Sukses

Unik, Sebuah Kota di Meksiko Punya Dokter Gigi Terbanyak di Dunia

Kota ini memiliki konsentrasi dokter gigi tertinggi per mil persegi di dunia dan dikenal sebagai Ibu Kota wisata gigi dunia

Liputan6.com, Los Algodones - Los Algodones, merupakan sebuah kota kecil di Meksiko yang berpenduduk sekitar 7.000 orang, kota ini memiliki konsentrasi dokter gigi tertinggi per mil persegi di dunia dan dikenal sebagai Kota Molar.

Ratusan ribu orang Amerika mengunjungi Los Algodones setiap tahun, tetapi mereka tidak datang untuk melihat pantai berpasir, tetapi mereka datang untuk veneer, saluran akar, dan implan gigi.

Mengutip dari odditycentral.com, Jumat (5/5/2023), dari sekitar 7.000 penduduk Los Algodones, sekitar 600nya berprofesi sebagai dokter gigi, dan empat jalan utama kota penuh dengan klinik gigi yang menawarkan berbagai layanan dengan biaya yang lebih murah di Amerika Serikat.

Antara November dan April, populasi Los Algodones hampir dua kali lipat, karena kota kecil itu dikuasai oleh turis AS, tetapi juga beberapa dari Kanada dan Inggris. Terlepas dari persaingan yang ketat antara klinik gigi di kota kecil Meksiko, permintaan seringkali melebihi pasokan dalam hal layanan gigi.

Los Algodones terletak tepat di seberang perbatasan dari Yuma, begitu dekat sehingga Anda dapat benar-benar berjalan ke sana. Kota kecil ini mendapat julukan populernya, yaitu 'Kota Molar', jauh sebelum internet ada, dan macet.

Saat ini, bahkan ada situs web resmi khusus Kota Molar yang mencoba memasangkan bisnis gigi lokal dengan klien, dan kota ini secara luas dianggap sebagai ibu kota wisata gigi dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mempunyai Website Sendiri Untuk Kotanya

Pitch pemasaran utama untuk Molar City adalah, fasilitas bagi Anda untuk mendapatkan layanan gigi dengan harga yang lebih murah di AS, tetapi jangan biarkan harga rendah membodohi Anda, kualitas layanan dilaporkan terbaik di kota ini.

Dokter gigi terbaik di Meksiko dapat ditemukan di Los Algodones dan karena banyaknya klinik gigi di kota, terdapat persaingan yang sehat untuk hanya menawarkan perawatan terbaik. 

Untuk memenangkan persaingan, klinik gigi di Molar City terus meningkatkan peralatan mereka, sehingga banyak dari mereka menggunakan solusi dan teknik mutakhir yang tidak digunakan di tempat lain. Itu sebabnya tidak jarang dokter gigi asing datang ke Los Algodones untuk mempelajari teknik baru dan berlatih dengan peralatan paling modern.

Biaya yang terjangkau dan kualitas tinggi dari prosedur gigi adalah salah satu alasan utama mengapa Molar City telah menjadi tempat untuk layanan gigi yang seperti Mekah, dengan prosedur seperti implan dan saluran akar, sekitar 50 sampai 70 persen lebih murah daripada biaya di AS atau Kanada.

3 dari 4 halaman

Dokter Gigi Ungkap Alasan Gusi Berdarah saat Menyikat Gigi

Berbicara mengenai gigi, biasanya ketika sehabis menyikat gigi, Anda mungkin menyadari pasta gigi yang dimuntahkan ke wastafel warnanya berubah menjadi sedikit merah, begitu pula dengan gusi Anda.

Ini merupakan tanda gusi berdarah, yang juga ditandai dengan rasa sedikit nyeri dalam mulut Anda. 

"Sebenarnya cukup umum bagi gusi untuk berdarah sedikit ketika Anda melakukan rutinitas kebersihan gigi," ujar dokter gigi Dr. Ivette Soto, DDS dikutip dari situs Bustle. Ini juga bukan merupakan masalah serius.

Anda hanya perlu menjadikannya pengingat supaya menyikat gigi dengan lebih lembut untuk selanjutnya atau mengganti sikat gigi jika memang sudah waktunya.

Terdapat beberapa penyebab gusi berdarah saat menyikat gigi. "Jika Anda baru pertama mengalami gusi berdarah, ini dapat disebabkan oleh sesuatu yang sederhana seperti menyikat gigi terlalu keras," ucap dokter gigi kosmetik Dr. Joyce Kahng.

Jika Anda terlalu menekan gusi, menyikat dengan sangat cepat, atau menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu kaku, kekuatan ekstra itu dapat merusak jaringan gusi dan membuatnya berdarah.

Baca selengkapnya di sini... 

4 dari 4 halaman

Dokter Gigi Ungkap Bahaya Scaling Gigi Sendiri, Bisa Melukai Gusi

Selain itu, dokter juga memberitahukan bahwa Scaling atau proses menghilangkan karang gigi dan penumpukan plak dari gigi, secara mandiri dapat menyebabkan gusi terluka.

Saat itulah scaler—salah satu dari banyak benda logam runcing yang Anda lihat selama pembersihan gigi—digunakan untuk mengikis sisi dan bagian belakang gigi untuk menghilangkan endapan, jelas Veytsman.

"Ini membantu mencegah gingivitis, radang gusi, bau mulut, dan membantu menjaga kebersihan mulut Anda secara keseluruhan," katanya.

Biasanya, scaling ringan akan dilakukan setiap 6 bulan sekali (2 kali dalam setahun).

Jika Anda sudah lama tidak ke dokter gigi atau cenderung memiliki plak menumpuk, saat itulah Anda mungkin merasa perlu melakukan scaling gigi secara mandiri rumah.

Namun, bisakah Anda scaling gigi sendiri?

Jika Anda pernah menonton salah satu video scaling gigi yang dilakukan seorang profesional, bisa dilihat seberapa banyak keterampilan dan teknik yang dibutuhkan untuk melakukan scaling gigi.

Karena karang gigi keras dan putih kekuningan, mungkin sulit untuk mengetahui di mana batas antara plak dan gigi. Salah-salah, Anda malah mengikis gigi sendiri dan bukannya plak yang ingin dihilangkan. Belum lagi Anda memegang benda logam tajam yang jelas berbahaya jika terjadi kesalahan.

Baca selengkapnya di sini... 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini