Sukses

Pendidikan Terakhir Gibran Rakabuming Raka, Lulusan Universitas di Singapura dan Australia

Sejak kecil Gibran Rakabuming Raka menetap di Solo, tetapi saat Sekolah Menengah Pertama dirinya pindah ke Singapura.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak kecil Gibran Rakabuming Raka menetap di Solo, tetapi saat Sekolah Menengah Pertama dirinya pindah ke Singapura dan kemudian melanjutkan sekolah setingkat Sekolah Menengah Atas di Orchid Park Secondary School, Singapura.

Dikutip dari laman prokompim.surakarta.go.id, Senin (23/10/2023) pada tahun 2007 Gibran Rakabuming Raka lulus dari Management Development Institute of Singapore dan melanjutkan studinya ke program Insearch di University of Technology Sydney Insearch, Sydney, Australia hingga lulus pada tahun 2010.

Sementara itu, Gibran Rakabuming Raka merupakan putra kelahiran asli Surakarta yang lahir pada tanggal 1 Oktober 1987. Gibran Rakabuming Raka adalah putra sulung Joko Widodo mantan Walikota Surakarta periode 2005 - 2012 dan Presiden Indonesia saat ini.

Gibran Rakabuming Raka menjabat sebagai Walikota Surakarta periode 2021 – 2026 sejak dilantik tanggal 26 Februari 2021. Dalam sejarah kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi walikota termuda pada usia 33 tahun.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka resmi menjadi bakal calon wakil presiden (Bacawapres) yang akan mendampingi bakal calon presiden (Bacapres) Prabowo Subianto di Pilpres 2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Prabowo di kediaman pribadianya, Rumah Kertanegara, Jakarta, Minggu, 22 Oktober 2023 malam.

"Kita sudah sepakat mengusung saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju,” kata Prabowo.

Prabowo menjelaskan bahwa keputusan itu secara aklamasi dan seluruh partai anggota Koalisi Indonesia Maju mencapai konsensus atas keputusan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gibran Rakabuming Raka Jadi Bacawapres Prabowo Subianto Disorot Media Asing

Nama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka tengah jadi sorotan. Pasalnya ia resmi ditunjuk menjadi bakal calon wakil presiden (Bacawapres) mendampingi bakal calon presiden (Bacapres) Prabowo Subianto.

Prabowo mengumumkan kabar tersebut ke publik pada Minggu 22 Oktober 2023 malam.

Pengumuman putra sulung Presiden Jokowi sebagai cawapres Koalisi Indonesia Maju (KIM) dilakukan di kediaman Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta usai pertemuan ketua partai koalisi pada Minggu malam.

Tak hanya jadi sorotan dalam negeri, keputusan Gibran Rakabuming Raka jadi Bacawapres Prabowo Subianto juga mencuri perhatian media asing atau dari luar negeri.

Ya, bacawapres Prabowo, Gibran disorot media asing.

Media negara tetangga Singapura melalui The Straits Times, mengangkat isu tersebut melalui artikel bertajuk "Defence Minister Prabowo to run for Indonesia president with Jokowi’s son Gibran as V-P".

"Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto telah mengumumkan bahwa ia akan mencalonkan diri sebagai presiden pada pemilu 2024 dengan Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo, sebagai pasangannya," tulis media Singapura tersebut, dikutip Senin (23/10/2023).

Dari Negeri Jiran, media TheStar.my, turut mengulas terpilihnya Gibran untuk mendampingi Prabowo sebagai bacawapres dengan artikel berjudul "Indonesia presidential candidate Prabowo picks Jokowi's son as running mate".

"Terpilihnya Gibran Rakabuming Raka, 36, bisa menjadi dorongan bagi kampanye Prabowo karena popularitas Jokowi yang sangat besar, bahkan di tengah kemarahan minggu ini atas keputusan pengadilan untuk mengubah persyaratan kelayakan yang akan menghalangi Gibran untuk mencalonkan diri," tulis media online Malaysia tersebut.

3 dari 3 halaman

Inggris dan Amerika Sorot Gibran, Ada Soal Potensi Dinasti Politik Jokowi

Sementara itu, portal berita online Inggris, The Guardian memuat isu terpilihnya Gibran jadi bacawapres Prabowo dengan pemberitaan "Joko Widodo’s son chosen as running mate for Indonesia presidential candidate Prabowo".

The Guardian mengutip pernyataan Prabowo di luar kediamannya di Ibu Kota, Jakarta bahwa “Secara musyawarah mufakat, semua sepakat mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden dan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden”. 

Melalui artikel "Indonesia’s Prabowo picks Joko Widodo’s son Gibran as election running mate", media Negeri Tirai Bambu South China Morning Post (SCMP), menyorot terpilihnya Gibran Rakabuming Raka yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Surakarta, sebagai calon wakil presiden pada pemilu pada Februari 2024 telah memicu kritik bahwa Jokowi sedang mencoba menciptakan dinasti politik di negara demokrasi terbesar ketiga di dunia.

Media Inggris terkemuka lainnya, Reuters memberitakan isu tersebut melalui "Indonesia presidential candidate Prabowo picks Jokowi's son as running mate". Menyebut bahwa dalam konferensi persnya usai pertemuan partai dan mitra koalisinya, Prabowo mengatakan telah ada kesepakatan untuk mencalonkan dirinya sebagai calon presiden dan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden.

Media Bloomberg dari Amerika Serikat mengangkatnya melalui tulisan bertajuk, "Prabowo Declares Jokowi’s Son as Vice-Presidential Candidate".

Portal berita online dari AS, US News, turut ikut memberitakan dengan "Indonesia Presidential Candidate Prabowo Picks Jokowi's Son as Running Mate". "Menteri Pertahanan dan calon presiden Indonesia, Prabowo Subianto, pada hari Minggu mengumumkan putra sulung pemimpin petahana Joko Widodo sebagai pasangannya untuk pemilu tahun depan," tulis media tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.