Sukses

3 November Hari Ubur-Ubur Sedunia, Ini Peran Si Jeli Laut dalam Ekosistem Laut hingga Atasi Krisis Mikroplastik

3 November dirayakan sebagai Hari Ubur-Ubur Sedunia, begini peran ubur-ubur terhadap ekosistem laut dan krisis mikroplastik.

Liputan6.com, Jakarta - 3 November dirayakan sebagai Hari Ubur-Ubur Sedunia. Mayoritas organisme laut yang disebut ubur-ubur memiliki bentuk lonceng yang menyerupai payung dan tentakel, dan mereka berenang bebas di perairan laut dari permukaan hingga laut dalam.

Di seluruh dunia, kata "jeli" atau "jeli laut" digunakan untuk menyebut makhluk ini. Dalam beberapa budaya, ubur-ubur ada yang dikonsumsi mauapun digunakan dalam penelitian.

Melansir dari Jagran Josh, Jumat (3/11/2023), sejak tahun 2014 tanggal 3 November telah ditetapkan sebagai World Jellyfish Day atau Hari Ubur-Ubur Sedunia. Saat ini adalah musim semi di belahan Bumi selatan, menandakan waktu ketika ubur-ubur mulai bermigrasi ke garis pantai belahan Bumi utara.

Ubur-ubur memiliki dampak yang signifikan bagi biomassa, dinamika ruang waktu, dan struktur komunitas ekosistem plankton laut global. Mereka menyediakan makanan bagi manusia, menampung ikan muda di tentakelnya. Ubur-ubur juga sedang dipelajari dalam aplikasi medis potensial karena protein fluoresen hijau yang menyebabkan bioluminesensi, racun, dan jaringannya.

Dengan perubahan iklim global, suhu laut meningkat lebih cepat daripada sebelumnya. Hal ini menyebabkan permukaan laut naik dan menyebabkan kepunahan banyak spesies laut. Namun, ada satu jenis spesies yang justru berkembang pesat di perairan hangat akibat krisis iklim ini, yaitu ubur-ubur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Migrasi Ubur-Ubur dan Dampaknya Terhadap Lingkungan Laut

Mengutip dari Earth.org, diketahui bahwa sejak tahun 1970, pemanasan suhu terus berlanjut di lautan akibat perubahan iklim global.

Kemungkinan, sejak tahun 1993, hal tersebut terjadi dengan kecepatan yang semakin meningkat dan tidak menunjukkan tanda-tanda melambat, seperti yang diungkapkan dalam laporan terbaru dari Intergovernmental Panel for Climate Change (IPCC). Meskipun demikian, ubur-ubur justru tumbuh subur di perairan hangat yang kaya akan nutrisi dan terdeoksigenasi.

Menghitung jumlah ubur-ubur dalam populasi menjadi sulit karena kurangnya data kuantitatif yang tersedia.

Namun, studi menunjukkan bahwa populasi ubur-ubur telah meningkat di setidaknya 68 ekosistem di seluruh dunia sejak tahun 1950. Mereka termasuk salah satu dari sedikit kelompok organisme yang dapat memperoleh manfaat dari dampak antropogenik yang berkelanjutan terhadap biosfer dunia.

Populasi ubur-ubur mengalami fluktuasi alami dalam blooming cycle, ledakan populasi atau jumlah mereka membeludak. Namun, pertumbuhan terbaru tersebut berkorelasi dengan perubahan lingkungan yang disebabkan oleh aktivitas manusia.

Membeludaknya jumlah populasi ubur-ubur raksasa (Nemopilema nomurai), yang biasanya terjadi di Jepang setiap 40 tahun sekali, kini terjadi setiap tahun sejak awal tahun 2000-an. Keberadaan hewan-hewan ini menyebabkan berbagai masalah, seperti menyumbat jaring ikan, mempengaruhi pariwisata di daerah yang sangat tergantung pada laut, menyebabkan sengatan pada manusia, bahkan membunuh ikan dengan masuk ke dalam insang mereka.

Mereka juga dapat menyumbat sistem pendinginan di pembangkit listrik dan menimbulkan masalah lainnya. Pada Juni 2018, lebih dari 1.000 orang mengalami sengatan ubur-ubur dalam satu pekan di Florida.

Ubur-ubur juga bisa menjadi ancaman serius bagi pembangkit listrik nuklir di pesisir pantai.

Untuk menghindari potensi bencana di mana kelompok ubur-ubur dapat mengganggu sistem pendinginan di bawah air, sering kali diperlukan tindakan pencegahan yang memakan biaya besar, seperti yang terjadi di pembangkit listrik Torness di Inggris pada tahun 2011, atau di Oskarshamn di Swedia pada tahun 2013.

3 dari 6 halaman

Peran Laut sebagai Penyerap Karbon dan Manfaatnya bagi Ubur-Ubur

Peningkatan suhu air menyebabkan terumbu karang tropis bergerak mencari daerah dengan iklim sedang, migrasi ini terjadi dengan kecepatan 14,7 mil per tahun sejak tahun 1930-an. Migrasi karang tersebut membuka kesempatan bagi spesies laut lainnya, termasuk ubur-ubur, untuk memperluas wilayah tempat tinggal mereka.

Hal ini mengakibatkan ketidakseimbangan dalam ekosistem lokal karena ubur-ubur bersaing dengan spesies lain untuk mendapatkan zooplankton, dan juga mengganggu kehidupan ikan dengan memakan telur, larva, dan anak ikan. Informasi ini berasal dari Earth Institute of the University of Colombia, yang menyatakan bahwa peningkatan populasi spesies non-asli mungkin merupakan dampak yang paling merusak.

