Sukses

Pesona PM Kanada Justin Trudeau di KTT ke-43 ASEAN Pasca Pisah dengan Istri, Hadir Ditemani Anak

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau tiba di Jakarta, Selasa (5/9/2023) pukul 11.35 WIB di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dalam rangka menghadiri KTT ke-43 ASEAN.

Liputan6.com, Jakarta - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau tiba di Jakarta, Selasa (5/9/2023) pukul 11.35 WIB di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dalam rangka menghadiri KTT ke-43 ASEAN.

Kedatangan mencuri perhatian Justin Trudeau ditemani anak laki-laki tertuanya yaitu Xavier. Hal ini lantaran beberapa waktu lalu Justin Trudeau dan istrinya Sophie Gregoire memutuskan untuk berpisah.

Kehadiran Justin Trudeau disambut oleh Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar beserta Duta Besar Kanada untuk Indonesia yaitu Nadia Burger.

Di Indonesia, PM Trudeau akan bertemu dengan Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), untuk terus bekerja sama melawan perubahan iklim, meningkatkan ketahanan pangan, dan memajukan hubungan ekonomi termasuk dengan menggarisbawahi komitmen Kanada untuk menyelesaikan perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif dengan Indonesia, pasar ekspor terbesar Kanada di Asia Tenggara.

Dari Indonesia, PM Trudeau akan bertolak kunjungan bilateral ke Singapura pada 7 hingga 8 September 2023. Ia kemudian akan mengikuti KTT G20 di New Delhi, India, pada 9-10 September 2023.

Saat berada di kawasan Indo-Pasifik pekan depan, PM Trudeau akan menegaskan kembali komitmen Kanada untuk memperkuat kerja sama ekonomi dan menghilangkan hambatan perdagangan untuk menciptakan lapangan kerja yang baik bagi kelas menengah dan membuat kehidupan lebih terjangkau bagi masyarakat di kedua sisi Pasifik. Ia juga akan bekerja sama dengan rekan-rekannya untuk memperkuat hubungan antar masyarakat dan mendorong aksi iklim.

ASEAN merupakan jantung kawasan Indo-Pasifik dan Strategi Indo-Pasifik Kanada.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkuat Kerja Sama ASEAN

Pada KTT ASEAN, Perdana Menteri Trudeau akan memperkuat dukungan Kanada terhadap ASEAN dan Pandangan ASEAN mengenai Indo-Pasifik untuk mendorong perdamaian dan stabilitas regional, perdagangan berbasis aturan, ketahanan pangan, dan pertumbuhan ekonomi yang menguntungkan semua orang.

"Kita hidup di dunia yang semakin terhubung, dan jelas bahwa krisis yang ada saat ini hanya dapat diatasi dengan bekerja sama. Saya berharap dapat bertemu dengan para pemimpin global untuk mengatasi tantangan dan krisis yang kita hadapi, memanfaatkan peluang bagi masyarakat Kanada, dan memastikan perekonomian yang kuat untuk saat ini dan untuk generasi mendatang", ujar PM Kanada Justin Trudeau seperti tertuang dalam pernyataan tertulis dari Kedutaan Kanada di Indonesia, Kamis (31/8/2023).

PM Trudeau juga akan ambil bagian dalam KTT ASEAN-Kanada, yang akan menjadi tempat peluncuran resmi Kemitraan Strategis ASEAN-Kanada. Selain itu, ia pun akan mengadakan pertemuan bilateral dengan para pemimpin di sela-sela KTT.

Kunjungan PM Justin Trudeau ke kawasan Indo-Pasifik akan menjadi peluang untuk mencapai kemajuan dan mencapai hasil dalam isu-isu penting bagi Kanada dan mitra internasionalnya.

"Kami akan terus bekerja sama dengan mitra-mitra kami di seluruh dunia untuk mengatasi tantangan-tantangan yang ada saat ini sembari bangkit untuk menghadapi peluang-peluang di masa depan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.