Sukses

Pemain Amatir Kalahkan Rekor Profesional Pemutar Terlama Bola Biliar, Berkat Trik dan Latihan

Bence Kovari, pria berusia 29, dari Hongaria, telah memecahkan rekor durasi terlama untuk memutar bola biliar, mencapai waktu yang luar biasa yaitu 47,13 detik.

Liputan6.com, Jakarta - Bence Kovari, pria berusia 29, dari Hongaria, telah memecahkan rekor durasi terlama untuk memutar bola biliar, mencapai waktu yang luar biasa yaitu 47,13 detik.

Mengutip dari guinnessworldrecords.com, Senin (22/5/2023), tantangan ini melibatkan penggunaan tongkat biliar untuk memukul cue ball atau bola biliar warna putih, yang kemudian mengenai bola biliar kedua, dan menyebabkan bola putih berputar. Jika bola putih menyentuh salah satu bantalan meja selama putaran, maka upaya tersebut didiskualifikasi.  

Rekor sebelumnya 42,20 detik dibuat pada tahun 2021 oleh seniman trick shot Prancis terkenal Florian "VENOM" Kohler.

Setelah melihat usaha sukses Florian, Bence terinspirasi untuk memecahkan rekornya. "Seorang teman saya menunjukkan kepada saya video 'tembakan' luar biasa yang dilakukan oleh Florian," kata Bence.

"Temanku itu penasaran berapa lama saya bisa memutar bola dan kami menghitung lebih dari 30 detik. Ini adalah poin ketika saya memutuskan untuk berlatih 'menembak' seperti itu," tambahnya kembali. 

Setelah beberapa minggu menyempurnakan tekniknya, Bence merasa siap untuk percobaan resminya, yang kemudian beraksi di Klub Biliard Dallas di Nyiregyhaza, Hongaria.

Pada hari itu, Bence berlatih lebih dari satu jam sebelum melakukan 'tembakan' resmi pertamanya. Dia diizinkan tiga kali mencoba untuk memecahkan rekor, meskipun pada akhirnya hanya membutuhkan satu kali.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pencatat Waktu Mengonfirmasi Rekor Dunia Barunya

Bence memukul bola putih dan mulai menonton dengan saksama saat bola itu mulai berputar.

"Bola mulai berputar dengan kecepatan luar biasa," kata Lorand Adonyi, pemain snooker amatir yang bertindak sebagai saksi independen upaya rekor Bence.

Setelah dengan gugup menatap bola selama hampir satu menit penuh, Bence berteriak ketika pencatat waktu mengonfirmasi rekor dunia barunya. 

Seperti disebutkan sebelumnya, rekor ini sebelumnya dipegang oleh Florian Kohler. Bahkan, Florian sudah beberapa kali memecahkan rekor tersebut. Dirinya pertama kali melakukannya trik tersebut pada 2017 dengan catatan waktu 23,53 detik, lalu setahun kemudian berhasil mencatatkan waktu 27,28 detik. 

Tiga tahun berlalu sebelum dia memecahkan rekornya lagi, menetapkan waktu baru yang mencengangkan menjadi 42,20 detik, yang kini telah dilampaui Bence hampir lima detik.

Menurut Florian, teknik memutar bola biliar cukup sederhana. "Anda harus memilih satu sisi (dari bola putih)," katanya.

"Triknya adalah jangan memukulnya terlalu keras karena Anda akan salah arah dan jika Anda memukulnya terlalu keras di tengah maka putarannya tidak akan cukup," ucapnya kembali. Dalam hal posisi tubuh, sarannya adalah, "sejajarkan dengan meja dan ikuti."

3 dari 4 halaman

Juara Dunia Biliar Ini Malah Tidur di Pertandingan, Ngantuk Berat

Berbicara mengenai biliar, momen turnamen atau perlombaan merupakan hal yang penting. Itulah mengapa sebelum pertandingan akan selalu disiapkan dengan berbagai latihan. Menang ataupun kalah akan ditentukan pada seberapa baik dalam berlomba.

Namun hal buruk bisa saja terjadi tanpa disadari. Sebagaimana nasib pahit yang menimpa pemain biliar profesional yang malah tertidur di pertandingan. 

Dialah Mark James Williams, seorang pemain biliar profesional kelahiran Inggris. Di negara asalnya, biliar ini dijuluki dengan snooker yang memang peralatannya mirip dengan bermain biliar. Bedanya hanya pada peraturan yang diterapkan. 

Pemain biliar dunia nomor sembilan ini kalah dari lawan mainnya dengan skor 6-5 dari Anthony Hamilton dari Inggris pada putaran kedua di York. Ia kalah setelah 3 kali memenangkan juara dunia biliar pada tahun 2000, 2003, dan 2018. Keberuntungan tidak berpihak padanya setelah masa pandemi Covid-19, kejuaraan tahun ini. 

 

Baca selengkapnya di sini... 

4 dari 4 halaman

7 Potret Nyeleneh Orang Main Biliar Ini Malah Bikin Melongo

Selain itu, bola sodok atau kerap disebut biliar, menjadi salah satu permainan yang cukup populer. Permainan ini kerap dilakukan oleh anak muda hingga orang dewasa. Selain itu, biliar pun turut dipertandingkan dalam ajang bergengsi dari Pekan Olahraga Nasional hingga level dunia.

Menikmati olahraga biliar, sampai saat ini masih mudah untuk ditemui di berbagai arena rental meja biliar. Bahkan di sebuah kafe, tidak jarang yang menyediakan fasilitas meja biliar ini.

Terkadang saat bermain biliar, sesekali terjadi kejadian nyeleneh. Seperti bola yang melayang hingga meleset saat memukul. Kejadian seperti ini memang cukup lumrah. Namun ada kalanya para pemain biliar ini melakukan aksi nyeleneh.

Seperti bermain biliar sambil naik kuda, hingga mengganti bolanya dengan telur. Berikut 7 potret nyeleneh orang main biliar yang Liputan6.com kutip dari berbagai sumber. 

Baca selengkapnya di sini... 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini