Sukses

Update Daftar 29 Negara yang Sudah Evakuasi Warga dari Konflik Sudan

Berikut ini update daftar negara yang telah mengevakuasi warganya dari konflik Sudan, berdasarkan informasi yang tersedia sejauh ini.

Liputan6.com, Khartoum - Karena pertempuran yang terus berlanjut menimbulkan kekhawatiran bahwa Sudan dapat terjerumus lebih dalam ke dalam kekacauan, pemerintah asing berebut untuk mengeluarkan diplomat dan warga negaranya dengan selamat. Mengirimkan bala bantuan berupa pesawat untuk mengangkut mereka keluar dari negara yang tengah dilanda perang saudara.

Sebagian besar negara mengerahkan pesawat angkut militer untuk menerbangkan orang, termasuk Prancis yang menggunakan pangkalan udaranya di negara tetangga Djibouti untuk pengangkutan udara. Tapi tidak semuanya berjalan lancar – sekitar 2.000 warga negara Inggris tetap tinggal di Sudan, dan banyak yang mengeluh bahwa pemerintah mereka tidak memberi mereka cukup informasi tentang rencana evakuasi.

Sejumlah proses evakuasi diketahui melibatkan orang-orang dari berbagai negara.

Proses evakuasi berjibaku dengan waktu saat gencatan senjata selama 72 jam sejak Senin 24 April malam.

Keadaan tenang terpantau di ibu kota Sudan, Khartoum. Gencatan senjata ini dimulai antara Angkatan Bersenjata Sudan (SAF) dan Pasukan Dukungan Cepat (RSF) paramiliter, dikutip dari laman BBC.

Berikut ini update daftar negara yang telah mengevakuasi warganya dari Sudan, berdasarkan informasi yang tersedia sejauh ini, mengutip Associated Press dan sejumlah sumber, Rabu (26/4/2023):

1. Indonesia

Menurut informasi Kemlu RI, otoritas Indonesia telah melakukan evakuasi tahap II dari konflik Sudan.

Evakuasi pertama dengan memindahkan warganya terlebih dahulu ke Jeddah, sebelum akhirnya tiba di Tanah Air. Ada 542 WNI sedang dalam perjalanan laut dari Port Sudan menuju Jeddah.

Sementara dalam evakuasi tahap II, kabarnya tengah berlangsung dari Khartoum ke Port Sudan terlebih dahulu.

2. Amerika Serikat

Penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan mengatakan pada hari Senin bahwa Washington telah mulai memfasilitasi keberangkatan darat warga negara AS yang ingin meninggalkan Sudan dengan menggunakan aset intelijen, pengawasan dan pengintaian.

Sebelumnya, pemerintah AS memberi tahu sekitar 16.000 warga AS di Sudan bahwa mereka harus berjuang sendiri dan tidak akan ada evakuasi massal. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Inggris

Sekitar 1.200 tentara Inggris yang menjadi bagian dari operasi militer dari pangkalan udara utama Inggris di Pulau Siprus di Mediterania timur membantu mengevakuasi sekitar 30 staf diplomatik Inggris dan keluarga mereka keluar dari Sudan.

Pengaturan sedang dilakukan untuk menerbangkan para pengungsi pulang dari Siprus. Menteri Inggris untuk Afrika, Andrew Mitchell, mengatakan sekitar 2.000 warga Inggris yang masih berada di Sudan telah mendaftar ke kedutaan dan bahwa "perencanaan intensif" sedang dilakukan untuk "serangkaian kemungkinan evakuasi."

4. Prancis

Para pejabat mengatakan Prancis telah mengevakuasi 491 orang, termasuk warga negara dari 36 negara, dalam penerbangan ke Djibouti di Tanduk Afrika terdekat. Mereka termasuk 23 warga negara Sudan yang merupakan anggota keluarga atau memiliki hubungan lain dengan orang asing yang dievakuasi dan 38 warga negara Niger.

36 lainnya adalah warga negara Irlandia dan sembilan orang Amerika. Lainnya termasuk tiga orang yang terluka, duta besar Jerman dan beberapa duta besar asing lainnya.

5. Jerman

Empat pesawat angkut militer Jerman menerbangkan lebih dari 400 orang dari Sudan ke Yordania dari mana mereka akan menuju ke negara asal mereka. Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock mengatakan negaranya telah mengevakuasi warga dari 20 negara selain negaranya sendiri, dan akan berusaha untuk terus melakukannya, bahkan jika berakhirnya gencatan senjata pada Senin dapat memperumit situasi. Pemerintah Austria mengatakan 27 orang di antaranya adalah warga negara Austria.

6. Kanada

Menteri luar negeri Kanada, Melanie Joly, mengatakan Ottawa bekerja sama dengan "negara-negara yang berpikiran sama" untuk membantu setidaknya 1.600 warga negara yang secara resmi terdaftar di Sudan melarikan diri dari negara tersebut. Kanada menangguhkan layanan konsuler di Sudan pada Minggu 23 April, mengatakan diplomat Kanada akan "sementara bekerja dari lokasi yang aman di luar negeri."

3 dari 4 halaman

7. Italia

Pesawat angkut C-130 Angkatan Udara Italia mengangkut sekitar 200 orang dari bandara Khartoum pada Minggu 23 April malam dan menerbangkannya ke Djibouti. Menteri Luar Negeri Italia Antonio Tajani mengatakan mereka termasuk 140 orang Italia, beberapa orang Swiss, orang Eropa lainnya dan personel dari kedutaan Vatikan di Khartoum.

