Sukses

Aksi Heroik Remaja di Michigan, Selamatkan Seisi Bus Usai Sopir Tak Sadarkan Diri Saat Mengemudi

Tidak dibelikan ponsel oleh orangtuanya justru menjadi alasan utama mengapa ia berhasil menyelamatkan bus yang hilang kendali.

Liputan6.com, Michigan - Ada kisah heroik dari Michigan, seorang bocah laki-laki berhasil mengendalikan sebuah bus agar tidak menabrak setelah pengemudinya hilang kesadaran.

Menariknya, aksi penyelamatan tersebut diketahui karena sang anak adalah satu-satunya penumpang yang tidak sibuk bermain ponsel, menurut laporan CBS.

Melansir The Guardian, Senin (15/5/2023), anak laki-laki itu segera bertindak setelah mengetahui bus yang ditumpanginya tak terkendali.

CBS juga melaporkan bahwa Dillon Reeves, siswa kelas tujuh, yang menjadi pahlawan dadakan itu, memang tidak diberikan ponsel oleh orangtuanya. 

Keputusan orangtuanya itu menyelamatkan nyawa para penumpang bus.

Ayah Dillon, Steve, mengatakan kepada CBS, “Apa lagi yang akan Anda lakukan ketika Anda tidak memiliki ponsel?” ucapnya. “Anda akan melihat orang-orang dan memperhatikan banyak hal.” 

“Ini adalah pelajaran yang sangat penting, mungkin pelajaran yang bisa mengubah dunia,” tambah Steve.

Laporan juga menyebutkan bahwa beberapa penumpang bus lainnya mengaku mereka sibuk bermain ponsel atau perangkat elektroniknya masing-masing.

Bahkan, ketika sang pengemudi mereka mulai kehilangan kesadaran.

Bus hilang kendali itu diketahui dalam perjalanan mengantar siswa-siswa pulang dari sekolah pada tanggal 26 April lalu.

“Saya sedang menggunakan AirPods,” kata seorang siswa. Siswa kedua menambahkan, "Saya sedang melihat ponsel.”

Yang lainnya juga berkata, “Saya sedang bermain ponsel.”

Aksi heroik itu kemudian menjadi viral setelah rekaman dari kamera keamanan bus tersebar di internet, terlihat bagaimana Dillon dengan sigap mengambil alih kemudi bus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Dibelikan Ponsel oleh Orangtuanya

Dalam video tersebut, terlihat Dillon bergegas menuju kemudi mobil setelah menyadari bahwa pengemudinya pingsan dan dalam keadaan darurat medis.

Dillon menginjak rem dan mengarahkan bus menjauh dari lalu lintas.

Akhirnya bus berhasil dihentikan, di saat siswa lain berteriak panik dari tempat duduk mereka.

Dillon sempat berteriak, meminta seseorang menghubungi nomor darurat 911 saat ia sedang berusaha menghentikan bus.

“Seseorang hubungi 911! Sekarang!” 

Pengemudi itu segera mendapatkan bantuan medis dan dirawat sedangkan para siswa dipindahkan ke bus lain dan kembali diantarkan pulang.

Dillon, berbicara kepada CBS, “Saya hanya seketika tahu apa yang harus dilakukan pada momen itu. Busnya melenceng dari jalan.”

Setelah aksi heroiknya itu viral, Dillon dipuji secara luas dan disebut sebagai pahlawan oleh warganet dan juga pengawas distrik sekolahnya.

“Tindakan siswa yang membantu menghentikan bus membuat perbedaan besar hari ini, dan saya sangat bangga atas usahanya,” kata pengawas, Robert D Livernois, di Facebook.

Orangtua Dillon mengatakan bahwa tindakan heroik putra mereka adalah alasan yang cukup untuk menunda memberinya ponsel lebih lama lagi.

Ketika CBS menanyakan pendapat Dillon terkait pernyataan terbaru orangtuanya itu, ia berkata, “Terserah. Orangtua saya kuno.”

3 dari 4 halaman

Aksi Heroik Pria Menyetop Bus ANS Mengalami Rem Blong di Sitinjau Lauik Menuai Pujian Warganet

Tak hanya di Michigan, pria asal Indonesia ini juga banyak dipuji karena aksi heroiknya menghentikan bus rem blong.

Rem blong merupakan salah satu penyebab kecelakaan yang paling umum. Tidak dapat dianggap sepele, dampak dari kerusakan ini dapat berakibat sangat fatal.

Ketika rem blong, mobil/motor tidak dapat melakukan pengereman sehingga mobil/motor tersebut tidak bisa berhenti. Tentunya hal ini akan mengancam keselamatan diri sendiri dan juga pengendara lain.

Tidak dapat dibayangkan jika rem blong terjadi pada kendaraan bongsor seperti, bus atau truk. Mengejutkannya, ternyata kejadian tersebut sudah beberapa kali terjadi di Tanah Air.

Baru-baru ini terdapat kejadian serupa yang sedang ramai di media sosial. Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @mood.jakarta, Selasa (02/05/2023).

Kejadian ini terjadi di tanjakan ekstrem daerah Sitinjau Lauik, Jambi. Tanjakan yang menikung tersebut sebelumnya memang sudah terkenal media sosial. 

Baca selengkapnya di sini...

4 dari 4 halaman

Aksi Heroik Pria Rela Pertaruhkan Nyawa Demi Selamatkan Bocah Terperangkap Kebakaran

Masih tentang aksi penyelamatan yang viral dan mendapat pujian banyak orang, seorang pria selamatkan bocah meski nyawa taruhannya.

Menolong orang yang membutuhkan bantuan adalah perbuatan mulia. Apalagi ketika seseorang itu memang dalam kondisi kesulitan atau bahaya. Biasanya rasa ingin menolong itu muncul karena rasa simpati yang tinggi. Namun, tidak semua orang bisa melakukan hal baik tersebut.

Seperti aksi seorang pria yang videonya viral di media sosial baru-baru ini. . Video berdurasi 43 detik tersebut menunjukkan aksi seorang pria yang menuai pujian warganet. Pada video tersebut, terlihat seorang pria yang merayap di gedung untuk menyelamatkan bocah yang terperangkap sebuah kebakaran.

Seorang pria di kota Seville, Spanyol dielu-elukan sebagai pahlawan setelah berani mempertaruhkan nyawanya untuk menyelamatkan dua anak yang terperangkap di gedung yang terbakar.

Baca selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini