Sukses

Ngeri, Anjing German Shepherd Presiden AS Joe Biden Kembali Gigit Secret Service

Catatan Secret Service menunjukkan bahwa ini adalah kali ke-11 anjing yang sama menggigit penjaga Gedung Putih atau rumah pribadi keluarga Presiden AS Joe Biden.

Liputan6.com, Washington - Commander, anjing German Shepherd berusia dua tahun milik keluarga Presiden Amerika Serikat Joe Biden, kembali menggigit agen Secret Service. Serangan itu terjadi pada Senin (24/9/2023) malam.

Secret Service dalam pernyataannya pada Selasa (25/9), kemudian menyebutkan bahwa petugas terkait langsung dirawat di tempat kejadian.

"Kemarin sekitar pukul 20.00, seorang petugas polisi Divisi Berseragam Dinas Rahasia melakukan kontak dengan hewan peliharaan 'Keluarga Pertama' dan digigit," kata juru bicara Secret Service Anthony Guglielmi, seperti dilansir BBC, Rabu (27/9/2023).

Dia kemudian mengatakan kepada CNN bahwa petugas yang terluka tersebut telah berbicara dengan Direktur Secret Service Kimberly Cheatle pada Selasa dan dalam kondisi baik-baik saja.

Catatan Secret Service menunjukkan bahwa ini adalah kali ke-11 anjing yang sama menggigit penjaga Gedung Putih atau rumah pribadi keluarga Biden.

Sekretaris Pers Gedung Putih sebelumnya menyalahkan serangan semacam itu karena tekanan hidup di Gedung Putih.

"Seperti yang Anda semua tahu, kompleks Gedung Putih bisa jadi unik dan sangat menegangkan. Saya yakin Anda semua bisa memahaminya," katanya pada Juli 2023.

"Ini unik dan membuat stres bagi kita semua. Jadi, bisa dibayangkan bagaimana rasanya menjadi hewan peliharaan keluarga."

Commander adalah yang paling muda dari dua anjing German Shepherd di keluarga Biden. Insiden gigitan lainnya terjadi di rumah pribadi Biden di Delaware.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kembali Dilatih

Pada Juli, para pejabat Gedung Putih mengatakan bahwa mereka sedang mencoba teknik tali pengikat dan pelatihan baru terhadap Commander, menyusul banyaknya serangan.

Satu insiden terjadi pada 26 Oktober 2022, setelah Ibu Negara Jill Biden tidak mampu mengendalikan Commander.

"Commander datang menyerang saya," ungkap seorang agen Secret Service.

Agen itu menambahkan, "Saya yakin ini hanya masalah waktu sebelum seorang agen/petugas diserang atau digigit."

Sekitar seminggu kemudian agen lain mengaku bahwa dia digigit dua kali. Petugas lain yang menyaksikan serangan tersebut mengatakan mereka terpaksa menggunakan steel cart untuk melindungi diri dari Commander.

Pada 11 Desember 2022, seorang agen Secret Service diserang di depan Biden. Dia digigit di lengan dan ibu jari.

Biden kemudian dilaporkan segera terlibat interaksi dengan Commander dan prihatin dengan petugas yang terluka.

Tak satu pun dari korban Commander dilaporkan menderita luka serius.

3 dari 3 halaman

Hadiah dari Saudara

Anjing Biden lainnya, Mayor, juga terlibat dalam berbagai insiden dengan agen Secret Service. Sekarang Mayor telah pindah dari Gedung Putih dan tinggal bersama teman-teman dari keluarga Biden.

Commander sendiri tiba di Gedung Putih pada tahun 2021 sebagai anak anjing. Dia adalah hadiah dari saudara laki-laki Biden, James.

Selain anjing, keluarga Biden juga memiliki seekor kucing bernama Willow.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.