Sukses

Cleopatra di Dokumenter Netflix Tuai Kontroversi Akibat Warna Kulit Aktris, Ras Sang Pharaoh Jadi Sorotan

Cleopatra menjadi sorotan karena diperankan aktris kulit hitam di dokumenter terbaru Netflix.

Liputan6.com, Jakarta - Kisah Ratu Cleopatra diangkat menjadi dokumenter oleh Netflix. Dokumenter itu berjudul "Queen Cleopatra" yang merupakan bagian dari seri "African Queens".

Cleopatra diperankan oleh aktris Adele James. Sosok di balik dokumenter itu adalah Jada Pinkett Smith, istri dari Will Smith.

Kontroversi terjadi karena Adele James merupakan aktris dengan latar belakang keturunan Afrika, sehingga dinilai tidak akurat dalam memerankan Cleopatra. 

Sebagai informasi, Cleopatra merupakan keturunan Yunani. Hal itu dipertegas oleh mantan Menteri Purbakala Mesir, Zahi Hawass. 

"Cleopatra adalah orang Yunani, artinya dia pirang, bukan hitam," ujarnya seperti dilansir Egypt Independent, Senin (17/4/2023).

Sebetulnya ada lebih dari satu Cleopatra dalam sejarah. Sosok yang terkenal ini adalah Cleopatra VII (lahir 69 SM) karena kisah cintanya dengan Julius Caesar dan Mark Anthony.

Kisah ketiga tokoh itu diabadikan sastrawan Inggris William Shakespeare berjudul "The Tragedy of Antony and Cleopatra". Sejarah juga mencatat bahwa Cleopatra merupakan sosok Pharaoh yang cerdas dan paham berbagai bahasa.

Pada umumnya, sejarawan menyebut Cleopatra merupakan keturunan Eropa. Ia bahkan kemungkinan bukan orang Mesir, meski berkuasa di Sungai Nil.

Kakek moyang Cleopatra adalah Ptelomy I yang merupakan sahabat Alexander yang Agung. Setelah Alexander meninggal, Ptelomy menjadi raja di Mesir. 

"Bukti terbaiknya adalah wanita itu adalah sepertiga orang Yunani Makedonia dan seperempat orang Mesir. Tak ada ruang bagi yang lainnya, tentunya tidak untuk darah Afrika kulit hitam," tulis Oxford University Press.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Klaim Dokumenter Netflix

Dokumenter Netflix menampilkan sejumlah komentator terkait kehidupan Cleopatra. Salah satu komentator menyampaikan pandangan bahwa Cleopatra berkulit hitam. 

Aktris pemeran Cleopatra, Adele James, berkata lewat Twitter bakal memblokir pengguna yang tidak sopan. Ia berkata agar tak usah menonton bila tidak suka, atau berdiskusi saja dengan pakar. 

"Jika kamu tidak suka pemerannya jangan menonton acaranya. Atau lakukan& berkomunikasi dengan opini (pakar) yang berbeda darimu," ujarnya. 

Situs Greek City Times melaporkan bahwa 85 ribu orang mengisi petisi Change.org meminta Netflix membatalkan seri Cleopatra dengan aktris Adele James yang memiliki latar belakang Afrika. Namun, petisi itu dihapus pihak situs karena dianggap melanggar ketentuan. 

Komentar-komentar di trailer "Queen Cleopatra" juga mendapat komentar sarkastik dari para pengguna. Banyak yang sengaja memutar balik sejarah untuk tujuan humor. 

"Rahang saya terjatuh karena terpukau pada saat Cleopatra mendadak berteriak: "This! Is! Sparta!" sebelum menendang Caesar ke dalam lubang tanpa dasar. Gemetar di seluruh tubuhku. Begitu mencengangkan. Begitu berani. Begitu akurat berdasarkan sejarah! You slay gurl!" ujar seorang netizen.

3 dari 4 halaman

Sosok Adele James

Dikutip dari laman Wealthy Spy, Adele James adalah seorang aktris Inggris yang memainkan peran utama Cleopatra dalam serial kontroversial Netflix Queen Cleopatra. Ia telah bergabung dalam beberapa peran kecil dalam film dan serial televisi.

Ia juga pernah tampil di drama panggung dan setelah bertahun-tahun bekerja sebagai aktris, dia mulai menulis skenario. Aktris multitalenta ini juga melatih aktor baru dan mempersiapkan mereka untuk audisi.

Adele James lahir pada 31 Oktober 1986, di London Barat Daya. Ia dibesarkan di London dengan empat adiknya. Ibunya selalu mendukung pilihan kariernya.

Ia bersekolah di sekolah menengah setempat. Adele berada di klub drama di sekolahnya dan begitulah cara dia mengembangkan minatnya dalam berakting.

Adele lulus dari University of Bristol dan menerima gelar sarjana di bidang Drama. Ia mengikuti pelatihan di Lee Strasberg Theatre and Film Institute di New York City.

Adele James pertama kali mengembangkan minatnya dalam seni peran di sekolah menengah. Pertunjukan panggung pertamanya adalah di sekolah saat berperan sebagai pengganti Ny. Casper.

4 dari 4 halaman

Karier di Dunia Peran

Setelah itu, dia mengejar akting. Ia telah muncul di berbagai film dan serial televisi. Dia terlihat di Acceptable Damage (2019), Doctors. (2020) dan What would you do (2019). Perannya yang paling terkenal adalah sebagai Christina 'Tina' Mollet di Casualty. Ia bekerja di pertunjukan dari 25 Juli 2020 hingga 9 Oktober 2021.

Pada 2018 dia terbang ke New York selama empat bulan untuk berlatih di bawah penulis skenario dan penulis naskah Larry Alton di Lee Strasberg Theatre and Film Institute. Dia memproduksi film pendek debutnya 'Last Call' di New York. Itu dianugerahi sebagai 'Skenario Terbaik'.

Ia saat ini sedang mengerjakan berbagai proyek sebagai penulis. Acara komedinya 'The Color Brown' sedang dalam pengembangan. Dia juga sedang mengerjakan proyek lain 'III Timings' dengan Three Tables Production.

Selain itu, ia juga mengerjakan beberapa skenario film pendek. Adele telah merilis pilot komedi online 'That's What She Said'. Dia telah mengembangkan pilot televisinya sendiri untuk British Broadcaster Channel 4.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini