Sukses

Media China Sebut KTT ASEAN 2023 Sebagai Karnaval Diplomatik

Media China ikut menyorot KTT ke-43 ASEAN 2023 yang diselenggarakan di Jakarta, Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Para pemimpin negara-negara sahabat ASEAN dan perwakilannya telah berdatangan ke DKI Jakarta untuk mengikuti KTT ASEAN 2023 yang dipimpin Indonesia. Turut hadir pula perwakilan dari Amerika Serikat dan Republik Rakyat China.

Media pemerintah China, Global Times, turut menyorot acara akbar ini yang mereka sebut sebagai "diplomatic carnival" atau "karnaval diplomatik".

"Para pemimpin dari negara-negara termasuk China, AS, Jepang, Korea Selatan, Australia, Kanada, dan organisasi-organisasi termasuk PBB dan UE akan menghadiri 'karnaval diplomatik' di Asia Tenggara ini," tulis Global Times, dikutip Selasa (5/9/2023).

Sejumlah analis China disebut media itu menyindir Amerika Serikat karena Presiden Joe Biden tidak hadir KTT ASEAN. Ketidakhadiran Joe Biden dianggap bahwa AS tidak tertarik dengan dialog dan kerja sama, dan lebih suka bersaing dengan China.

"Maka dari itu ia (AS) mengirim wakil presidennya ke Indonesia," tulis Global Times mengutip pernyataan para analis.

Meski menyindir AS, Presiden China Xi Jinping juga tidak hadir di KTT ASEAN 2023. China mengirim Premier (perdana menteri) Li Qiang untuk menghadiri China-ASEAN Summit ke-26, ASEAN Plus Three (APT) Summit ke-26, dan East Asia Summit ke-18 pada Selasa-Jumat ini.

Ini adalah kunjungan pertama Kamala Harris dan Li Qiang semenjak menjabat di posisi mereka saat ini.

Masalah Laut China Selatan dan Indo-Pasifik

Global Times menyebut bahwa sejumlah analis China berkata bahwa masalah Laut China Selatan harus diselesaikan melalui dialog dengan  pihak-pihak yang terlibat, dan upaya menjegal perdamaian harus dilawan.

Analis China juga disebut menyindir "Strategi Indo-Pasifik" AS yang dianggap menarget China, serta meyakini bahwa ASEAN tidak akan bisa "dimanipulasi oleh AS" dengan strategi tersebut.

Ge Hongliang, deputi direktur pada College of ASEAN Studies di Guangxi University for Nationalities, berkata bahwa diskusi di pertemuan ASEAN ini bakal sengit, tapi ia yakin ASEAN akan tetap memilih sentralitasnya.

Setelah menghadiri KTT ke-43 ASEAN 2023, Li Qiang yang mewakili China akan bertolak ke India untuk menghadiri G20 Summit. Presiden AS Joe Biden juga dijadwalkan akan hadir.

Sementara itu, beberapa waktu lalu peta dari China baru saja memantik amarah dari Vietnam, Filipina, dan Malaysia karena dianggap semena-mena mengklaim daerah Laut China Selatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Resmi Buka KTT ke-43 ASEAN, Tegaskan Pesan Persatuan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka KTT ke-43 ASEAN yang dimulai hari ini, Selasa (5/9/2023) di Plenary Hall, Jakarta Convention Center.

Acara pembukaan KTT ASEAN hari ini diawali dengan menyanyikan hymne ASEAN berjudul "The ASEAN Way", dilanjutkan dengan penampilan orkestra dan tarian yang mengusung tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth. 

Dalam pidato pembukaannya, Jokowi menegaskan bahwa terlepas dari perbedaan yang dimiliki, ASEAN akan tetap menjadi keluarga yang terus bersatu.

"Saya ingin menegaskan bahwa kesatuan ASEAN sampai dengan saat ini masih terpelihara dengan baik. Kesatuan jangan diartikan tidak ada perbedaan pendapat," ujar Jokowi dalam pidato pembukaannya.

Jokowi pun mencontohkan Indonesia sebagai negara yang memiliki beragam suku, bahasa, agama dan budaya. Kendati demikian, Jokowi menyebut bahwa perbedaan tersebut justru menyatukan warga negaranya sebagai anggota keluarga yang memiliki posisi yang sama.

"Bagi Indonesia kesatuan itu adalah sebuah harmoni dalam perbedaan, termasuk di dalamnya perbedaan pendapat," tambahnya.

Maka dari itu, Jokowi menekankan bahwa perbedaan itulah yang seharusnya menjadi dasar bagi ASEAN sebagai nilai dan prinsip utama yang harus semakin dihormati.

3 dari 3 halaman

11 Pemimpin Negara dan Organisasi Internasional Hadir

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo beserta ibu negara Iriana mulai menyambut para pemimpin negara ASEAN, Selasa (5/9) tepat pukul 09.35 WIB di Plenary Hall Jakarta Convention Center.

Jokowi mengenakan setelan jas navi dengan dasi berwarna merah. Sementara itu, Iriana Joko Widodo menggunakan setelan kebaya dengan warna yang nyaris sama.

Kedatangan para pemimpin negara ini juga diiringi oleh instrumen yang dibawakan oleh anggota militer yang ditugaskan dalam KTT ke-43 ASEAN.

Berikut ini adalah urutan kedatangan pemimpin dunia di KTT ke-43 ASEAN 2023:

  • Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone
  • Perdana Menteri Kamboja Hun Manet
  • Ketua Delegasi Thailand Sarun Charoensuwan
  • Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr
  • Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong
  • Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim
  • Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh
  • Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao
  • Perdana Menteri Cook Island Mark Brown
  • Presiden Bangladesh Mohammed Shahabuddin
  • Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.