Sukses

Sandal Romawi Berusia 2.000 Tahun Ditemukan di Dalam Sumur Spanyol, Kondisinya Masih Baik

Sebuah sandal Romawi berusia 2.000 tahun ditemukan selama penggalian arkeologi di Lucus Asturum (sekarang Lugo de Llanera) di Asturias, utara Spanyol.

Liputan6.com, Oviedo - Sebuah sandal Romawi berusia 2.000 tahun ditemukan selama penggalian arkeologi di Lucus Asturum (sekarang Lugo de Llanera) di Asturias, utara Spanyol.

Antara abad pertama dan keempat Masehi, kota Romawi Lucus Asturum berfungsi sebagai pusat komunikasi dan pusat administrasi di utara Semenanjung Iberia.

Suatu tim yang dipimpin oleh arkeolog Esperanza Martin menemukan sebuah rumah besar dengan halaman tengah dan sumur pada tahun 2021. 

Musim panas ini, penggalian di lokasi tersebut dilanjutkan, dan para arkeolog memutuskan untuk turun ke dasar sumur dengan menggunakan sistem katrol untuk menghindari merusak sisa-sisa yang ada.

Di dalamnya, di antara banyak artefak Romawi lainnya, mereka menemukan sebuah sandal yang hilang dari seorang pria yang mencoba membersihkan sumur 2.000 tahun yang lalu. 

Melansir dari arkeonews.net, Minggu (10/12/2023), sederhananya benda ini adalah "unicum" atau sebuah objek arkeologi tanpa tandingan karena dihiasi dengan lingkaran, oval, dan bentuk-bentuk falciform. 

Tidak lebih dari 20 sandal Romawi yang dilestarikan di Hispania, dan ini adalah satu-satunya yang diberi hiasan.

Alasan mengapa sandal ini tetap terjaga dengan baik adalah karena adanya lumpur di dasar sumur. 

Lumpur itu menciptakan sistem anaerobik yang mencegah perkembangan mikroorganisme sehingga sandal tersebut tetap dalam keadaan baik.

"Sisa-sisa yang kami temukan, karena anoksia yang dihasilkan oleh tingginya permukaan air di daerah ini, berada dalam keadaan luar biasa," kata arkeolog Esperanza Martín.

"Lumpur telah menciptakan lingkungan anaerobik berkat plastisitas tanah liat yang menyusunnya, sehingga bahan organik telah terjaga dengan sempurna." 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keluarkan Banyak Benda Lainnya

Pada kedalaman sekitar tiga meter, para spesialis ini mengeluarkan bagian penutup kayu sumur, lantai ubin untuk pengendapan lumpur, beberapa pot, biji-bijian, kastanye, pinus, moluska, sisa-sisa fauna domestik dan liar, sebuah wadah tembaga, cincin logam kecil, dan sandal, di antara objek lainnya dari dalam sumur.

"Sandal ini hampir lengkap dan masih memiliki goresan potong untuk menahannya di bagian kaki atas. Sangat mungkin bahwa sandal itu hilang oleh seseorang yang masuk untuk membersihkan [sumur] ketika terjebak di dalam lumpur. Ini adalah objek unik karena dihiasi."

Saat ini, alas kaki tersebut disimpan dalam suhu dingin untuk mencegah kerusakan hingga dapat direstorasi dan dipamerkan di Museum Arkeologi Asturian. 

Sandal ini akan menceritakan kepada para pengunjung tentang kisah bagaimana 2.000 tahun yang lalu, seseorang yang berpakaian rapi turun ke dalam sumur di Lucus Asturum untuk mengambil lumpur yang mencemari pasokan air rumahnya.

3 dari 4 halaman

Bahasa Kuno Berusia 3.000 Tahun Ditemukan di Turki

Bicara soal penemuan, ada juga penemuan dari ribuan tahun yang lalu lainnya.

Tablet tanah liat yang baru ditemukan dari 3.000 tahun lalu, telah mengungkapkan bahasa yang telah lama hilang. Temuan ini mencakup teks ritual misterius dari salah satu kekaisaran kuno terkuat masa itu.

