Sukses

Seperti Indonesia, 12 Negara Ini Peringati Hari Raya Lebaran Idul Fitri Sabtu 22 April 2023

Ini daftar negara yang mengumumkan secara resmi Hari Raya Lebaran Idul Fitri pada Sabtu, 22 April 2023, karena tidak bisa melihat bulan sabit Syawal pada hari Kamis 20 April. Salah satunya Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Negara-negara Muslim di seluruh dunia mengawasi penampakan bulan sabit Syawal, dan sejumlah di antaranya belum melihat hilal tersebut pada Kamis 20 April dan mengumumkan Sabtu, 22 April 2023 sebagai hari pertama Hari Raya Idul Fitri.

Kuwait, Bahrain, Yaman, Suriah, Irak, Yordania, Lebanon, Palestina, dan Sudan telah mengkonfirmasi bahwa Kamis 20 April adalah hari terakhir Ramadhan dan Jumat 21 April akan menandai awal Syawal (Idul Fitri). Namun, India dan Pakistan telah mengumumkan bahwa Idul Fitri akan jatuh pada hari Sabtu, dan Jumat adalah hari terakhir Ramadhan.

Berikut ini daftar 13 negara yang telah mengumumkan hari Sabtu sebagai hari pertama Lebaran Idul Fitri 2023 termasuk Indonesia, mengutip Khaleej Times, Jumat (21/4/2023):

  1. Australia
  2. Brunei
  3. Indonesia
  4. Iran
  5. Jepang
  6. Libya
  7. Malaysia
  8. Maroko
  9. Oman
  10. Pakistan
  11. Filipina
  12. Singapura
  13. Thailand 

Berikut ini ulasannya:

1. Australia

Sabtu, 22 April, akan menjadi hari pertama Idul Fitri di Australia. Menurut pernyataan Dewan Fatwa Australia, keputusan tersebut didasarkan pada perhitungan astronomis yang mengindikasikan bahwa bulan sabit tidak akan terlihat pada Kamis malam.

2. Brunei

Negara berdaulat Brunei telah mengumumkan hari Sabtu sebagai hari pertama Idul Fitri. Negara itu akan menandai 22 April sebagai hari pertama Hari Raya Idul Fitri 2023 karena penampakan bulan sabit Syawal belum terbukti di negara tersebut.

Sekelompok 25 ahli astronomi dari 13 negara Arab telah bersama-sama menyatakan bahwa bulan sabit di bulan Syawal tidak dapat dilihat hari ini (20 April, Kamis) dengan mata telanjang di wilayah Arab.

3. Indonesia

Bulan Syawal tidak terlihat pada 20 April dari Indonesia, menjadikan Sabtu, 22 April, hari pertama Idul Fitri di negara itu. 

Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1444H/2023M jatuh pada hari Sabtu, 22 April 2023. Itu artinya, hari raya atau lebaran Idul Fitri jatuh pada hari Sabtu, selang sehari dari ketetepan Ormas Islam Muhammadiyah.

Penetapan ini didasarkan pada keputusan sidang isbat yang dipimpin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin No. 6, Jakarta, Kamis 20 April 2023.

Kendati demikian jemaah Muhammadiyah merayakan Idul Fitri pada Jumat 21 April.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4.Iran

Iran telah mengumumkan bahwa Sabtu, 22 April, adalah hari pertama Idul Fitri, karena penampakan bulan sabit belum dikonfirmasi.

5. Jepang

Idul Fitri akan jatuh pada hari Sabtu, 22 April, di Jepang, karena bulan tidak terlihat pada hari Kamis

6. Libya

Libya telah mengumumkan bahwa Sabtu, 22 April, adalah hari pertama Idul Fitri, karena penampakan bulan sabit belum terkonfirmasi.

7.Malaysia

Idul Fitri akan dirayakan pada hari Sabtu, 22 April di Malaysia, karena bulan sabit tidak terlihat pada hari Kamis, 20 April.

8. Maroko

Kerajaan Maroko mengumumkan bahwa Sabtu, 22 April, adalah hari Idul Fitri, karena penampakan bulan sabit tidak terbukti, setelah dilakukan upaya untuk menyelidikinya oleh lebih dari 200 komite investigasi.

 

 

3 dari 4 halaman

9. Oman

Oman telah mengumumkan Sabtu, 22 April, sebagai hari pertama Idul Fitri, setelah tidak mungkin melihat bulan sabit Syawal untuk tahun 1444 H.

Sebelumnya, Oman telah mengumumkan libur Idul Fitri untuk pegawai di lingkungan pemerintah dan swasta, mulai Kamis, 20 April hingga Senin, 24 April 2023, lapor Oman Observer.

10. Pakistan

Sabtu, 22 April, akan menjadi hari pertama Idul Fitri di Pakistan, karena tidak adanya bukti penampakan bulan sabit.

11. Filipina

Hari pertama Idul Fitri di Filipina akan jatuh pada hari Sabtu, menurut Bangsamoro Darul-Ifta’, Islamic Advisory Council of the Bangsamoro Autonomous Region in Muslim Mindanao (BARMM).

Shiek Abuhuraira Udasan, Mufti Agung wilayah Bangsamoro, mengatakan bulan sabit tidak terlihat pada Kamis.

Tim dari Darul-Ifta' dikerahkan ke berbagai lokasi di provinsi di Mindanao, termasuk Maguindanao del Norte, Tawi-Tawi, Sulu, Basilan, serta kota Cotabato dan Iligan, namun tidak ada yang memastikan melihat bulan sabit menggunakan kamera mereka. teleskop.

 

4 dari 4 halaman

12. Singapura

Umat Islam di Singapura akan merayakan Idul Fitri pada Sabtu, 22 April 2023, karena bulan sabit Syawal tidak terlihat pada Kamis.

13.Thailand

Festival Islam Idul Fitri juga akan jatuh pada hari Sabtu di Thailand, karena bulan tidak terlihat di negara tersebut pada hari Kamis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.