Sukses

The Ambassador: Alasan Kanada Jadi Destinasi Pilihan Pelajar Indonesia

Duta Besar Kanada untuk Indonesia, Nadia Burger menyadari bahwa universitas di Kanada cukup popular di kalangan pelajar Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah jadi rahasia umum bahwa Kanada merupakan salah satu destinasi pilihan favorit bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi di luar negeri.

Mengenyam pendidikan di luar negeri merupakan impian bagi banyak pelajar di Indonesia. Tak hanya untuk menimba ilmu, pelajar juga dapat bertemu dengan lingkungan, gaya hidup, dan kebudayaan baru.

Beradaptasi dan mengenal lingkungan baru bisa menjadi suatu media pembelajaran bagi para pelajar yang berkuliah di luar negeri.

"Kami mengajak pelajar Indonesia untuk mempertimbangkan mendaftar dan mengenyam pendidikan di Kanada, tentu dengan berbagai alasan," ucap Nadia Burger, Duta Besar Kanada untuk Indonesia, dalam wawancara khusus program The Ambassador Liputan6.com, Jumat (10/3/2023).

Dubes Nadia menyadari bahwa universitas di Kanada cukup popular di kalangan pelajar Indonesia. Menurutnya, melihat kualitas pendidikan di Kanada yang cukup baik, jadi memilih berkuliah di negaranya adalah pilihan yang tepat.

"Kami menyediakan institusi pendidikan dengan program dan prospek yang berkualitas tinggi," kata Nadia. 

Tak hanya kualitas pendidikan, menurut Nadia, lingkungan di sana pun dapat mendukung proses belajar para siswa.

"Di kedutaan, kami memiliki tim besar untuk mempromosikan pendidikan di Kanada," Nadia mempersilahkan kepada pelajar Indonesia yang memiliki pertanyaan seputar pendidikan Kanada untuk menghubungi pihak kedutaan.

Tim promosi juga menyediakan situs yang di dalamnya mengunggah berbagai informasi penting seputar pendidikan di Kanada yakni www.edu.canada.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kanada Tawarkan Berbagai Macam Program Pendidikan

Dalam kesempatan wawancara khusus dengan tim The Ambassador Liputan6.com, Dubes Nadia menyebut bahwa institusi pendidikan di Kanada menyediakan berbagai macam pilihan program dan kegiatan untuk memenuhi berbagai keterampilan pelajar. 

Menurutnya Kanada mempersilahkan pelajarnya untuk memilih program yang ingin diikutinya, yang tentu sesuai dengan minat dan bakat pelajar bersangkutan.

Berbicara tentang universitas favorit di Kanada, Nadia mengaku bahwa seluruh universitas di Kanada menawarkan pendidikan berkualitas tinggi. 

Menurut Nadia, universitas yang cukup terkenal di Kanada belum tentu menjadi yang paling diminati.

"Itu tergantung pada minat pelajar dan ilmu apa yang ingin mereka kuasai," ucap Nadia.

Jika ingin berkuliah di Kanada, cobalah untuk memahami terlebih dahulu minat dan bakat diri, baru setelahnya mencari universitas yang tepat dan sesuai dengan keinginan.

Banyaknya pilihan program dan universitas mungkin akan cukup membingungkan. Oleh karena itu, kedutaan menyediakan layanan konsultasi bagi mereka yang kesulitan menentukan pilihan.

"Akhir-akhir ini jurusan sains komputer sedang cukup digemari di kalangan para pelajar Indonesia," ungkap Dubes Nadia.

"Dengan menjaga kualitas pendidikan di setiap universitas, pelajar dapat lebih leluasa memilih program, mereka cukup berfokus pada keterampilan masing-masing tanpa perlu khawatir mendapatkan universitas dengan kualitas pendidikan yang lebih rendah dari universitas lainnya.

3 dari 3 halaman

Kanada Negara Multikultural hingga Program Kerja Paruh Waktu

Selain itu, Dubes Nadia mengatakan, Kanada memiliki lingkungan yang indah dan baik. "kami adalah negara multikultural," ia menekankan.

Ia juga mengatakan bahwa para siswa di Kanada, memiliki kesempatan untuk mencoba bekerja. "Dan selama studi, siswa juga memiliki pilihan untuk bekerja paruh waktu."

Menurut Dubes Nadia, "ada juga program yang memungkinkan mereka untuk tetap tinggal dan bekerja selama jangka waktu tertentu jika itu menarik bagi mereka."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.