Sukses

Hari Kucing Sedunia 8 Agustus 2023, Ini Raja dan Ratu yang Suka Anabul

Memperingati Hari Kucing Dunia, cek para raja dan ratu yang juga punya

Liputan6.com, Jakarta - Hari Kucing Sedunia (International Cat Day) jatuh pada tiap 8 Agustus. Hari yang unik ini pertama kali dibuat oleh International Fund for Animal Welfare (IFAW) pada 2002. 

Pada zaman Mesir Kuno pun kucing dianggap sakral, bahkan disembah. Pesona kucing juga memikat penguasa dalam sejarah, mulai dari Raja Prancis hingga Tsarina Rusia. 

Jika ingin merayakan Hari Kucing Sedunia bersama anabul, mungkin kamu bisa membelikan makanan favorit mereka.

Dan berikut beberapa penguasa di masa lalu yang suka dengan kucing menurut situs Royal Central (8/8/2023).

1. Raja Prajadiphok 

Raja Prajadhipok (1893-1941) merupakan raja Siam dari Dinasi Chakri. Ia diketahui menampilkan kucing Siam di acara-acara penobatannya. Ada sebuah foto yang menunjukkan ketika sang raja diiringi oleh wanita istana yang menggendong kucing Siam.

Kucing siam adalah jenis kucing yang terkenal di Thailand. Zaman dulu, ada kumpulan buku puisi Thailand yang bertema para kucing, judunya Tamra Maew.

2. Catherine yang Agung

Catherine yang Agung (1729-1796) merupakan Tsarina terakhir di Kekaisaran Rusia. Ia mendapatkan julukan "Yang Agung" karena ia merupakan pemimpin yang cerdas di masanya, sehingga Rusia bisa bersandingan dengan Prusia atau Prancis.

Kucing favorit dari Catherine adalah jenis Russian blue. Kekaisaran Rusia ternyata punya hubungan khusus degan para kucing. Ada kucing-kucing yang jadi "pegawai" di Istana Musim Dingin untuk memburu para tikus.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Raja Prancis

3. Raja Louis XV

Raja Louis XV (1710-1774) merupakan ayah dari Louis XVI yang dieksekusi oleh masyarakat. Walau anaknya kontroversial, tetapi Raja Louis XV dikenal dengan julukan Louis Bien-Aimé (Louis Yang Disayangi).

Selama hidupnya, Louis XV ternyata sangat menyukai kucing. Kucing miliknya dipelihara di Istana Versailles dan para anabul bebas berkeliaran di istana, bahkan ada kucing anggora yang naik-naik ke meja judi.

Salah satu kucing kesayangan Louis XV adalah kucing persia putih. Sayangnya, Raja Louis XVI tidak memiliki kesukaan pada kucing. 

4. Keluarga Tsar Terakhir

Keluarga Tsar Nicholas II diketahui suka dengan kucing. Pecinta kucing di keluarga itu adalah Grand Duchess Olga Nikolevna, putri tertua dari Tsar Nicholas II. 

Olga Nikolevna memiliki kucing bernama Vaska. Anak-anak Tsar Nicholas II lain juga pernah difoto sambil memangku anak kucing. 

Keluarga Tsar Nicholas II dieksekusi mati oleh Tentara Merah saat Revolusi Bolshevik pada 1918. Tsar Nicholas II, istri, dan semua anaknya ditembak di Rumah Ipatiev yang berlokasi di Yekaterinburg.

3 dari 4 halaman

15 Link Twibbon Hari Kucing Sedunia 8 Agustus 2023

Hari Kucing Sedunia sendiri pertama kali diperingati pada tahun 2002 silam, oleh International Fund for Animal Welfare (IFAW) yang merupakan salah satu organisasi kesejahteraan hewan terbesar di dunia yang berbasis di Kanada. 

Salah satu tujuan IFAW menyelenggarakan Hari Kucing Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran manusia akan kucing dan belajar tentang berbagai cara untuk membantu serta melindungi kucing.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Kucing Sedunia 2023 ini adalah dengan pamer twibbon bertemakan kucin di media sosial.

Informasi, twibbon adalah gambar atau logo yang dapat ditambahkan ke foto profil Anda di media sosial atau aplikasi pesan.

Dengan menggunakan twibbon Hari Kuncing Sedunia ini, Anda dapat mengekspresikan diri dan berbagi pesan kepada orang lain.

Untuk Hari Kucing Sedunia 2023, kami telah mengumpulkan 15 link twibbon cocok untuk dibagikan ke WhatsApp, Twitter, dan Instagram.

Berikut adalah 15 link twibbon Hari Kucing Sedunia 2023 yang dapat Anda gunakan:

  1. https://twb.nz/harikucing2023
  2. https://twb.nz/harikucingjp
  3. https://twb.nz/harikucingseduinia2023
  4. https://twb.nz/internationalcatday2023
  5. https://twb.nz/catday2023menel
  6. https://twb.nz/twbcatday
  7. https://twb.nz/miow
  8. https://twb.nz/ailovpetshop
  9. https://twb.nz/haluankita2022
  10. https://twb.nz/harikucingsedunia8822
  11. https://twb.nz/worldcatday2022
  12. https://twb.nz/harikucingsedunia2022
  13. https://twb.nz/lilopetshop
  14. https://twb.nz/ailovpetshop
  15. https://twb.nz/haluankita2022
4 dari 4 halaman

Google Kasih Animasi Kaki dan Suara Anabul Lucu di Laman Pencarian

Seperti tanggal ini di tahun lalu, Google turut merayakan Hari Kucing Sedunia dengan animasi lucu.

Kalau kamu membuka pencarian Google dan mengetikkan "Kucing" di kotak pencarian, halaman pencarian akan menampilkan sederetan informasi dan foto-foto kucing. 

Selain kata "Kucing" paling atas di hasil pencarian Google, terdapat logo tapak kaki kucing berbentuk file GIF yang mengajak pengguna untuk memencet tapak kucing tersebut.

Begitu pengguna mengarahkan kursor ke logo kaki kucing tersebut dan mengkliknya, akan muncul animasi tangan atau kaki depan kucing yang mencoba menyentuh layar.

Pengguna juga bisa mengklik bagian layar lainnya, nantinya, animasi kaki kucing akan menyentuh bagian yang diklik. Tidak lupa, tiap kemunculan kaki kucing akan diingi dengan suara "meong" dan "purring" dari si kucing.

Animasi kucing yang tampil pun beragam. Ada kucing warna hitam, abu-abu, tabby alias si belang, kucing oren, kucing dengan kaos kaki putih, hingga si calico alias belang tiga.

Uniknya, suara "meong" dari tiap-tiap kucing juga berbeda, ada yang bersuara imut hingga cempreng.

Laman pencarian Google untuk Hari Kucing Sedunia dengan animasi kucing ini bukan hanya tampil di penelusuran menggunakan desktop atau komputer, tetapi juga ada di Android atau iOS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.