Sukses

Moskow Larang 500 Orang Amerika Masuk Rusia, Daftar Terbaru Ada Barack Obama hingga Jurnalis CNN

Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama, pembawa acara televisi larut malam Stephen Colbert, dan Erin Burnett dari CNN adalah sejumlah orang yang masuk daftar 500 orang Amerika yang dilarang Rusia memasuki negara itu.

Liputan6.com, Moskow - Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama, pembawa acara televisi larut malam Stephen Colbert, dan Erin Burnett dari CNN adalah sejumlah orang yang masuk daftar 500 orang Amerika yang dilarang Rusia memasuki negara itu.

Mengutip CNN, Sabtu (20/5/2023), Rusia pada Jumat 19 Mei mengumumkan bahwa pihaknya melarang 500 orang Amerika, banyak tokoh terkemuka dari kekuasaan eksekutif AS, untuk memasuki negara itu "sebagai tanggapan atas sanksi anti-Rusia yang diberlakukan oleh pemerintahan Joe Biden," menurut pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Rusia.

Daftar tersebut termasuk Barack Obama, mantan Duta Besar AS Jon Huntsman, beberapa senator AS dan calon ketua kepala gabungan berikutnya Charles Q. Brown Jr.

Daftar nama itu juga termasuk pembawa acara TV larut malam Amerika Jimmy Kimmel, Colbert, dan Seth Meyers.

Pernyataan itu juga mengatakan: "'list-500’ (Daftar-500) terlampir juga termasuk orang-orang di lembaga pemerintah dan penegak hukum yang terlibat langsung dalam penganiayaan terhadap para pembangkang setelah apa yang disebut Menyerbu Capitol." Pada 6 Januari 2021, puluhan pendukung mantan Presiden AS Donald Trump berusaha menghentikan sertifikasi Biden sebagai presiden dan menyerang US Capitol.

Presiden Rusia Vladimir Putin tampaknya mempertanyakan penangkapan para perusuh beberapa bulan kemudian, dengan mengatakan orang-orang datang ke Kongres "dengan tuntutan politik", lapor Reuters.

Daftar yang dirilis hari Jumat itu juga termasuk CNN Anchor Erin Burnett dan merupakan pembaruan dari daftar panjang yang diterbitkan sebelumnya dari individu yang terkena sanksi yang mencakup Kepala Koresponden Keamanan Internasional CNN Nick Paton Walsh, kontributor CNN Bianna Golodryga dan Timothy Naftali.

Sementara daftar itu diberi label, "500 Americans" (500 orang Amerika Serikat ), Paton Walsh adalah warga negara Inggris.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kemlu Rusia Membenarkan Larangan untuk 500 Orang AS

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Rusia membenarkan larangan tersebut dalam sebuah pernyataan di situs webnya yang berbunyi: "Ini adalah waktu yang tepat bagi Washington untuk mengetahui bahwa tidak ada satu pun serangan permusuhan terhadap Rusia yang akan berjalan tanpa reaksi keras."

Laporan itu tidak merinci pengaduan terhadap setiap individu atau menjelaskan apa arti sanksi di luar larangan memasuki wilayah tersebut.

Selain itu, kementerian mengatakan terus menolak permintaan kedutaan AS untuk akses konsuler ke jurnalis Amerika Evan Gershkovich "karena kegagalan mengeluarkan visa untuk jurnalis Rusia dari kelompok Lavrov," yang tampaknya mengacu pada perjalanan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov. ke Amerika Serikat pada bulan April.

3 dari 4 halaman

Rusia Larang 90 Orang ke Negaranya, Ada Kamala Harris hingga Mark Zuckerberg

Sebelumnya, Rusia pada Kamis 21 April 2022 memberlakukan larangan perjalanan pada Wakil Presiden AS Kamala Harris, kepala Facebook Mark Zuckerberg dan lusinan orang Amerika serta Kanada terkemuka. Hal itu dilakukan sebagai pembalasan atas sanksi yang dijatuhkan terkait invasi Rusia ke Ukraina.

