Sukses

6.000 Orang Serbu Pasar Belanda di Jakarta

Ajang Pasar Belanda sukses digelar secara meriah di kompleks Erasmus Huis.

Liputan6.com, Jakarta - Kedutaan Besar Belanda di Jakarta sukses menggelar acara Pasar Belanda pada 10 September 2023 lalu. Konsep dari acara itu adalah 'Orange Goes Green' yang befokus pada gaya hidup berkelanjutan dan merayakan budaya Belanda-Indonesia.

Berdasarkan rilis resmi Kedubes Belanda, Rabu (13/9), pengunjung yang mencapai lebih dari 6.000 orang itu terlibat secara antusias dalam berbagai kegiatan dan atraksi. Sejumlah kegiatan di Pasar Belanda antara lain bazar makanan dan kerajinan dari perusahaan Belanda dan LSM, acara khusus untuk anak-anak, dan panggung hiburan.

Acara yang paling menarik adalah kompetisi makan Tompouse di stan Zeelandia, urban farming dan studio foto kostum Volendam di Holland Village, penjualan buku dan pameran World Press Photo di Erasmus Huis, dan kompetisi 'Cycle for Flight' di stan KLM.

Duta Besar Belanda Lambert Grijns juga antusias mengikuti kegiatan. Ia tampil santai dengan kaos berwarna putih.

<p>Pasar Belanda di kompleks Erasmus Huis. Dok: Kedubes Belanda</p>

<p>Pasar Belanda di kompleks Erasmus Huis. Dok: Kedubes Belanda</p>

Dubes Belanda tampak membawa slogal Make Jakarta Sky Again yang merupakan plesetan dari slogan Mantan Presiden AS Donald Trump. Seperti diketahui, belakangan ini langit Jakarta sering viral akibat tertutup polusi tebal.

Acara Pasar Belanda ini didukung sejumlah sponsor dari sektor pendidikan dan bisnis, seperti Erasmus Huis, Erasmus Training Centre (ETC), Nuffic Southeast Asia, dan KITLV Jakarta-Leiden University, Zeelandia Indonesia, Signify Indonesia, Frisian Flag, KLM Royal Dutch Airlines, PT. Lion Super Indo, Philips Commercial Indonesia, PT. East-West Indonesia, De Heus, dan Danone-Aqua.

"Pasar Belanda 2023 melebihi harapan kami, menyatukan individu dari berbagai latar belakang untuk merayakan keberlanjutan, budaya, dan persahabatan. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh mitra, sponsor, dan pengunjung yang telah membuat acara ini sukses besar," ujar Dubes Belanda. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Polusi Udara Bertanggung Jawab atas 25 Persen Kematian Akibat Penyakit Kardiovaskular

Terkait isu polusi yang melanda Jakarta dan sekitarnya, masalah tersebut berpotensi meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular seperti gangguan jantung.

Hingga kini, penyakit kardiovaskular masih menjadi ancaman dunia (global threat) akibat perannya sebagai penyebab kematian nomor satu. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat lebih dari 17 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 telah menunjukkan tren peningkatan kejadian penyakit jantung dan pembuluh darah di kalangan masyarakat Indonesia. Setidaknya, 15 dari 1.000 orang atau sekitar 2.784.064 individu di Indonesia mengidap penyakit jantung.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah RS Pondok Indah – Bintaro Jaya, Teuku Istia Muda Perdan, menyampaikan bahwa polusi udara bertanggung jawab atas 25 persen kematian akibat kardiovaskular. Hal ini berarti individu yang tinggal atau beraktivitas di perkotaan berisiko lebih besar mengalami gangguan kardiovaskular.

“Emisi karbon menyebabkan terjadinya pencampuran udara dengan partikel amonia, karbon monoksida, nitrogen dioksida, dan sulfur dioksida sehingga menjadi udara yang tidak layak untuk dihirup karena berbahaya terhadap kesehatan,” kata Teuku dalam keterangan pers dikutip Senin (11/9/2023).

Polutan mikroskopis di udara dengan ukuran PM2.5 meningkatkan risiko terjadinya gagal jantung. Pasalnya ketika terhirup, ukurannya yang sangat kecil mampu menembus pembuluh darah dan menyebabkan sumbatan pada pembuluh darah.

3 dari 4 halaman

Polutan Picu Plak pada Dinding Pembuluh Darah

Pada kondisi aterosklerosis atau adanya penumpukan lemak pada dinding dalam pembuluh darah arteri, polutan dalam tubuh dapat memicu terbentuknya zat radikal bebas. Zat ini berperan dalam proses pembentukan plak pada dinding pembuluh darah.

“Jika plak tersebut pecah, maka dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, dan kematian,” jelas Teuku.

Masalah ini bukan hanya berdampak terhadap individu, tetapi juga kelompok masyarakat. Untuk memastikan kualitas hidup yang lebih baik dan menurunkan beban ekonomi negara, pencegahan penyakit jantung menjadi hal yang utama.

“Diperlukan komitmen bersama antara pemerintah, penyedia layanan kesehatan, dan masyarakat untuk menurunkan angka risiko penyakit kardiovaskular.”

Teuku menambahkan, penanganan yang serius untuk kasus gangguan kardiovaskular dibuktikan dengan sikap dan intervensi ahli medis untuk mengatasi berbagai faktor risiko penyakit jantung. Penanganan ini sesuai dengan rekomendasi yang berlaku secara internasional.

Kesiapan teknologi penunjang pemeriksaan dan tenaga medis yang kompeten turut meningkatkan keberhasilan proses pengobatan pasien.

Kesadaran masyarakat Indonesia untuk melakukan deteksi dini penyakit jantung juga diperlukan untuk mencegah kondisi semakin parah.

Medical check-up atau pemeriksaan kesehatan secara rutin menjadi salah satu cara untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan penyakit, tak terkecuali penyakit jantung.

4 dari 4 halaman

Beragam Penyakit Jantung Perlu Tes dan Deteksi yang Sesuai

Beragam jenis penyakit jantung memerlukan tes dan cara deteksi yang berbeda karena memiliki karakteristik masing-masing.

Pada kasus deteksi sumbatan jantung koroner, pemeriksaan dimulai dari treadmill stress test hingga CT-scan jantung. Sedangkan, untuk screening sudden cardiac death atau henti jantung mendadak yang disebabkan oleh aritmia membutuhkan pemeriksaan mulai dari rekam jantung atau EKG hingga holter monitoring.

Ada pula pemeriksaan USG jantung atau echocardiography yang merupakan standar pemeriksaan untuk memeriksa struktur ruang-ruang jantung dan mendeteksi katup serta dinding jantung yang bocor, penebalan, dan pembengkakan pada jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.