Sukses

Ini 14 Ras Kucing Tercantik di Dunia yang Wajib Dimiliki Pecinta Hewan

14 jenis kucing ini memiliki penampilan dansifat yang sangat unik, bisa untuk jadi hewan peliharaan.

Liputan6.com, Jakarta - Kucing merupakan hewan yang unik dan sangat lucu untuk dipelihara di kehidupan sehari-hari, bahkan tiap kucing memiliki kepribadian berbeda dari jenis kucing lainnya. Entah itu kucing Rusia, Ragdoll, Persia, atau bengal, pasalnya semua sifat berbeda dari kucing lainnya. 

Jika kalian ingin memelihara kucing, dan bingung jenis apa yang harus dipelihara, berikut Liputan6.com rangkum 14 jenis ras kucing yang paling keren untuk dipelihara dan memiliki daya tarik tersendiri yang dilansir dari dailypaws.com, Minggu (26/3/2023). 

1. Bengal 

Kucing bengal ini merupakan campuran kucing rumahan dan kucing tutul macan Asia, bengal dikenal karena tubuhnya yang bintik-bintik berwarna emas cantik dan tubuhnya yang panjnag berotot. Meskipun kucing ini terlihat garang, sebenarnya bengal merypakan kucing yang sangat sosial dan penuh kasih sayang seperti hewan peliharaan lainnya.

 

2. Scottish Fold

Kucing jenis scottish fold dikatakan sebagai kucing paling menggemaskan, dan memiliki penampilan dan kepribadian yang berbeda dari kucing pada umumnya. Kucing ini dinamai scottish fold karena memiliki telinga yang terlipat seperti burung hantu, yang disebabkan karena kurangnya tulang rawan di area telinganya. Selain imut, kucing ini juga sangat penyayang dan suka bermain, tetapi kadang-kadang mereka suka keras kepala ketika apa yang mereka mau tidak bisa didapatkan.

3. Kucing Siam

Salah satu ras kucing yang paling unik lainnya adalah jenis siam, mereka mempunyai mata biru cerah, kepala segitiga, telinga besar, dan tubuh kurus, yang menjadikannya unik.

Dari segi perilaku, kucing ini cukup banyak mengeong. Selain itu kucing siam memiliki kepribadian yang sangat cerdas, dan suka bersosialisasi. Kadang juga kucing ini sering dibandingkan dengan anjing dan biasanya kedua hewan ini sering dipasangkan, karena memiliki kepribadian yang hampir sama. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Oriental Shorthair

Meskipun secara keseluruhan kucing ini memiliki penampilan yang mirip dengan kucing siam, tetapi kucing oriental shorthair lebih memiliki ciri-ciri telinganya yang menonjol karena sangat panjang, mata yang menyipit, dan wajah yang cukup bersudut. 

Kucing ini dibilang unik dan sangat keren karena hadir dalam berbagai warna dan pola, mulai dari lavender, hingga kulit yang seperti penyu, serta warna coklat. Sama halnya seperti kucing siam, kucing ini juga memiliki kepribadian yang cerewet, sosial, dan sangat penyayang. 

5. Manx

Akibat mutasi genetik, kucing manx tidak memiliki ekor, hal inilah yang menjadikan mereka unik. Selain itu keunikan lainnya adalah kucing berwajah bulat ini telah lama dikenal karena kemampuan berburu mereka yang di atas rata-rata dengan para petani dan pelaut yang sering memilih para kucing ini untuk mendampingi mereka dalam membasmi hewan pengerat. Mereka juga melompat saat berjalan, dan menggerakkan kedua kaki bersamaan dengan gaya berjalan seperti kelinci yang benar-benar menggemaskan untuk disaksikan.

6. Norwegian Forest Cat atau Kucing Hutan Norwegia

Kucing ini merupakan salah satu kucing terbesar yang pernah ada, kucing hutan Norwegia mempunyai badan yang kekar, berotot, dan ditutupi banyak bulu lebat. 

Kucing-kucing ini terkenal tidak hanya karena ukurannya, tetapi juga karena kemampuan memanjatnya yang luar biasa dan naluri berburu yang tajam. Norwegian Forest Cat mempunyai kepribadian yang sangat energik, sertaramah dan sangat mencintai majikannya. 

