Sukses

27 Orang Tewas dalam Kebakaran Tambang Emas di Peru

Para pejabat mengatakan dua orang berhasil diselamatkan dari kobaran api, tetapi diperkirakan tidak ada lagi korban selamat yang ditemukan.

Liputan6.com, Lima - Sedikitnya 27 orang tewas dalam kebakaran tambang emas di Peru selatan pada Sabtu (6/5/2023). Insiden tersebut tercatat sebagai kecelakaan pertambangan terburuk di negara itu dalam beberapa dekade.

Para pejabat mengatakan dua orang berhasil diselamatkan dari kobaran api, tetapi diperkirakan tidak ada lagi korban selamat yang ditemukan.

Kebakaran di tambang emas La Esperanza di wilayah Arequipa itu diduga terjadi akibat korsleting listrik. Diyakini bahwa para penambang bekerja setidaknya sekitar 80 hingga 100 meter di bawah permukaan ketika kobaran api terjadi. Demikian seperti dilansir BBC, Senin (8/5).

Dalam sebuah pernyataan, pemerintah daerah mengatakan kantor polisi terdekat berjarak sekitar 90 menit dari lokasi terpencil dan beberapa jam dari kota terdekat. Fakta tersebut mempersulit tanggap darurat.

Surat kabar Peru, La República, melaporkan bahwa kerabat dari para penambang yang hilang tiba di lokasi pada Minggu pagi, tetapi akses ke lokasi ditolak.

Perusahaan pertambangan sendiri belum mengomentari bencana tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Salah Satu Produsen Emas Terbesar

 

Peru adalah salah satu produsen emas terbesar di dunia, menambang lebih dari 100 ton per tahun atau sekitar 4 persen dari seluruh pasokan tahunan dunia.

Belasan kematian dalam setahun disebut tidak jarang terjadi di industri pertambangan Peru. Lazimnya tersebar pada insiden-insiden kecil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.