Sukses

Arab Saudi Bakal Punya Pusat Sains dan Teknologi Baru Bernama Ilmi, Inisiatif Istri Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman

Ilmi akan menjadi pusat penemuan dan inovasi sains yang sepenuhnya dapat diakses.

Liputan6.com, Riyadh - Sebuah pusat sains dan teknologi baru yang disebut "ilmi" atau berarti "pengetahuan saya" akan diluncurkan di Arab Saudi untuk mendorong keingintahuan ilmiah dan mengembangkan keterampilan kaum muda. Itu merupakan inisiatif dari istri Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS).

"Ilmi akan menjadi mercusuar kreativitas, pembelajaran, dan aksesibilitas," kata Putri Sara seperti dilansir Arab News, Senin (5/6/2023), seraya menambahkan bahwa ilmi akan memungkinkan kaum muda terhubung dengan mata pelajaran sains, teknologi, membaca, teknik, seni, dan matematika.

Pusat ilmi nantinya berdiri di atas lahan seluas 27.000 meter persegi yang berlokasi di Mohammed bin Salman Nonprofit City di Riyadh dan akan dibuka pada tahun 2025.

Putri Sara menuturkan, "Ilmi akan menawarkan kepada semua pembelajar muda dan seumur hidup Arab Saudi kemampuan untuk menyadari potensi mereka, mendorong lebih jauh kemajuan, dan membantu membentuk masa depan. Bersama-sama, saya berharap kita semua akan menciptakan ilmi dan menginspirasi serta mendukung generasi penerus kita."

Ilmi merupakan proyek filantropi, yang diinkubasi dan didukung oleh Mohammed bin Salman Foundation (Misk) dan akan beroperasi dalam kemitraan dengan Mohammed bin Salman Nonprofit City.

Pusat ilmi akan menyelenggarakan pameran permanen yang akan didasarkan pada tiga tema inti: Dunia Kita, Diri Kita, dan Penemuan Kita. Adapun fokusnya mencakup ruang, ekosistem, dan Artificial intelligence (AI).

Selain itu, adapula berbagai instalasi, acara, bincang-bincang, pertunjukan, dan program mitra belajar yang dirancang untuk membangun komunitas STREAM (sains, teknologi, membaca, teknik, seni, dan matematika) baru di Arab Saudi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membangun Antusiasme Publik

Ilmi akan menawarkan platform digital terintegrasi yang dikombinasikan dengan serangkaian pengalaman belajar pop-up di seluruh Arab Saudi, yang mulai ditayangkan musim panas ini dan bertujuan untuk membuat remaja, orang tua, keluarga, dan teman-teman dari segala usia dan kemampuan bersemangat dan terlibat dalam STREAM sebelum pusat ilmi dibuka.

Yang juga akan segera diluncurkan adalah penawaran online ilmi, yang akan menampilkan serangkaian tantangan desain menarik yang mengeksplorasi konsep STREAM, menghubungkannya dengan kehidupan nyata, dan mengundang peserta untuk memberikan tanggapan kreatif sebagai bagian dari kompetisi.

Untuk mendukung inisiatif ini, ilmi juga akan mengadakan rangkaian aktivasi langsung yang akan mengeksplorasi konten STREAM di balik setiap tantangan digital dan mendorong keluarga dan teman untuk bekerja sama menciptakan dan membangun solusi secara langsung.

Ilmi akan menjadi Pusat Penemuan dan Inovasi Sains yang sepenuhnya dapat diakses.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.