Sukses

Sekjen NATO Ungkap Semua Negara Anggota Sepakat Ukraina Bergabung

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan negara-negara telah sepakat Kyiv akan bergabung dengan aliansi militer ketika perang dengan Rusia berakhir.

Liputan6.com, Kyiv - Sekretaris Jenderal (Sekjen) NATO Jens Stoltenberg mengatakan semua negara anggota telah sepakat bahwa Ukraina pada akhirnya akan bergabung dengan aliansi militer transatlantik setelah perang usai, menjelang pertemuan menteri pertahanan barat membahas bantuan militer lebih lanjut untuk Kyiv.

Pengumuman lebih lanjut tentang senjata dan dukungan itu diperkirakan terjadi setelah pertemuan puncak di pangkalan udara Ramstein di Jerman, tetapi Stoltenberg juga terdengar sangat optimis tentang prospek jangka panjang Ukraina untuk bergabung dengan NATO.

"Semua sekutu NATO telah sepakat bahwa Ukraina akan menjadi anggota," katanya. "Presiden Zelensky memiliki ekspektasi yang sangat jelas, kami membahas ini."

"Hal soal keanggotaan dan juga jaminan keamanan, tentunya Ukraina butuh keamanan. Karena tidak ada yang tahu kapan dan bagaimana perang ini berakhir. Tapi yang kami tahu adalah bahwa ketika perang berakhir, kami perlu memastikan bahwa sejarah tidak terulang kembali."

Keanggotaan NATO, yang membawa komitmen dari semua negara anggota untuk saling melindungi jika diserang, telah lama menjadi tuntutan dari Kyiv. Meskipun NATO pada prinsipnya setuju pada 2008 bahwa Ukraina dapat diizinkan untuk bergabung, negara tersebut tidak pernah diberikan jalur resmi untuk menjadi anggota.

Pecahnya pertempuran dengan Rusia yang dimulai pada 2014, juga telah bertindak sebagai pencegah lebih lanjut bagi anggota NATO karena keanggotaan langsung untuk Ukraina akan menyebabkan konflik langsung dengan Moskow yang bersenjata nuklir, yang telah dijelaskan oleh Amerika Serikat (AS) dan negara-negara anggota lainnya yang tidak akan mereka renungkan.

Zelensky dijadwalkan untuk menghadiri KTT tahunan NATO berikutnya di Vilinus, Lituania, pada Juli mendatang. Namun, pejabat Ukraina mengatakan mereka ingin aliansi tersebut menyetujui peta jalan untuk keanggotaan sebagai syarat kehadirannya. Kyiv mengajukan keanggotaan yang dipercepat September 2022.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Respons dari Menteri Pertahanan

Stoltenberg telah melakukan perjalanan ke Kyiv pada Kamis, 20 April 2023. Itu merupakan pertama kali kepala NATO mengunjungi negara itu sejak dimulainya perang, di mana ia mengatakan aliansi harus memastikan Ukraina "menang" dalam pertempuran. Pernyataannya yang baru menunjukkan kesediaan untuk memajukan kasus Ukraina untuk bergabung.

Namun, satu anggota kunci memperingatkan terhadap perkembangan yang cepat. Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius mengatakan dalam wawancara Kamis malam di televisi Jerman, "Pintunya terbuka sedikit, tapi ini bukan waktunya untuk memutuskan sekarang."

Menteri pertahanan dan perwakilan lainnya dari 50 negara menghadiri pertemuan di Ramstein. Setelah itu, Lloyd Austin, menteri pertahanan AS, mengatakan bahwa "yang paling dibutuhkan Ukraina adalah seputar kemampuan pertahanan udara berbasis" untuk melindungi rakyatnya, infrastruktur, dan pasukan garis depan.

Komentarnya tampaknya cocok dengan peringatan di salah satu fail Pentagon yang baru-baru ini bocor bahwa Ukraina akan meluncurkan rudal untuk sistem pertahanan udara S-300, yang melindungi kota dan infrastruktur, pada 2 Mei nanti. Rudal lain untuk sistem Buk digunakan untuk melindungi pasukan sudah habis, katanya.