Selain itu, laut juga berperan sebagai tempat pembuangan karbon, yang kemudian memberi manfaat kepada ubur-ubur. Berdasarkan model IPCC, seiring dengan peningkatan konsentrasi CO2 di atmosfer sejak awal abad ini, penyerapan di laut juga meningkat, sehingga air menjadi lebih hangat bagi ubur-ubur.

Diperkirakan bahwa selama periode tersebut, laut telah menyerap sekitar 20-30 persen dari total emisi buatan manusia secara global.

4 dari 6 halaman

Eutrofikasi dan Efeknya terhadap Ekosistem Laut

Peningkatan konsentrasi CO2 di udara berarti semakin banyak CO2 diserap oleh air laut. Karbon ini bereaksi dengan molekul air untuk membentuk asam karbonat, yang kemudian terpecah menjadi hidrogen dan bikarbonat.

Kehadiran semua ion hidrogen yang dihasilkan dari reaksi ini membuat air menjadi lebih asam. Gas lebih mudah larut di perairan yang lebih dingin, sehingga efek pengasaman lebih terasa di lautan Arktik dan Selatan.

Kondisi asam menghambat pertumbuhan karang dan menyebabkan kematian terumbu karang dalam proses yang disebut "pemutihan karang", yang memungkinkan ubur-ubur untuk berkeliaran dan berkembang biak dengan bebas.

Pengaruh dari aktivitas manusia memiliki dampak besar pada populasi ubur-ubur. Pupuk dan limbah cair dari daratan menyebabkan air kaya akan nutrisi, terutama di sekitar muara pesisir, dalam proses yang disebut eutrofikasi.

Hal tersebut memungkinkan pertumbuhan alga yang berlebihan. Alga yang membusuk mengonsumsi oksigen dalam air.

Meskipun kondisi tersebut tidak mengganggu ubur-ubur karena mereka dapat bertahan dengan konsentrasi oksigen yang rendah, namun ikan lainnya bisa mati lemas dan mati karena kekurangan oksigen. Di samping itu, pembangunan pesisir, konstruksi dermaga, perahu yang berlabuh di pelabuhan, dan infrastruktur bawah air menciptakan tempat yang ideal bagi ubur-ubur untuk berkembang biak pada fase polip.

5 dari 6 halaman

Fenomena Ubur-Ubur yang Abadi

Terakhir, penangkapan ikan yang berlebihan terhadap spesies yang memangsa ubur-ubur, seperti tuna dan penyu, membuat ubur-ubur dapat berkembang biak tanpa terganggu oleh predator.

Dr. Callum Roberts, seorang pakar biologi kelautan dan penulis buku terkenal "The Ocean of Life," mengungkapkan bahwa manusia sebenarnya mengonsumsi ikan sekitar 50 persen lebih banyak dari perkiraan sebelumnya, mencapai sekitar 130 juta ton per tahun. Ia menyoroti masalah dalam manajemen perikanan dan penyajian data yang dapat membawa kita ke situasi yang sulit untuk diatasi.

Salah satu faktor lain yang mendorong pertumbuhan populasi ubur-ubur adalah bahwa setidaknya ada lima spesies yang diketahui memiliki masa hidup abadi.

Fenomena ini pertama kali tercatat pada Turritopsis dohrnii, yang sering disebut sebagai 'ubur-ubur yang abadi.' Berbeda dengan cerita mitos burung Phoenix, ubur-ubur ini bisa mengembangkan diri menjadi makhluk baru setelah tubuh utamanya mati.

6 dari 6 halaman

Memanfaatkan Kemampuan Ubur-Ubur untuk Mengatasi Krisis Mikroplastik

Dr Lisa-ann Gershwin, direktur Marine Stinger Advisory Service di Tasmania dan peneliti ubur-ubur, menjelaskan dalam episode podcast BBC Earth.

"Ketika Turritopsis mati, tubuhnya mulai membusuk. Namun, sel-selnya kemudian berkumpul kembali untuk membentuk polip. Ini merupakan lompatan kembali ke tahap awal dari siklus hidupnya. Polip kecil ini terus melakukan kloning diri dan dalam beberapa hari, dapat menutupi seluruh permukaan dengan sangat cepat! Beberapa jenis bahkan mampu membentuk seperti semak yang padat, dan jika kondisi lingkungan cocok, mereka akan bertambah banyak dalam jumlah besar, mirip dengan bunga dan pertumbuhan ubur-ubur yang baru."

Ubur-ubur yang lebih umum juga telah terbukti memiliki kemampuan untuk mengatasi kematian. Menyadari bahwa keduanya memiliki sifat serupa adalah suatu penemuan yang mengejutkan, rumit, dan memberikan harapan.

Dengan pesatnya pertumbuhan dari hewan ini, para ilmuwan dan pembuat kebijakan sedang mencari cara untuk memanfaatkan hewan-hewan ini. Proyek GoJelly mengusulkan penggunaan kemampuan hewan-hewan ini untuk menggunakan lendirnya dalam menangkap mikroplastik.

Tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk mengembangkan filter mikroplastik yang bisa digunakan dalam pengolahan air limbah dan di pabrik tempat mikroplastik diproduksi. Hal ini dapat membantu mengurangi jumlah mikroplastik yang masuk ke dalam ekosistem laut dan mengancam satwa liar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.