Sukses

Ida Dayak Dapat Hadiah Pedang Emas dari Raja Salman, Benar atau Salah?

Ida Dayak memiliki tujuan baik untuk menyembuhkan orang tanpa menuntut bayaran. Sayangnya, namanya dicatut untuk menyebar hoaks, termasuk soal Raja Salman.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Ida Dayak menjadi sorotan netizen Indonesia karena kemampuannya untuk menyembuhkan penyakit dengan metode alternatif. Wanita itu juga disukai netizen karena tidak menuntut tarif tinggi meski populer. 

Sayangnya, semakin banyak informasi hoaks mengenai Ida Dayak yang disebar oleh YouTuber yang tak bertanggung jawab. Sejumlah channel YouTube itu bahkan membawa-bawa nama keluarga kerajaan Arab Saudi.

Salah satu videonya adalah berjudul "Detik² Ida dayak Teteskn air mata saat menerima pedang emas Dari Raja Salman usai sembuhkan pangeran". 

Video dari channel Deretan Selebritis itu telah ditonton sebanyak 1,2 juta kali. 

"Ida Dayak diundang untuk mengobati Pangeran Al-Waleed bin Khaleed bin Thalal. Raja Salman bin Abdul Aziz menyambut kedatangan Ibu Ida Dayak dengan penuh hormat," demikian bunyi narasi video Deretan Selebritis, dikutip Jumat (7/4/2023).

Pangeran Al-Waleed saat ini sedang koma selama 17 tahun karena pendarahan di otak. Video itu menyebut bahwa Ida Dayak mengobati pangeran Arab itu dengan minyak bintang.

"Ida Dayak mengolesi minyak bintang beserta jogetan khasnya dan berhasil mengobati Pangeran Al-Waleed bin Khaleed bin Thalal," ujar video itu.

Foto Editan

Video-video hoaks buatan lokal seringkali menampilkan visual yang tidak terkait dengan substansinya, dilengkapi audio yang menggebu-gebu. Video Ida Dayak menerima pedang emas juga penuh foto-foto yang tidak terkait, bahkan editan. 

Foto depan dari video tersebut juga merupakan editan. Terlihat dengan jelas pihak yang membuat foto itu tampak asal menaruh logo CNBC, Vidio.com dan Kementerian Media Arab Saudi. 

Media Arab Saudi juga tidak pernah memberitakan Raja Salman menyambut atau memberikan pedang emas kepada Ida Dayak. 

Pada video lain, channel Deretan Selebritis bahkan membuat judul "Full video - ibu ida dayak keluarkan mahluk "gaib" yang bersarang di dalam tubuh pangeran Arab."

Foto yang dipakai juga editan Pangeran Arab Saudi Al-Waleed yang masih terbaring koma.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengobatan Alternatif Ida Dayak Viral, Ini Kata Dekan UI

Pengobatan alternatif seperti Ida Dayak menjadi perhatian publik. Bahkan, ini menjadi viral lantaran sempat menimbulkan kerumunan disebabkan percepatan informasi media sosial sehingga dibatalkan digelar di GOR Kostrad, Kota Depok, beberapa waktu lalu.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof Ari Fahrial Syam, mengatakan, pengobatan alternatif Ida Dayak dan melihat kerumunan yang terjadi di Gor Kostrad Kota Depok, disebabkan dua hal. Hal pertama yakni disebabkan mudahnya informasi untuk diviralkan. 

"Selain itu, tingginya kebutuhan warga untuk sembuh dari penyakitnya," kata dia kepada Liputan6.com, Kamis (6/4/2023).

Ari menjelaskan, penyebaran informasi saat ini begitu cepat, sehingga segala informasi mudah diviralkan. Berbeda dengan pengobatan alternatif, sebelum majunya teknologi informasi yang informasinya tersebar dari pergerakan masyarakat.

"Dulu informasi tersebar dari mulut ke mulut, seperti saat Ponari dikenal masyarakat, dengan batu yang dimasukkan dalam air, orang merasa lebih nyaman dan sehat ketika mengonsumsi air tersebut," jelas Ari.

Hal itu berbeda dengan fenomena Ida Dayak dengan kemajuan teknologi informasinya tersebar dan menjadi viral. Atas kemajuan informasi masyarakat mendatangi lokasi tempat praktik Ida Dayak yang tersebar di media sosial.

"Atas hal itu sehingga masyarakat berbondong-bondong datang ke sana," ucap Ari.

 

3 dari 4 halaman

Masyarakat yang Menilai

Ari menilai, fenomena tersebut menunjukkan tingginya upaya masyarakat untuk sembuh dari penyakitnya melalui segala cara, termasuk menjalani pengobatan alternatif. Masyarakat percaya bahwa terapi tradisional dapat mengatasi kondisi penyakit yang dideritanya.

"Saya rasa wajar saja keinginan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan di situ, tentu akhirnya masyarakat sendiri yang menilai, apakah ia benar mendapatkan manfaat yang dibutuhkan atau hanya manfaat plasebo atau semu saja. Jadi, itu dikembalikan lagi kepada masyarakat," kata dia.

Ari menuturkan, berdasarkan video pengobatan Ida Dayak yang beredar di media sosial, proses pengobatan dilakukan dengan cara pengurutan menggunakan minyak layaknya biasa dilakukan dalam pengobatan alternatif.

Metode tersebut sering digunakan para pengobat tradisional atau terapi alternatif untuk merelaksasi otot, misalnya pada penderita keseleo dan salah urat, pada bayi setelah selesai dimandikan, serta pada ibu hamil untuk melancarkan persalinannya.

4 dari 4 halaman

Pengobatan Alternatif

Dalam sejarah perkembangan ilmu kedokteran, dahulu pendekatan diagnosis dan terapi dilakukan dengan menggunakan kedokteran intuitif. Hal itu dilakukan para dukun, pengobat atau tabib mencoba menggunakan cara tertentu, kemudian dilihat pengalamannya saat dibagikan kepada orang lain.

Kemampuan itu kemudian dipertahankan secara turun-temurun dari orang tua atau dari nenek-moyangnya.

"Pengobatan alternatif dapat ditemui di belahan bumi manapun, di Amerika sekalipun ada saja pengobat tradisional, misalnya yang dilakukan oleh suku di Amerika Latin," tutur Ari.

Diakuinya, masih terdapat orang yang merasa lebih nyaman berobat kepada pengobat tradisional dibandingkan dokter. Atau pasien yang bolak-balik merasa tidak sembuh, pasien berusaha mencari terapi alternatif.

"Mudah-mudahan ketika dia merasa bahwa terapi yang ditawarkan ini sesuai yang diharapkan, sakitnya bisa disembuhkan," pungkas Ari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.