Sukses

Ucapan Selamat Lebaran 2023 dari Duta Besar Negara Paling Bahagia Sedunia Finlandia

Duta Besar Finlandia untuk Indonesia Pekka Kaihilahti memberikan ucapan selamat Lebaran Idul Fitri 2023 dan Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Masih dalam suasana Lebaran, Duta Besar Finlandia untuk Indonesia Pekka Kaihilahti tak ketinggalan mengucapkan salam Idul Fitri kepada Liputan6.com.

"Selamat Lebaran kepada sahabat Liputan6.com," ucap Dubes Pekka Kaihilahti dalam sebuah tayangan video singkat.

Untuk diketahui, menurut situs Statista, ada 22 ribu umat Muslim di Finlandia per 2022. 

Finlandia memiliki reputasi yang cemerlang di dunia terkait pendidikan, termasuk di Indonesia. Ini tak terlepas dari kualitas pendidikannya yang luar biasa dan warganya yang bahagia. 

Pada World Happiness Report 2023, Finlandia meraih predikat negara paling bahagia selama enam tahun berturut-turut. Rakyat Finlandia dinilai paling merasa puas dengan kehidupan yang mereka jalani. Kebahagiaan di Finlandia mengalahkan Denmark yang terkenal dengan kultur hygge.

Citra Finlandia: Keadilan Sosial, Lingkungan, dan Integritas Pemerintah 

Kedutaan Besar Finlandia juga menyorot semakin baiknya reputasi negara Finlandia di dunia internasional. Pemerintahan dan lingkungan yang baik dianggap sebagai penyokong reputasi positif Finlandia. 

"Studi-studi citra negara terbesar, Anholt-Ipsos Nation Brands Index dan Brand Finance Global Soft Power Index, keduanya menunjukkan bahwa Finlandia adalah nama top global terkait opini masyarakat tentang masalah-masalah lingkungan, kedua memeringkat Finlandia di nomor empat," tulis laporan di situs resmi Kedubes Finlandia.

Pihak Kedubes juga menyorot bahwa studi-studi citra negara memberikan "gambaran konsisten tentang pemerintahan yang baik, fungsionalitas dan kualitas kehidupan sebagai kekuatan dari citra Finlandia."

Finlandia pun mendapatkan skor tinggi di kesetaraan, keadilan sosial, kompetensi dan integritas pemerintah, kepercayaan di media, sistem edukasi, keamanan, dan stabilitas.

"Kebahagiaan adalah bagian penting dari citra Finlandia," tulis pihak Kedubes. 

Pekerjaan rumah yang sedang dikerjakan Finlandia adalah agar kultur mereka semakin populer, sebab saat ini masih kurang dikenal di dunia. Peningkatan pun masih terus dilakukan Finlandia terkait hal ini.

Dan berikut video ucapan Lebaran 2023 dari Duta Besar Finlandia untuk Indonesia Pekka Kaihilahti:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.