3 dari 4 halaman

7. Siberia

Kucing siberia, merupakan kucing yang bisa menarik perhatian orang karena kelucuan dan kecantikan dari bulunya. Kucing ini merupakan kucing yang langka dan sulit ditemukan di AS. Siberia memiliki bulu yang tebal, tahan cuaca, dan tubuhnya yang berotot. 

Selain kepribadian yang sangat menyenangkan, mereka juga dikenal karena sering bertingkah seperti anak kucing yang usianya melampaui usia mereka. 

8. Abyssinian 

Abyssinian merupakan salah satu ras kucing peliharaan tertua yang ada, Abyssinians telah lama dihargai karena bulunya yang sangat lebat dan seperti kucing liar. Mereka juga memiliki tubuh atletis yang mengesankan, dan mempunyai keinginan yang tak ada habisnya untuk bermain dan berlarian. Mereka adalah kucing yang sangat cerdas dan serba ingin tahu, mereka juga tidak suka diemong seperti kucing-kucing lainnya. 

9. Sphinx

Sphinx merupakan kucing yang dipandang aneh oleh sebagian orang, karena kucing jenis ini tidak memiliki bulu, kulit keriput, kepala kecil, dan jari kaki berselaput, tetapi hal inilah yang menjadikan kucing tersebut menjadi unik. Bisa dibilang kucing sphinx cukup langka, dan menjadikannya hewan peliharaan yang banyak diminta. Dari segi kepribadian, mereka suka bersenang-senang, pintar, serba ingin tahu, dan sangat berisik.

10. Ragdoll

Kucing ragdoll yang besar, berotot, dan sangat lembut, mendapatkan nama mereka dari kecenderungan aneh mereka yang benar-benar lemas ketika saat diangkat. Mereka adalah kucing yang sangat lembut dan jinak, serta baik di sekitar orang-orang dari segala usia, dan secara konsisten mendapat peringkat sebagai ras kucing paling populer di dunia. Mereka juga dikenal dengan tanda dahi berbentuk V dan mata biru cerah yang besar.

4 dari 4 halaman

11. Devon Rex

Kucing ini merupakan salah satu ras jenis terpintar, devon rex mampu mempelajari trik seperti berjalan dengan tali atau mengambil mainan. Namun, semua itu bukan satu-satunya hal yang menarik tentang mereka.

Kucing-kucing ini memiliki bulu bergelombang yang tidak biasa, telinga tinggi, dan tubuh kurus, belum lagi kepribadian mereka yang sangat suka bermain. Kucing devon rex sangat suka terlibat dalam segala macam masalah, jadi berhati-hatilah terhadap kenakalan mereka.

12. American Shorthair

Ada banyak hal yang disukai dari American shorthair, mulai dari kepribadian yang ramah hingga kecerdasan mereka yang kuat, dan kecintaan mereka pada sosialisasi dan perhatian. Ada fakta keren bahwa kucing ini adalah keturunan langsung dari kucing Eropa yang dibawa ke AS oleh pemukim di tahun 1600-an sebagai kucing pemburu untuk melindungi muatan dari hewan pengerat. Kucing ini masih menjadi pemburu yang hebat tetapi juga hewan yang sangat jinak.

13. Munchkin

Namanya telah mencerminkan kucing ini, munchkin yang menggemaskan memiliki kaki yang sangat pendek dan merupakan salah satu ras asli kucing kerdil. Mereka cukup langka karena proses pemuliaan yang rumit dan mutasi genetik yang menyebabkan penampilan mereka yang cukup gendut dan menggemaskan. Tetapi walapun dari mutasi genetik, kucing ini sangat dicintai oleh pemiliknya karena memiliki energi yang besar dan sikapnya menyenangkan yang bertahan lama hingga dewasa.

14. Russian Blue

Dengan bulu biru keabu-abuan yang menakjubkan dan mata hijau zamrud, kucing Russian Blue adalah salah satu ras kucing yang paling dikenal di luar sana. Mereka juga tidak biasa karena temperamen mereka yang tertutup atau pemalu di sekitar pendatang baru.

Kucing ini memiliki kecerdasan tinggi, dan kesetiaan yang kuat kepada orang yang mereka cintai. Dengan warna biru Rusia yang sejuk, Anda akan memiliki sahabat seumur hidup.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.