Sukses

2 Pakaian Mewah Putri Kim Jong Un yang Jadi Sorotan, Ada yang Harganya Rp27 Juta

Akhir-akhir ini Kim Jong Ae putri Kim Jong Un banyak dibicarakan oleh media, lokal maupun internasional. Pakaian mewahnya mendapat banyak kritikan, lantaran tidak sesuai dengan kondisi masyarakatnya yang melarat.

Liputan6.com, Pyongyang - Kemunculan putri Kim Jong Un berbalut pakaian mewah di acara peluncuran rudal Maret lalu jadi sorotan. Belakangan kehadirannya pun tak kalah menuai sensasi, gara-garanya mengenakan pakaian yang harganya fantastis.

Gaya hidup mewah dari keluarga sang pemimpin Korea Utara itu memang sering menjadi sorotan media. Namun, Kim Ju Ae yang akhir-akhir ini semakin sering dibincangkan.

Awal-awal kemunculan Kim Ju Ae di televisi Korea Utara, warga setempat melihatnya berpenampilan sederhana. Namun, semakin sering ia tampil, pakaiannya kian terlihat lebih glamor dan mewah.

Hal ini menimbulkan kontroversi lantaran penampilannya tersebut dianggap tidak sesuai dengan keadaan rakyatnya yang bahkan kesulitan untuk bertahan hidup.

Seperti apa pakaian mewah Kim Ju Ae yang sempat tertangkap kamera dan jadi sorotan serta berapa harganya? Berikut ini ulasannya, melansir dari beberapa sumber, Kamis (27/4/2023):

1. Jaket Dior Seharga Rp27,9 juta

Kim Ju Ae terlihat mengenakan jaket hitam bermerek terkenal Christian Dior yang diketahui senilai 1.900 US dolar atau setara 27,9 juta rupiah (kurs saat ini US$1: Rp 14.704).

Jaket mewah ini dikenakan saat ia sedang berada di Bandara Internasional Pyongyang untuk menyaksikan peluncuran rudal balistik antarbenua (ICBM) pada Kamis 16 Maret lalu.

Kim Ju Ae nampak bersama ayahnya, Kim Jong Un.

Gadis berusia 11 tahun itu menyita perhatian banyak orang dengan penampilan mewahnya itu.

The Telegraph menyebut bahwa selera mewah gadis remaja itu diturunkan dari sang ayah.

Berita jaket Dior ini muncul di tengah laporan terbaru bahwa Korea Utara menghadapi kekurangan pangan yang parah dan masyarakatnya berada di ambang kelaparan, melansir The Daily.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Blus Putih

Kim Ju Ae pernah mengenakan baju blus putih yang juga terlihat mewah sewaktu ia mengunjungi National Aerospace Development Administration pada 18 April 2023.

Radio Free Asia (RFA) berusaha mengidentifikasi blus yang dikenakan gadis itu dan menemukan baju yang sama di situs YESSTYLE di Hong Kong. 

Diketahui bahwa harga baju itu adalah 21 US dolar atau setara 308 ribu rupiah (US$1: Rp 14.704).

Namun, pihak YESSTYLE tidak dapat mengonfirmasi bahwa baju itu benar dibeli dari toko mereka. Selain itu, pihaknya juga mengaku tidak melakukan pengiriman ke Korea Utara.

Kendati demikian baju itu juga muncul di situs Alibaba dan bisa dikirim ke berbagai lokasi dengan ALIEXPRESS.

Beberapa orang mengatakan pakaian modis Kim Ju Ae adalah pakaian desainer mahal, tetapi RFA menyebut bahwa harga baju itu relatif murah menurut standar sebagian besar negara maju. 

Namun, melihat dari kondisi masyarakat di Korea Utara yang bahkan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, blus putih itu dapat dikategorikan mahal.

3 dari 3 halaman

Mengintip Kompleks Apartemen Mewah Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Berapa Harganya?

Tak hanya penampilan mewah saja sang putri yang disorot, sebelumnya tempat tinggal mewah berupa sebuah kompleks apartemen milik sang ayah, Kim Jong Un juga mencuri perhatian.

Dengan kepemimpinannya di Korea Utara, Kim Jong-un kerap menjadi sorotan, termasuk properti yang dimilikinya. 

Menurut seorang sumber di Korea Utara, terdapat sebuah kompleks apartemen mewah baru yang dibangun di atas bekas kediaman pendiri Korea Utara, Kim Il Sung. 

Sejumlah warga di Korea Utara menyebut kompleks apartemen tersebut sebagai bentuk modernisasi di masa pemerintahan Kim Jong-un.

"Rumah-rumah bertingkat sedang dibangun di tepi Sungai Potong, dan mereka disebut-sebut sebagai contoh pembangunan modern di era Kim Jong Un," kata seorang warga Pyongyang pada 20 Oktober, dikutip dari laman Radio Free Asia, Jumat (17/12/2021).

Apartemen tepi sungai yang baru dibangun di atas bekas kediaman Kim Il Sung ini, telah ada sejak tahun 1950-an hingga 1970-an.

Baca selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini