Sukses

Phanaeng Khas Thailand Jadi Hidangan Kari Terbaik di Dunia versi TasteAtlas

Kari Phanaeng mendapat nilai 4,8 dari 5 bintang, yang ditentukan berdasarkan teksturnya yang kental dan rasa kacang yang terasa asin sekaligus manis.

Liputan6.com, Bangkok - Hidangan kari phanaeng khas Thailand mendapat predikat sebagai hidangan kari terbaik di dunia versi Taste Atlas. 

Taste Atlas, yang berfokus pada makanan dan menampilkan ulasan serta rekomendasi dari pakar kuliner di seluruh dunia, merilis artikel pada Selasa (14/3/2023), tentang daftar 39 jenis sajian kari dari seluruh dunia yang diberi peringkat dari yang terbawah hingga yang teratas. 

Dilansir Channel News Asia, Rabu (29/3), kari Phanaeng mendapat nilai 4,8 dari 5 bintang, yang ditentukan berdasarkan teksturnya yang kental dan rasa kacang yang terasa asin sekaligus manis. Peringkat ini ditentukan oleh pengguna situs.

Menurut Taste Atlas, hidangan ini terbuat dari daging yang direbus dengan cabai kering, daun jeruk, santan, ketumbar, jinten, bawang putih, serai, bawang merah, dan kacang tanah. Kari phanaeng biasanya dimasak dengan daging sapi, ayam, atau bebek tanpa menggunakan sayuran apapun. 

Nama masakan ini berasal dari kata “panang” yang berarti salib. Ini mengacu pada cara kunonya dalam memasak, ketika posisi kaki ayam disilangkan dan diatur dalam posisi tegak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kari Jepang dan Thailand Tempati Posisi Berikutnya

Berada di urutan kedua dan ketiga dalam daftar dengan nilai 4,7 dari 5 bintang adalah kari ala Jepang dan khao soi yang berasal dari Thailand.

Jika dibandingkan kari India, kari ala Jepang tidak terlalu pedas, lebih manis, lebih gelap, dan biasanya lebih kental karena ditambahkan tepung. Jenis kari yang paling populer adalah kare raisu (kari di atas nasi) yang juga menduduki peringkat keenam dalam daftar Taste Atlas.

Kare raisu biasanya disajikan dengan acar fukujinzuke atau daun bawang Jepang di sampingnya.

Versi utama kare lainnya di Jepang termasuk kare udon (kari di atas mie) dan kare-pan (kue isi kari).

Sedangkan khao soi, hidangan khas Thailand Utara, digambarkan sebagai mie kari dengan kaldu yang sedikit pedas, dan merupakan perpaduan santan dan pasta kari merah sebagai bahan dasar hidangan tersebut. 

Masakan ini disajikan dengan mie telur pipih dan pilihan daging - biasanya ayam, sapi atau babi - dan di atasnya diberi segenggam mie goreng renyah dan daun ketumbar cincang.

Khao soi biasanya disajikan bersama berbagai bumbu seperti jeruk nipis segar, acar kol, bawang merah, dan cabai.

Hidangan lain yang menempati posisi lima teratas dalam daftar Taste Atlas termasuk paneer shahi dan butter chicken khas India, masing-masing berada di tempat keempat dan kelima.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.