Sukses

3 Orang Tewas dalam Penembakan Bermotif Rasisme di Jacksonville Florida, Amerika Serikat

Seorang pria bersenjata menewaskan tiga orang kulit hitam dalam serangan bermotif rasisme kemudian bunuh diri di Jacksonville, Florida, kata sheriff kota itu.

Liputan6.com, Jacksonville - Seorang pria bersenjata menewaskan tiga orang kulit hitam dalam penembakan bermotif rasisme di Jacksonville, Florida, Amerika Serikat --kata sheriff kota itu.

Pria itu, yang digambarkan berkulit putih dan berusia awal 20-an, memasuki toko Dollar General dan melepaskan tembakan, memicu pertikaian dengan polisi. Pelaku kemudian bunuh diri.

Sheriff (Polisi) TK Waters mengatakan dua pria dan seorang wanita dibunuh oleh pria bersenjata itu, yang mengenakan pelindung tubuh dan meninggalkan sebuah manifesto.

Walikota Donna Deegan mengatakan itu adalah "kejahatan penuh kebencian" yang didorong oleh kebencian berbasis ras, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (27/8/2023).

Sheriff mengatakan, penembak --yang belum secara resmi disebutkan namanya-- membawa senapan semi-otomatis ringan dan pistol.

Pelaku diyakini telah bertindak sendiri dan diduga ingin bunuh diri. Dia tinggal di Jacksonville's Clay County bersama orang tuanya dan meninggalkan beberapa pesan tentang niatnya, kata Sheriff Waters, termasuk satu kepada orang tuanya dan satu lagi kepada media.

Sheriff menambahkan bahwa setidaknya salah satu senjata memiliki simbol swastika yang digambar di atasnya.

FBI telah membuka penyelidikan hak-hak sipil atas penembakan itu, yang diperlakukan sebagai kejahatan bermotif rasisme.

Serangan itu terjadi kurang dari satu mil dari Edwards Waters University yang secara historis berkulit hitam.

Walikota Jacksonville Donna Deegan mengatakan kepada saluran TV lokal WJXT: "Satu penembakan terlalu banyak tetapi penembakan massal ini sangat sulit dilakukan."

Gubernur Florida Ron DeSantis menyebut pria bersenjata itu "bajingan" dan menggambarkan penembakan itu sebagai "mengerikan".

"Dia [pria bersenjata itu] menargetkan orang berdasarkan ras mereka, itu sama sekali tidak dapat diterima," kata DeSantis, yang bersaing untuk menjadi kandidat presiden partai Republik.

"Orang ini bunuh diri daripada menghadapi musik dan menerima tanggung jawab atas tindakannya dan dia mengambil jalan keluar pengecut."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Presiden AS Joe Biden Telah Menerima Info Penembakan Itu

Gedung Putih mengatakan Presiden Joe Biden telah diberi pengarahan tentang penembakan itu.

Dalam sebuah pernyataan yang diberikan kepada mitra BBC AS, CBS News, Dollar General mengatakan "patah hati oleh tindakan kekerasan yang tidak masuk akal yang terjadi di toko Kings Road kami".

Toko itu menambahkan, "kami mendukung karyawan Jacksonville kami dan keluarga DG yang terkena dampak tragedi ini adalah prioritas utama karena kami bekerja sama dengan penegak hukum ".

Ada lebih dari 28.000 kematian senjata di AS sepanjang tahun ini, menurut situs web Arsip Kekerasan Senjata.

Serangan Jacksonville terjadi pada peringatan 60 tahun Pawai di Washington dan pidato Martin Luther King Jr yang terkenal "I have a dream". Puluhan ribu orang berkumpul di ibukota pada hari Sabtu untuk menandai tonggak bersejarah dalam gerakan hak-hak sipil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini