Sukses

Anniversary ke-10, Ini Potret Evolusi Fesyen BTS dari Tahun ke Tahun

Perubahan gaya fesyen mereka mengubah citra grup BTS yang memiliki penggemar dengan sapaan ARMY tersebut, dari bad boy menjadi rapi dan elegan.

Liputan6.com, Seoul - Selasa 13 Juni 2023 menandai 10 tahun sejak grup K-pop beranggotakan tujuh orang, BTS, memulai debut resmi mereka pada Juni 2013. Saat itu Big Hit Entertaiment meluncurkan mereka sebagai grup vokal hip hop.

Dalam penampilan pertamanya, mereka kompak mengenakan tank top hitam yang tertera nama masing-masing, yang tujuannya adalah melekatkan ingatan publik pada wajah satu per satu personel.

Sepuluh tahun kemudian, transformasi fesyen tak terelakkan, baik secara individu maupun kolektif. RM, Jin, Suga, Jimin, V, J-Hope, dan Jung Kook menjadi ikon mode dunia.

Tahun 2021, Louis Vuitton mengumumkan BTS sebagai brand ambassador mereka. Sementara secara individu, Suga, Jimin BTS, dan Jung Kook masing-masing dipilih sebagai "wajah" rumah mode Valentino, Dior, dan Calvin Klein.

Evolusi fesyen serta merta mengubah citra BTS, dari bad-boys wannabe menjadi rapi dan elegan. Berikut sejumlah potret tranformasi fesyen grup vokal Korea Selatan tersebut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Debut 2013

Debut BTS pada tahun 2013 ditandai dengan rilisnya single berjudul "No More Dream".

Lagu ini menampilkan energi yang kuat, dengan lirik yang berbicara tentang mengikuti impian mereka tanpa batasan dan mencari identitas mereka sendiri.

BTS berhasil mencuri perhatian pendengar dengan gaya musik yang energik dan penampilan panggung yang memukau.

3 dari 7 halaman

2. Tahun 2014

BTS menghadirkan penampilan yang memukau dalam acara Golden Disk Awards tahun 2014. Acara ini merupakan salah satu penghargaan bergengsi di industri musik Korea Selatan yang dihadiri sejumlah besar artis ternama.

Dalam Golden Disk Awards tahun 2014, BTS membawakan lagu "Boy in Luv" yang menjadi salah satu hits mereka pada saat itu.

Mereka tampil dengan setelan bernuansa putih dan dilengkapi berbagai aksesoris, mulai dari topi yang dipakai miring ala gaya hip hop hingga kalung besar. 

4 dari 7 halaman

4. Tahun 2015

Dalam penampilan mereka di Gaonchart Kpop Awards tahun 2015, BTS membawakan lagu "I Need U" yang menjadi salah satu lagu hit mereka.

Di kesempatan tersebut, para member BTS mengenakan setelan jas rapi dengan warna yang sama yakni merah hati. Namun, beberapa member tampil unik dengan warna rambut mereka yang mencolok. Suga memilih untuk tampil dengan warna rambut hijau tosca, RM dengan warna rambut pink dan Jimin dengan warna rambut oranye. 

Member lainnya, seperti V, Jin, Jungkook dan J-hope memilih warna coklat yang lebih netral.

 

5 dari 7 halaman

5. Tahun 2017

Boyband BTS membuat penampilan yang sangat dinantikan di acara Jimmy Kimmel Live pada tahun 2017. Ini merupakan salah satu penampilan televisi terkenal mereka di Amerika Serikat yang memperluas pengaruh mereka di luar Korea Selatan.

Selama penampilan mereka di Jimmy Kimmel Live, BTS membawakan lagu "Blood Sweet and Tears", "Go Go", "Save Me" dan "I Need U" yang merupakan lagu andalan mereka saat itu. Dalam kesempatan ini, mereka tampil dengan pakaian ikonik ala hip hop yang khas. 

J-hope, Suga dan V tampil dengan headband mereka yang khas. Sementara, Jimin mengenakan bucket hat untuk melengkapi penampilannya. 

6 dari 7 halaman

6. Tahun 2021

Dalam momen ini, BTS membawa pulang piala dari ajang American Music Awards 2021 yang digelar di Microsoft Theater, Los Angeles, California, Amerika Serikat.

BTS menghadiri acara tersebut secara langsung dan meraih ketiga penghargaan yaitu, Favorite Pop Duo or Group, Favorite Pop Song untuk "Butter" dan Artist of the Year. Mereka pun kompak mengenakan pakaian dengan warna kuning, yang identik dengan singel mereka tersebut, serta dilengkapi dengan sepatu putih. 

Penampilan mereka dalam kesempatan tersebut menarik perhatian banyak penggemarnya. Selain karena tampil berbeda dengan warna terang, namun penampilan Jungkook dan Jhope dengan kacamata juga menjadikan penampilannya semakin ikonik. 

 

7 dari 7 halaman

10. Tahun 2023

Dalam rangka perayaan ulang tahun ke-10 pada Juni 2023, ini selalu diperingati dan menjadi kesempatan BTS untuk merilis banyak konten baru dan kejutan untuk penggemar.

Big Hit Music sebagai agensi dari BTS pun mengumumkan perilisan "Take Two", single digital untuk merayakan ulang tahun debut ke-10 dari BTS.

Secara khusus, para member melakukan photo session dalam rangka perayaan ulang tahun mereka dengan kompak mengenakan pakaian casual berwarna pastel serta background yang didominasi warna ungu sesuai ciri khas mereka. 

Hingga saat ini, fesyen BTS menjadi semakin ikonik dan terus dinanti oleh para penggemarnya dalam setiap penampilan mereka. Walaupun grup ini tengah dalam masa hiatus, beberapa member tengah fokus dalam karir solo mereka. Salah satunya adalah Suga yang saat ini sedang melakukan perjalanan tur dunianya, dan baru-baru ini melakukan konser di Jakarta. 

Sementara itu, Jin dan Jhope masih harus menuntaskan kewajiban mereka dalam program wajib militer di Korea Selatan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.