Hadir pula Menteri Pertahanan Ukraina Oleskii Reznikov yang mengatakan bahwa negaranya telah menerima begitu banyak sumbangan dari NATO dan negara-negara barat lainnya sehingga negaranya "sudah menjadi bagian dari ruang keamanan Aliansi". Ia menambahkan, ia berharap ini akan mempercepat masuknya Ukraina sepenuhnya ke NATO.

Negara-negara Uni Eropa (UE) sedang tawar-menawar tentang bagaimana memenuhi janji untuk memasok Ukraina dengan amunisi, menyusul kritik dari Kyiv bahwa penundaan memakan korban jiwa. Prancis, yang didukung oleh Yunani dan Siprus, mendesak untuk memastikan bahwa rencana UE untuk membeli amunisi €1 miliar (sekitar Rp16 triliun) untuk Ukraina dipenuhi melalui rantai pasokan UE sepenuhnya.

3 dari 4 halaman

Ukraina Kritik UE Akibat Tidak Memenuhi Janji

Pada Kamis, 20 April 2023, pemerintah Ukraina mengkritik UE atas "ketidakmampuannya" memenuhi janji untuk memasok amunisi yang sangat dibutuhkan.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba, yang terdengar jengkel terhadap blok tersebut, mengatakan ketidakmampuan UE untuk menerapkan keputusannya sendiri membuat frustrasi.

"Untuk Ukraina, biaya kelambanan diukur dalam nyawa manusia," katanya.

Para menteri UE pada Maret lalu setuju untuk memasok Ukraina dengan €2 miliar (sekitar Rp33 triliun) amunisi untuk menggantikan stok yang menipis. UE membelanjakan €1 miliar untuk mengganti uang negara anggota yang mengirimkan amunisi dari pasokan mereka, sebuah proses yang sedang berlangsung.

Ia juga berjanji untuk bersama-sama membeli lebih banyak €1 miliar cangkang untuk Ukraina dari produsen senjata di UE dan Norwegia. Namun, menerjemahkan perjanjian politik itu ke dalam teks yang mengikat secara hukum telah menemui hambatan. Paris bersikeras bahwa semua komponen cangkang 155 mm harus berasal dari pemasok UE, masalah bagi perusahaan UE yang menggunakan pemasok non-UE.

Dengan para menteri luar negeri UE yang akan bertemu pada Senin, 24 April nanti, para pejabat tetap menyuarakan keyakinan bahwa perselisihan itu dapat diselesaikan dengan cepat. "Kami mendapat kesan bahwa solusi sudah dekat," kata seorang pejabat senior.

Jerman, Polandia dan Ukraina mengatakan mereka akan membuat pusat untuk memperbaiki tank Leopard yang digunakan di Ukraina, yang akan dibuka pada akhir Mei. Kanada mengatakan akan memberikan C$39 juta (Rp425 miliar) lebih lanjut dalam bentuk bantuan mematikan, termasuk senapan sniper dan radio.

4 dari 4 halaman

NATO: Rusia dan Ukraina Terlibat Perang Gesekan, Barat Harus Siap Pasok Bantuan untuk Waktu Lama

Sebelumnya, Sekjen NATO Jens Stoltenberg sempat mengklaim bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin tidak memiliki rencana bagi perdamaian di Ukraina. Karena itu, ia meminta Barat bersiap memasok bantuan untuk waktu yang lama.

Pertempuan Rusia versus Ukraina, sebut Stoltenberg, telah menjadi perang gesekan, yaitu strategi militer untuk memenangkan perang dengan melemahkan musuh sampai ke titik kehancuran.

Pertempuran sengit yang saat ini berpusat di sekitar Bakhmut, kata Stoltenberg, menunjukkan bahwa Rusia hanya bersedia mengerahkan ribuan dan ribuan tentara lagi untuk mengambil banyak korban demi keuntungan minimal.

"Presiden Putin tidak merencanakan perdamaian, dia merencanakan lebih banyak perang," ujar Stoltenberg seperti dilansir The Guardian, Kamis (23/3/2023).

Ia menambahkan bahwa Rusia meningkatkan produksi industri militer dan menjangkau rezim otoriter seperti Iran atau Korea Utara, dan lainnya untuk mencoba mendapatkan lebih banyak senjata.

Baca selebihnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.