Tablet tersebut ditemukan di Boğazköy-Hattuşa di bagian tengah utara Turki, di situs Hattusha, yang merupakan ibu kota Hittite dari sekitar tahun 1600 SM hingga sekitar tahun 1200 SM.

Sekarang, wilayah tersebut merupakan salah satu situs Warisan Dunia UNESCO.

Tablet ini ditemukan awal tahun 2023, dan hasil penemuan tersebut diterbitkan oleh Universitas Würzburg pada tanggal 21 September di tahun yang sama.

Melansir dari the-sun.com, Minggu (22/5/2023), penemuan ini ditemukan selama ekspedisi tahunan yang dipimpin oleh Andreas Schachner, seorang arkeolog dari Institut Arkeologi Jerman.

Schachner segera dapat mengidentifikasi bahwa tablet ini ditulis dalam teks ritual. "Namun, kami menemukan teks di seluruh situs yang telah dipindahkan oleh erosi."

Schacher menjelaskan bahwa sejumlah teks tersebut kemungkinan disimpan bersama sebagai perpustakaan atau arsip.

Mereka mempersempit beberapa tablet dan mengirimkannya untuk dipelajari kembali di Jerman.

Daniel Schwemer, seorang profesor dan ketua Studi Kekaisaran Timur Dekat Kuno di Universitas Würzburg, mengidentifikasikan tepat dari wilayah mana bahasa tersebut berasal. Ia mengidentifikasi bahasa itu sebagai bahasa Kalašma, sebuah wilayah di tepi barat laut Hittite, dekat dengan kota Bolu di Turki modern.

Ia juga menjelaskan bahwa bangsa Hittite sangat tertarik pada ritual agama asing.

4 dari 4 halaman

Arkeolog Temukan Batu 40 Kg Berusia 1.200 Tahun

Para arkeolog di Meksiko juga pernah menemukan sebuah batu berukir dengan pola rumit yang mereka yakini digunakan sebagai papan skor untuk pelota, permainan bola yang dimainkan suku Maya ratusan tahun lalu.

Batu melingkar itu ditemukan di situs arkeologi Chichen Itza dan diperkirakan berusia sekitar 1.200 tahun. Pada batu tersebut di bagian tengahnya ada dua pemain dengan tutup kepala rumit yang dikelilingi oleh tulisan hieroglif.

Mengutip dari bbc.com, Senin (17/4/2023), para ahli kemudian berupaya menganalisis tulisan itu untuk mengurai makna daram tulisan tersebut.

Batu seberat 40 kg itu, ditemukan oleh arkeolog Lizbeth Beatriz Mendicut Perez di kompleks arsitektonis yang dikenal sebagai Casa Colorada (Rumah Merah).

Casa Colorada adalah bangunan yang paling terpelihara di sekitar alun-alun utama di kota pra-Columbus Chichen Itza. Para ahli juga meyakini batu itu akan menghiasi gapura di pintu masuk kompleks selama akhir tahun 800-an atau awal 900-an.

Batu itu ditemukan tertelungkup setengah meter di bawah tanah, di mana diperkirakan telah jatuh ketika gapura runtuh.

Institut Antropologi dan Sejarah Nasional Meksiko atau Mexico's National Institute of Anthropology and History (INAH) mengatakan batu seberat 40 kg merupakan penemuan yang berharga dan tidak biasa.

"Jarang sekali menemukan tulisan hieroglif di situs Maya ini, dan bahkan lebih jarang menemukan teks lengkap. Ini belum pernah terjadi selama 11 tahun terakhir," jelas arkeolog Francisco Perez Ruiz.

Sebuah tim ahli ikonografi, yang dipimpin oleh Santiago Sobrino Fernandez, telah mengidentifikasi dua tokoh sentral sebagai pemain pelota, salah satunya mengenakan penutup kepala bulu dan yang lainnya - diduga lawannya - memakai apa yang dikenal sebagai 'ikat kepala ular'.

Pria dengan ular melata di sekitar kepalanya itu juga tampak mengenakan alat pelindung diri khas pemain pelota.

Pelota adalah permainan tim yang dimainkan dengan bola berat yang terbuat dari karet di lapangan bola. Diperkirakan berusia 3.000 tahun dan dimainkan di seluruh Mesoamerika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini