Sukses

Hari Kebahagiaan Internasional: Berikut 10 Tips Sederhana untuk Bahagia Setiap Hari

Liputan6.com, Jakarta - Hari Kebahagiaan Internasional diperingati pada 20 Maret setiap tahunnya. Peringatan ini bertujuan untuk menciptakan dunia yang lebih baik dan bahagia, dengan mendorong orang-orang untuk melakukan hal sederhana yang bisa membuat bahagia

Majelis Umum PBB menetapkan Hari Kebahagiaan Internasional pada 12 Juli 2012 lantaran mengakui relevansi kebahagiaan dan kesejahteraan sebagai tujuan universal. 

Perayaan pertama Hari Kebahagiaan Internasional diadakan pada 2013 dan sejak itu digunakan sebagai cara untuk menyadari pentingnya kebahagiaan dalam kehidupan masyarakat dunia. 

Dilansir dari laman CNBCTV 18, Senin (20/3/2023), berikut adalah 10 tips sederhana untuk menjadi bahagia:

1. Bersyukur

Dalam setiap kejadian akan selalu ada hal yang patut disyukuri, sekalipun dalam masa tersulit. Untuk itu, menyadari hal baik yang terjadi pada Anda dan mensyukurinya adalah langkah pertama menuju kebahagiaan. 

2. Menjaga Kebersihan

Membersihkan rumah dan ruang kerja atau sekadar menata ulang barang-barang di kamar dapat membantu memperbaiki suasana hati. Ruangan yang bersih dan rapi akan membantu Anda berpikir lebih jernih dan memiliki suasana hati yang baik. 

 

2 dari 3 halaman

3. Merayakan Pencapaian Kecil

Tidak harus menunggu hal besar untuk menggelar perayaan. Pencapaian kecil dalam hidup Anda juga layak dirayakan. Dengan melakukannya, Anda secara tidak langsung telah menghargai usaha dan kerja keras diri sendiri. 

4. Olahraga

Olahraga baik untuk tubuh dan pikiran karena dapat membantu mengurangi stres, perasaan cemas, dan gejala depresi sekaligus meningkatkan harga diri dan kebahagiaan.

5. Tidur yang Cukup

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan setidaknya tujuh jam tidur. Istirahat yang cukup dapat membantu Anda menghilangkan kabut otak (brain fog), perasaan depresi, lesu, dan perasaan tidak bahagia lainnya.

6. Keseimbangan Pola Makan

Pilihan makanan berdampak pada pikiran Anda. Jadi, Anda bisa memilih makanan yang membuat Anda bahagia, namun ingat untuk tidak menyantapnya secara berlebihan.

3 dari 3 halaman

7. Akui Perasaan Tidak Bahagia

Jika Anda mendapat kabar buruk atau mengalami hal yang buruk, jangan pernah menghindar dan berpura-pura bahagia. Anda justru harus mengakui perasaan tersebut, merenungkannya, dan fokus terhadap hal yang bisa Anda lakukan setelahnya. 

8. Ambil Napas Dalam-dalam

Dengan hanya bernapas dalam-dalam, Anda bisa merasa lebih bahagia karena penelitian menunjukkan bahwa latihan pernapasan lambat dan pernapasan dalam dapat secara efektif membantu mengurangi stres.

9. Berada di Lingkungan yang Nyaman

Berada di lingkungan yang nyaman dapat berdampak besar pada suasana hati Anda.

10. Memaafkan

Kemarahan terhadap diri sendiri, terhadap hal-hal yang telah terjadi dalam hidup Anda atau terhadap orang lain dapat menjadi beban berat yang dapat dengan mudah dilepaskan hanya dengan memaafkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.