Sukses

Gaya Granata Van Ridho Saat Jadi Caleg Parlemen Remaja 2020: Gotong Royong Hadapi Pandemi COVID-19

Selain berprestasi di bidang akademik, Granata Van Ridho juga aktif di non-akademik. Namanya viral usai mendapat beasiswa di Australia.

Liputan6.com, Jakarta - Selain berprestasi di bidang akademik, Granata Van Ridho juga aktif di non-akademik. Terbukti dari jejak digital yang menunjukkan orasi singkat siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Lampung Timur saat hendak menjadi Caleg Parlemen Remaja 2020.

Beredar di YouTube tahun 2020, Granata Van Ridho yang mengenakan pakaian serba hitam dengan peci di kepala menunjukkan upayanya agar bisa menjadi caleg parlemen remaja 2020.

Pesan yang disampaikan oleh peraih beasiswa dari dua universitas terkemuka, University of British Columbia Vancouver Canada dan University of New South Wales Sydney, Australia itu berisikan soal pandemi COVID-19.

 

"Pada akhir tahun 2019, dunia digemparkan oleh sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus yang muncul di salah satu kota di China, yakni kota Wuhan yang terletak di Provinsi Hubei. Penyakit ini diduga menyerang sistem pernapasan dan dapat mengakibatkan pneumonia, juga infeksi saluran pernapasan akut. Pada tanggal 11 Februari 2020, WHO (World Health Organization) secara resmi menamai penyakit ini dengan sebutan COVID-19. Berselang sebulan kemudian, COVID-19 mendapatkan suatu gelar yang sangat mengagetkan, yakni sebagai Bencana Global.

Andai, jika saya adalah seorang Legislator, hal yang tentunya akan saya lakukan demi mengatasi segala kekacauan ini," demikian isi pesan dari Granata Van Ridho, peraih beasiswa Australia ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Granata Van Ridho Anak Penjual Nasi Goreng Peraih Beasiswa

Granata Van Ridho, siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Lampung Timur jadi sorotan usai mendapat beasiswa dari dua universitas terkemuka, University of British Columbia Vancouver Canada dan University of New South Wales Sydney, Australia.

Beasiswa Indonesia Maju (BIM) Perpusnas 2023 jenjang S1 Luar Negeri bidang Ilmu Geologi atau Geology Science, berhasil didapatkan oleh Granata Van Ridho, yang merupakan sosok sederhana lantaran ayahnya bekerja sebagai penjual nasi goreng.

"Capaian yang luar biasa. Mudah-mudahan menginspirasi yang lainnya. Ini bukti Madrasah Mandiri Berprestasi," ujar Kakanwil Lampung Timur, Minggu, 5 Maret 2023.

Lantas apa itu Ilmu Geologi atau Geology Science?

Melansir dari laman Eee Science, geologi adalah salah satu studi ilmiah tentang bumi, termasuk proses fisik dan kimia, bahan penyusunnya yang terjadi di permukaan. Geologi merupakan bidang multi faceted yang memuat banyak bidang spesialisasi yang berbeda-beda.

Geologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi Ini merupakan salah satu definisi yang cukup sederhana untuk sesuatu yang begitu kompleks. Melansir dari laman study.com, geologi juga melibatkan serta mempelajari bahan-bahan yang membentuk bumi, fitur dan struktur yang ditemukan di bumi serta proses yang bertindak atas mereka.

Geologi adalah studi ilmiah yang juga memiliki kaitan erat dengan studi tentang sejarah, serta semua kehidupan yang pernah hidup atau hidup di bumi sekarang. Dengan mempelajari bagaimana kehidupan dan planet kita telah berubah dari waktu ke waktu adalah salah satu bagian penting dari geologi.

3 dari 3 halaman

Ada Jenis Geologi, Ilmu yang Akan Dipelajari Oleh Granata Van Ridho

Terdapat dua jenis geologi yang paling utama, yang dilansir dari laman study.com. pada umumnya geologi dibagi menjadi dua kategori diantaranya: 

1. Geologi Fisik

Melansir dari sumber yang sama, geologi fisik memiliki kaitan erat dengan studi tentang fitur fisik bumi serta proses yang bekerja pada mereka. hal ini juga termasuk 

  • Gunung berapi
  • Gempa bumi
  • Bebatuan
  • Lautan dan hampir semua fitur yang ada di bumi

2. Geologi Sejarah

Selain geologi fisik, melansir dari sumber yang sama geologi sejarah merupakan salah satu studi tentang sejarah bumi. Ahli geologi sejarah juga berfokus pada apa yang terjadi pada Bumi sejak pembentukannya. Mereka juga mempelajari perubahan dari masa ke masa dalam kehidupan sepanjang waktu. Dalam geologi sejarah, pada dasarnya dapat melakukan perjalanan kembali ke masa pembentukan bumi, yang bergerak maju melalui waktu, menyaksikan perubahan di bumi itu sendiri serta kehidupan yang ada di dalamnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.