Kementerian luar negeri Rusia mengatakan pembatasan perjalanan pada 29 orang Amerika dan 61 warga Kanada - yang juga termasuk pejabat pertahanan, pemimpin bisnis dan jurnalis dari kedua negara - akan tetap berlaku tanpa batas waktu.

Mengutip AFP, Jumat (22/4/2022), Kementerian luar negeri Rusia mengatakan daftar 90 orang yang dilarang itu terdiri dari orang-orang yang bertanggung jawab atas kebijakan "Russophobia" kedua negara.

Di Washington, salah satu pejabat yang menjadi sasaran, juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price, mengatakan bahwa larangan bepergian adalah "suatu kehormatan."

"Saya harus mengatakan itu tidak kurang dari sebuah penghargaan untuk mendapatkan kemarahan dari pemerintah yang berbohong kepada rakyatnya sendiri, membuat brutal tetangganya dan berusaha untuk menciptakan dunia di mana kebebasan dan kebebasan dikejar, dan jika mereka memilikinya jalannya, akhirilah," kata Price kepada wartawan.

Ditanya apakah dia harus membatalkan rencana perjalanan ke Rusia, Price menyindir: "Untungnya saya tidak punya rubel dan bahkan jika saya melakukannya, itu tidak akan berguna sekarang."

Amerika Serikat telah memimpin upaya internasional untuk menjatuhkan sanksi besar-besaran terhadap Rusia atas operasi militernya di Ukraina, yang menyebabkan gejolak dalam ekonominya.

Amerika Serikat dan Uni Eropa secara pribadi telah memberikan sanksi kepada sejumlah orang Rusia termasuk Presiden Vladimir Putin, putri-putrinya, dan oligarki yang dianggap penting bagi kekuasaan pemimpin Rusia.

Orang Amerika lainnya yang masuk daftar larangan ke Rusia pada hari Kamis termasuk presenter televisi ABC News George Stephanopoulos, kolumnis Washington Post David Ignatius dan editor situs berita Meduza yang berfokus pada Rusia Kevin Rothrock.

Para pejabat pertahanan AS termasuk juru bicara Pentagon John Kirby dan Wakil Menteri Pertahanan Kathleen Hicks.

Daftar warga Kanada dipimpin oleh Cameron Ahmad, yang menjabat sebagai direktur komunikasi untuk Perdana Menteri Justin Trudeau, dan Komandan Pasukan Operasi Khusus Kanada Steve Boivin.

Rusia sebelumnya telah melarang Facebook dan Instagram, yang merupakan bagian dari kerajaan Meta Zuckerberg, menyebut mereka organisasi "ekstremis". 

 

 

4 dari 4 halaman

Rusia Larang 41 Warga Australia Masuk ke Negaranya

Sementara itu Moskow mengumumkan pada Jumat 16 September 2022 bahwa mereka telah melarang 41 warga Australia, termasuk wartawan. Aksi Rusia ini sebagai pembalasan atas sanksi Canberra terhadap Moskow atas intervensi militernya di Ukraina.

"Mengingat Canberra tidak berniat secara resmi meninggalkan garis anti-Rusia, dan terus memberlakukan sanksi baru, daftar dari Rusia ini akan terus diperbarui," kata pernyataan kementerian luar negeri.

Dikutip dari laman Straitstimes, Sabtu (17/9/2022) Kementerian menerbitkan nama-nama mereka yang dilarang memasuki negara itu.

Termasuk karyawan perusahaan senjata Australia dan outlet media, seperti Sarah Ferguson, penyiar ABC.

Moskow telah melarang 159 warga Australia pada Juni dan Juli 2022.

Sejak awal operasinya di Ukraina akhir Februari, Rusia telah mengambil tindakan serupa terhadap beberapa negara, melarang ratusan orang memasuki negara itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.