAN memegang peranan penting dalam upaya Jerman untuk memperluas diversifikasi perekonomiannya di wilayah Asia.

Menteri Lindner mengungkapkan bahwa Indo-Pasifik adalah kawasan dengan aspek ekonomi dan geopolitik yang penting.

"Indo-Pasifik adalah kawasan kunci dengan makna geopolitik dan ekonomi yang senantiasa bertambah penting," ujar Menteri Lindner, dikutip dari pernyataan tertulis resmi Kedutaan Besar Republik Federal Jerman, Rabu (8/11/2023).

Menurut Menteri Tobias Lindner, penting bagi Jerman untuk memperkuat kerja sama dengan negara-negara yang memiliki komitmen yang sama terhadap hukum internasional dan ingin mengurangi ketergantungan sepihak dalam dunia yang semakin multipolar.

Berdasarkan hal tersebut, Menteri Lindner mengungkapkan bahwa ASEAN memainkan peran sentris bagi Jerman.

"ASEAN memainkan peran sentris dalam hal ini bagi kami. Pada pertemuan tahunan yang digelar antara Jerman dan ASEAN, saya akan berbicara dengan perwakilan dari seluruh kawasan mengenai cara agar kami bisa bekerja sama lebih erat," ucap Menteri Lindner.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kolaborasi Jerman dan ASEAN dalam Menghadapi Krisis Iklim

Menteri Tobias Lindner juga menyatakan adanya keinginan kolaborasi antara Jerman dan negara-negara anggota ASEAN dalam mengatasi tantangan perubahan iklim.

"Saya akan berbicara dengan perwakilan dari seluruh kawasan mengenai cara agar kami bisa bekerja sama lebih erat dalam upaya menanggulangi krisis iklim dan menuju transisi energi global, investasi infrastruktur yang berkelanjutan, dan memelihara perdamaian dan keamanan dalam kawasan," ujar Menteri Lindner.

Terdapat beberapa pertemuan bilateral antara Jerman dan Indonesia yang direncanakan dalam jadwal kunjungan. Menteri Lindner mengungkapkan bahwa kedua negara juga akan membahas tentang perluasan hubungan ekonomi hingga situasi di Gaza.

"Bersama pemerintahan Indonesia, saya akan membahas perluasan hubungan ekonomi kami secara berkelanjutan, isu-isu keamanan di kawasan Indo-Pasifik, perang agresi Rusia terhadap Ukraina, serta situasi di Timur Tengah, teror Hamas, dan situasi kemanusiaan yang genting di Gaza," ungkap Menterri Lindner.

Selain bertemu dengan pemerintahan Indonesia, Menteri Lindner juga akan berjumpa dengan beberapa pihak dari Indonesia, termasuk wakil dari masyarakat sipil, kelompok agama, dan perusahaan-perusahaan Jerman di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini