Sukses

The Simpsons Prediksi Kapal Selam Titanic yang Terjebak? Hoaks atau Fakta?

Kapal selam Titanic diprediksi sudah kehabisan oksigen pada Kamis (22/6/2023). Netizen malah berspekulasi dengan The Simpsons.

Liputan6.com, Jakarta - Kapal Titanic yang tenggelam satu abad yang lalu kembali menjadi perbincangan masyarakat seluruh dunia. Perbincangan itu dipicu selam bernama Titan yang digunakan untuk berwisata melihat bangkai Titanic. 

Posisi kapal Titanic berada 13 ribu kaki di bawah permukaan laut atau sekitar 3.280 kilometer. 

Wisata Titanic yang diorganisir OceanGate Expeditions itu berangkat dan hilang pada Minggu, 18 Juni 2023. Ada lima orang di kapal selam Titan tersebut, termasuk seorang hartawan Pakisan dan putranya yang masih muda.

Pencarian pun dilakukan, namun pada Kamis (22/6/2023) persediaan oksigen diperkirakan sudah habis. 

Netizen di Twitter pun ramai-ramai menyampaikan rasa dukacita kepada penumpang kapal selam itu, meski ada juga yang bercanda. 

Salah satu yang viral adalah akun Twitter yang menyebut animasi The Simpsons pernah memprediksi tenggelamnya kapal selam tersebut. 

Tweet itu menampilkan Homer Simpsons yang berangkat menuju bangkai kapal di dasar laut, kemudian ia terjebak dan oksigennya nyaris habis. 

Hingga berita ini ditulis, tweet itu mendapatkan 12 ribu retweets dan 123 ribu likes. Di YouTube, cuplikan video episode The Simpsons itu juga menjadi ramai beredar.

Cocoklogi

Apabila ditelusuri, plot The Simpons itu sangat berbeda dengan masalah di kapal selam Titan yang mengunjungi Titanic. 

Kesamaannya adalah sama-sama mencari bangkai kapal, tetapi tujuan penjelajahan di The Simpsons adalah mencari harta kartun. Kapalnya pun sudah dijelaskan bukan Titanic. 

Kapal selam di episode The Simpsons tersebut juga hanya berkapasitas satu orang untuk penumpang sekaligus pengendara, sementara kapal selam Titan berisi lima orang sekaligus. Homer Simpsons juga tidak terjebak berhari-hari, melainkan langsung ditolong oleh koleganya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cadangan Oksigen Kurang dari 70 Jam

Sebelumnya dilaporkan, kapal selam wisata Titanic yang menghilang di perairan Newfoundland pada Minggu pagi itu hanya memiliki sisa waktu bantuan hidup (life support) berupa dukungan oksigen selama 96 jam, menurut Pihak Penjaga Pantai AS ketika pencarian berlanjut setelah hari pertama.

Dikutip dari New York Post pada Selasa, 20 Juni 2023, penjaga pantai mengatakan pada Senin bahwa operator kapal selam tersebut, OceanGate Expeditions, memberi tahu mereka bahwa kapal yang hilang itu dapat menyediakan pasokan oksigen bagi lima penumpangnya selama sekitar empat hari sebelum akhirnya habis. 

"Kami melakukan segala yang kami bisa untuk menemukan kapal selam dan menyelamatkan penumpang yang berada di dalamnya," kata Laksamana Muda John Mauger kepada para wartawan. 

Ia menambahkan, "Dalam hal waktu, kami memahami bahwa ada 96 jam kemampuan penanganan darurat dari operator, dan kami memperkirakan ada sekitar 70 hingga 96 jam penuh yang tersedia pada saat ini." Mauger, Komandan Distrik Pertama dan pemimpin misi pencarian dan penyelamatan, mengatakan bahwa AS sedang berkoordinasi dengan Kanada dalam operasi ini. 

OceanGate Expeditions, sebuah perusahaan swasta yang menyediakan tur ke situs reruntuhan Titanic dengan harga hingga USD 250.000 (Rp3,7 miliar), mengonfirmasi bahwa kapal selam Titan mereka hilang dengan anggota kru di sekitar 370 mil (595 km) dari pantai Newfoundland. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini