Sukses

8 Hewan Berbahaya di Asia, ada Komodo Asal Indonesia yang Gigitannya Beracun

Selain tempat yang beragam, Asia juga terkenal dengan hewan-hewannya yang sangat ganas. Berikut ini di antaranya, ada yang berasal dari Indonesia yakni komodo.

Liputan6.com, Jakarta - Asia dikenal sebagai salah satu daratan terpadat dan terbesar di dunia.

Asia meliputi wilayah utara dan timur Bumi, yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia dengan titik rendah & tinggi di sekitar wilayah Bumi.

Sejumlah negara yang merupakan bagian dari kawasan Asia di antaranya India, Jepang, Indonesia, Korea, China, Singapura, dan sebagian kawasan Timur Tengah.

Asia umumnya memiliki lingkungan yang kering dengan batas iklim terbesar di wilayah barat, dan di wilayah selatan, serta timur, di kawasan ini badai hujan paling berpengaruh.

Berbagai jenis habitat juga ditemukan di wilayah Asia seperti wilayah metro, pegunungan dan perbukitan, hutan yang sangat lebat, menyiratkan kehidupan di alam Asia juga sangat beragam.

Selain tempat yang beragam, Asia juga disebut terkenal dengan hewan-hewannya yang sangat ganas, oleh sebab itu, berikut ulasan 8 hewan berbahaya di Asia versi animalsaroundtheglobe.com, yang dikutip Senin (8/5/2023), salah satunya komodo dari Indonesia:

1. Gajah Asia

Berdiri setinggi hampir 3 meter, dan beratnya mencapai hampir 8 ton, gajah adalah makhluk terbesar kedua di darat. Meskipun ukurannya sangat besar, gajah pada dasarnya pemalu dan dapat menghindari pertikaian dengan manusia.

Bagaimanapun, ada dua keadaan di mana gajah sebaiknya dibiarkan sendiri, dan kapan harus bersama anaknya.

Gajah jantan yang tumbuh subur mengalami perubahan hormonal sesekali yang disebut musth. Saat mengalami musth, gajah jantan mungkin membutuhkan kadar testosteron berkali-kali lipat dari biasanya.

Pada titik ini, gajah jantan bisa menjadi sangat agresif terhadap segala hal mulai dari gajah lain hingga benda dan manusia yang membosankan. Gajah betina juga bisa menjadi berbahaya setelah merasa anak-anaknya terancam.

Saat mengejar, gajah India akan memutar belalainya dan menginjak korbannya menggunakan kaki atau lututnya. Gajah jantan juga akan memusnahkan musuh dengan gadingnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Buaya

Asia adalah rumah bagi bermacam-macam buaya, mulai dari gharial si pemakan ikan hingga yang paling mematikan, buaya air asin atau muara. Hanya dengan melihatnya, reptil ini sudah terlihat sebagai makhluk yang sepertinya tak layak diajak bermain.

Hewan ini adalah reptil terbaik di dunia dan tidak banyak berubah sejak masa lalu.

Buaya memiliki kekuatan menggigit yang tercatat berkali-kali lipat dari hiu putih besar yang luar biasa. Buaya bukanlah pemakan khusus, mereka akan memakan hampir semua hal yang datang ke arah mereka. Cara berburu buaya secara besar-besaran termasuk menyergap mangsanya dengan berdiri di bawah permukaan atau mungkin di luar air.

Dari sini, mereka menyerang dengan kecepatan kilat yang menutup rahang mereka dan menyeret korban ke dalam air hingga mati lemas.

3. Tawon Raksasa Asia

Tawon Raksasa Asia atau disebut lebah 'yak algojo', berukuran super, dan memiliki panjang lebih dari 5 cm, serta memiliki sengatan sepanjang 1/4 inci (6mm). Namun, bukan hanya ukurannya yang membuatnya berbahaya, racun dari lebah Asian Goliath juga kuat, mengandung kombinasi sitotoksin dan neurotoksin.

Zat ini pertama kali akan menyebabkan kerusakan dan penderitaan jaringan, dengan seorang ilmuwan menggambarkan perasaan itu sebagai "seperti paku panas yang ditancapkan ke kaki saya" katanya.

Racun lainnya (mandaratoxin) mungkin mematikan dalam porsi yang cukup tinggi, yang tidak hanya berarti Anda hipersensitif terhadap sengatan tawon.

Di Jepang saja, 30 hingga 40 individu per tahun terbunuh oleh sengatan serangga monster ini. Yang menjadikan mereka makhluk paling mematikan di Jepang. Di China, ceritanya sebanding dengan lebih dari 40 kematian di wilayah Shaanxi tepat dalam tiga bulan.

3 dari 4 halaman

4. Sloth Bear

Meskipun memiliki penampilan yang lucu, cara berjalan yang canggung, dan pola makan yang sebagian besar terdiri dari serangga, Melursus ursinus adalah salah satu makhluk Asia yang paling ditakuti. Banyak harimau akan memberi mereka kompartemen yang sesuai, sementara gajah dan badak sangat membenci mereka dan dapat langsung menyerangnya.

Hewan ini memiliki tinggi 2 meter saat berdiri, beruang sloth bobotnya bisa mencapai 200 kg untuk pejantan. Mereka dilengkapi dengan cakar yang sangat panjang, kokoh, dan berbentuk sabit, yang gunakan untuk menggali sarang rayap.

Selain itu, untuk alasan yang tidak diketahui, makhluk-makhluk ini tampaknya memiliki kebencian tertentu terhadap manusia, dan diperkirakan ada sekitar satu serangan setiap minggu di India.

5. Harimau Bengal 

Harimau, untuk sementara waktu, dipuja sebagai pemangsa ulung. Harimau Bengal adalah hewan yang terbesar dari kelompok bersisik dengan berat 390 kg, dan panjang sekitar 3,9 m. Dan memiliki gigi yang besar-besar.

Strategi berburu standar harimau adalah menebas korban dengan giginya kemudian mencekiknya. Ukuran mangsa dapat berkisar dari babi hutan hingga bison seberat 1 ton. 

Harimau memgang rekor membunuh lebih banyak orang daripada makhluk liar yang berevolusi tinggi lainnya. Selama tahun 1900-an, diperkirakan harimau membunuh 1.000 hewan setiap tahun di India saja.

6. Ular 

Meskipun Australia merupakan rumah bagi ular unik di Bumi, hanya beberapa kematian yang terjadi secara sistematis.

Cerita ini sangat berbeda di Asia, dengan jangkauan 15.000 dan 60.000 meter ada saja laporan gigitan ular. Sebagian besar terjadi di India, meskipun Sri Lanka sangat terdampak oleh banyaknya jalur pejalan kaki.

Jenis ular kobra rata-rata yang tercatat menjadi penyerang, memiliki konduktor saraf yang dalam dan dapat berakibat fatal jika digigit. Banyak sekali ular kobra ditemukan di Asia tenggara, dam merek adalah ular unik di bumi.

4 dari 4 halaman

7. Komodo, Indonesia

Hewan komodo merupakan reptil raksasa di planet ini, hewan ini memiliki panjang 3 meter dan berat 160 kg. Mereka hidup di beberapa pulau di kepulauan Indonesia, di mana mereka termasuk dalam kelompok hewan yang dilindungi. Kebiasaan makan mereka mencakup semua yang ditemukan di pulau itu.

Tidak adanya pemburu, memungkinkan mereka menjadi pemburu terampil seperti saat ini. Berbekal kaki yang kokoh, rahang yang kuat, gigi bergerigi yang tajam, dan sisik yang terlindungi, mereka adalah makhluk yang tangguh.

Komodo mampu menelan mangsa sebesar bison air. Mereka tidak menggunakan ukuran tubuh dan kemampuannya untuk melakukannya. Sebaliknya, mereka menggunakan keunggulan absolut mereka, mulut yang penuh dengan mikroorganisme.

Reptil ini mengigit mangsanya satu kali, setelah itu ia dapat mundur ke tempat yang aman dan beristirahat menunggu mangsa mati. Komodo merupakan hewan beracun. 

8. Badak India

Badak adalah reservoir dunia biologis, badan besar, berat, kokoh, dan kulitnya berlapis, cocok untuk menghadapi serangan besar. Badak India menempati urutan kelima makhluk darat terbesar di Bumi.

Badak jantan dewasa dapat memiliki berat berton-ton dan tinggi bahu lebih dari 2 meter.

Mereka bukan makhluk lambat meski tubuhnya besar, bisa melaju dengan kecepatan tertinggi 35 mph (hampir 60 km/jam).

Penglihatan yang buruk memaksa makhluk-makhluk ini untuk menyerang terlebih dahulu. Ditabrak badak India rasanya seperti ditabrak truk dengan tanduk di depan.

Sayangnya bagi badak, mereka terancam oleh manusia. Tanduk mereka dianggap berguna dalam pengobatan Tiongkok, untuk obat rematik. Oleh karena itu, mereka sekarang menjadi spesies yang terancam punah dengan jumlah hingga dua atau tiga ribu individu di India utara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.