8. Spanyol

Spanyol mengatakan telah mengevakuasi sekitar 172 orang dari ibu kota Sudan ke Djibouti sejauh ini, termasuk 34 warga negara Spanyol dan warga Argentina, Kolombia, Irlandia, Italia, Meksiko, Portugal, dan Polandia.

9 dan 10. Swedia dan Denmark

Swedia mengatakan 25 staf kedutaannya dan keluarga mereka termasuk di antara 388 orang yang diterbangkan pesawat Prancis ke Djibouti. Denmark mengatakan 15 warganya termasuk di antara kelompok itu.

11. Swiss

Kementerian Luar Negeri Swiss mengatakan pasukan Prancis telah mengevakuasi 12 warga negara Swiss ke Djibouti dan Mesir.

12. Finlandia

Menteri Luar Negeri Finlandia Pekka Haavisto mengatakan via twit bahwa 10 warga Finlandia, termasuk anak-anak, telah dievakuasi dari Khartoum. Dia mengatakan upaya sedang dilakukan untuk mengevakuasi orang lain yang masih berada di ibu kota Sudan.

13. Norwegia

Duta Besar Norwegia untuk Sudan Endre Stiansen telah men-twit bahwa dia dan dua rekannya berada "di tempat yang aman" di luar Sudan.

14. Polandia

Kementerian Luar Negeri Polandia mengatakan 11 warga Polandia – termasuk duta besar untuk Sudan, staf diplomatik dan warga negara – telah dievakuasi sebagai bagian dari upaya Prancis dan Spanyol.

15. Belanda

Sepasang pesawat Hercules C-130 angkatan udara Belanda telah terbang dari Sudan ke Yordania pada Senin 24 April, membawa sejumlah orang Belanda dan pengungsi lainnya yang dirahasiakan. Menteri Pertahanan Kajsa Ollongren mengatakan dalam sebuah tweet bahwa lebih banyak penerbangan telah direncanakan “bekerja sama erat dengan para mitra.”

16.Bulgaria

Kementerian Luar Negeri Bulgaria mengatakan 21 warga negara Bulgaria telah dievakuasi melalui darat ke Mesir atau melalui udara ke Eropa.

4 dari 4 halaman

17. Turki

Pemerintah Turki mengatakan sedang mengevakuasi "ratusan" warganya melalui darat ke Ethiopia, dari mana mereka dijadwalkan akan diterbangkan ke Istanbul.

18. Yunani

Kementerian Luar Negeri Yunani mengatakan 15 warga negara Yunani dan anggota keluarga mereka telah dievakuasi ke Djibouti dengan bantuan Italia.

19. Jepang

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan delapan orang Jepang, termasuk pejabat kedutaan dan keluarga mereka, diterbangkan dari pangkalan udara di Khartoum utara oleh militer Prancis. Pasukan pertahanan Jepang telah mengevakuasi 45 orang lainnya ke Djibouti terdekat.

20. Afrika Selatan

Pemerintah Afrika Selatan mengatakan sedikitnya 77 warga negara Afrika Selatan, termasuk staf kedutaan, sedang dalam perjalanan keluar dari ibu kota Sudan.

21. Kenya

Kementerian Luar Negeri Kenya mengatakan 29 pelajar Kenya telah menyeberang ke Ethiopia dan sedang dalam perjalanan ke Nairobi, sementara angkatan udara memiliki pesawat angkut yang siap menerbangkan 18 pelajar yang sekarang dalam perjalanan menuju perbatasan Sudan Selatan. Dua pesawat lainnya diperkirakan akan mengangkut 300-400 warga Kenya ke Jeddah.

22. Palestina

Kementerian Luar Negeri dan Ekspatriat Palestina mengatakan sekitar 72 warga Palestina telah pindah ke Port Sudan, sementara konvoi kendaraan membawa sekitar 200 warga Palestina ke Mesir.

23. Korea Selatan

Korea Selatan mengatakan sebuah bus yang mengangkut sedikitnya 28 warga negaranya, termasuk staf kedutaan, telah memasuki bandara internasional Port Sudan di mana sebuah pesawat militer Korea Selatan menunggu untuk menerbangkan mereka ke Jeddah, Arab Saudi.

24. Yordania

Sekitar 343 warga negara Yordania yang dievakuasi dari Port Sudan tiba di bandara militer Amman dengan empat pesawat angkut.

25. Mesir

Kantor berita MENA milik pemerintah Mesir mengatakan negara itu mendesak lebih dari 10.000 warga Mesir di Sudan untuk menuju ke Port Sudan dan Wadi Halfa di utara untuk evakuasi. Bus yang membawa sejumlah warga Mesir yang dirahasiakan menyeberang ke Mesir dari perbatasan Arqin pada hari Senin.

26. Austria

Pemerintah Austria mengatakan 27 warga negara Austria dievakuasi bersama dengan pihak Jerman.

27 dan 28. Hungaria dan Rumania

Hungaria dan Rumania mengatakan warganya telah dievakuasi dengan bantuan asing.

29. Uni Eropa

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan bahwa lebih dari 1.000 warga Uni Eropa telah dievakuasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini