Sukses

10 Penemuan yang Diyakini Mengubah Dunia, Salah Satunya Kaca Pembesar Hasil Riset Cendekiawan Muslim

Sejumlah penemuan ini diyakini telah mengubah dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Tanpa adanya penemuan ini, mungkin manusia akan mengalami kesulitan dalam menjalani kehidupan. Sebab banyak penemuan yang sangat berpengaruh di kehidupan sekarang ini, bahkan tak sedikit penemuan di masa lalu yang masih digunakan hingga sekarang dan mempermudah hidup.

Semangat para ilmuan ini dalam mengembangkan teknologi dan menciptakan hal-hal baru mampu memberi manfaat yang besar hingga sekarang ini. 

Mengutip dari livescience.com, Kamis (23/3/2023), berikut 10 penemuan yang diyakini berguna bagi kehidupan manusia di dunia:

1. Pengunaan Api

Penggunaan api adalah salah satu penemuan awal umat manusia yang paling kuat dan secara radikal mengubah cara hidup nenek moyang kita. Api menawarkan kehangatan dan kemampuan memasak makanan seperti daging, menciptakan api unggun, juga menjadi tempat berkumpulnya masyarakat.

Api juga memberikan perlindungan terhadap pemangsa. 

Tanggal pasti untuk penemuan api telah lama menjadi sebuah misteri, dengan beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan api pertama kali digunakan oleh bangsa Hominin di Kenya 1 juta tahun lalu, dan digunakan untuk memasak daging. Bukti lain menunjukkan bahwa Neanderthal di Eropa dan Asia memanfaatkan api.

Sedangkan Homo Sapiens, yang berkembang di Afrika menguasai keterampilan untuk menciptakan api. Baru-baru ini, arkeolog di Israel menemukan bukti penggunaan api hominin yang berasal dari 1,5 juta hingga 2 juta tahun yang lalu.

2. Beton 

Bangsa Romawi kuno dikreditkan sebagai salah satu masyarakat pertama yang menggunakan beton dalam arsitektur, melalui bangunan pemandian Romawi dan situs ikonik seperti Colosseum dan kubah Pantheon yang dibangun menggunakan beton dicampur abu vulkanik, kapur, dan air laut.

Hebatnya, banyak dari bangunan kuno berdiri hingga saat ini, dan tetap dalam kondisi baik yang sudah berusia sekitar 2.000 tahun kemudian. Hal ini membuktikan umur panjang beton Romawi sangat lama.

Namun, orang Mesir kuno menggunakan beton mentah di bangunan mereka jauh lebih awal pada tahun 3000 SM, menggunakan beton yang dicampur dengan abu dan air garam untuk membuat mortar. Satu studi menyimpulkan bahwa bagian dari Piramida Agung Giza mungkin dibangun dengan menggunakan beton.

Beton sangat kuat dalam tekanan tetapi mudah pecah dalam tegangan, dari sinilah ditemukan baja beton bertulang menjelang akhir abad ke 19 di Prancis, yang memungkinkan beton digunakan secara lebih luas dalam konstruksi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Kaca Pembesar

Biarawan Fransiskan dan sarjana Universitas Oxford Roger Bacon pertama kali mengembangkan kaca pembesar pada tahun 1268. Dan mereka dijuluki sebagai "ilmuwan pertama Inggris", kaca pembesar Bacon dibuat berdasarkan penelitian oleh para cendekiawan Muslim.

Namun, penggunaan alat optik sudah ada sejak lama. Bukti menunjukkan bahwa sejak 700 SM, orang-orang di Mesir kuno memperhatikan bahwa mereka dapat melihat melalui kristal untuk meningkatkan penglihatan.

4. Baterai 

Baterai pertama berasal dari tahun 1800, ketika fisikawan Italia Alessandro Volta membungkus cakram tembaga dan seng yang ditumpuk dalam kain, kemudian merendamnya dalam air asin dan menemukan bahwa hal itu bisa menghantarkan energi.

Pada tahun 1802, profesor Skotlandia William Cruickshank menemukan variasi desain Volta yang disebut dengan trough battery. Baterai ini terdiri dari 50 piringan tembaga dan seng dalam sebuah kotak kayu yang diisi dengan larutan garam untuk menghantarkan energi.

Namun, pada tahun 1859 fisikawan Prancis Gaston Plante yang menemukan baterai praktis pertama. Variasi modern pada baterai timbal asam yang dapat diisi ulang Plante, masih digunakan di mobil saat ini.

5. Kronometer Laut

Abad ke-15 menandai awal dari pelayaran besar, menemukan sebuah penemuan oleh para petualang dan pedagang laut serta pengembangan jaringan perdagangan laut global. Kapal dagang membawa sutra, rempah-rempah, garam, anggur, dan teh yang sangat berharga melintasi lautan yang seringkali berbahaya selama berbulan-bulan.

Setelah hilangnya empat kapal di laut dalam bencana angkatan laut scilly tahun 1707, pelaut menyadari bahwa mereka membutuhkan cara yang akurat untuk menentukan garis bujur saat tidak terlihat dari daratan.

Pada 1714, parlemen Inggris menawarkan hadiah sebanyak 20.000 pound sterling atau sekitar Rp 368 juta, kepada siapa saja yang bisa memecahkan masalah mengenai kelautan. Tukang kayu bernama John Harrison memenangkan hadiah pada 1735 dengan karya kronometer lautnya. 

Yang luar biasa dari hal ini adalah, diketahui bahwa Harrison adalah pembuat jam otodidak tetapi dia memenangkan hadiah untuk penemuan ini, yang sangat berbeda haluan dari pekerjaannya. 

Kronometer ini adalah sebuah perangkat pencatat waktunya yang cerdik dan digerakkan oleh gerakan goyang kapal bukan gravitasi, dan alat ini dapat digunakan oleh para pelaut untuk menghitung garis bujur di laut secara akurat.

3 dari 4 halaman

6. Pesawat Terbang

Kemampuan manusia untuk terbang telah menangkap imajinasi para penemu selama berabad-abad, dengan penerbangan pertama yang dioperasikan manusia yang terjadi pada tahun 1783 ketika Joseph Michael dan Jacques Etienne Montgolfier terbang ke langit dengan balon udara panas.

Pada tahun 1853 insinyur Inggris bernama George Cayley merancang pesawat layang pertama yang berhasil terbang, tetapi baru pada tahun 1903 Orville dan Wilbur Wright's menjadi pesawat pertama yang memiliki pelayaran yang sukses. Pesawat itu tidak hanya lepas landas dari Kitty Hawk, North Carolina.

Pesawat itu menggunakan kekuatannya sendiri, untuk terbang dan mendarat tanpa kehancuran, tidak seperti banyak penemuan pesawat sebelumnya. Wright bersaudara, terinspirasi dengan menonton burung yang sedang terbang, dalam pembuatan pesawat.

7. Kulkas

Pendinginan dalam beberapa bentuk ternyata telah ada selama ribuan tahun yang lalu. Tergantung pada iklim, es atau air dingin digunakan untuk menjaga agar makanan tetap dingin di zaman kuno. Tapi pendingin buatan baru ada tahun 1748, ketika dokter William Cullen pertama kali menunjukkan proses pendinginan evaporatif.

Terobosan lebih lanjut terjadi pada tahun 1834, ketika sistem kompresi uap dikembangkan oleh insinyur Amerika Jacob Perkins. Pada tahun 1876, insinyur Jerman Carl von Linde menemukan proses pencairan gas, mengantarkan era pendinginan komersial.

Pada tahun 1913, insinyur Amerika Fred Wolf menemukan lemari es domestik pertama, dan seiring dengan meningkatnya permintaan akan produk segar, jumlah rumah tangga yang memiliki lemari es juga meningkat. 

4 dari 4 halaman

8. Energi Nuklir

Energi nuklir pertama kali ditemukan pada tahun 1930-an oleh fisikawan Italia Enrico Fermi, yang menemukan bahwa membombardir atom dengan neutron dapat membelahnya, menghasilkan energi dalam jumlah besar. Dia melanjutkan untuk mengembangkan reaksi nuklir pertama di University of Chicago. 

Eksperimen yang berhasil ini mengarah pada pengembangan beberapa pembangkit nuklir pada 1950-an, dengan Idaho, kemudian meluncurkan pembangkit nuklir pertama pada tahun 1951 dengan listrik yang dihasilkan dari energi atom di situs experimental breeder reactor I. Obninsk di bekas Uni Soviet menjadi pembangkit listrik tenaga nuklir terhubung jaringan pertama di dunia pada tahun 1954, sedangkan pembangkit nuklir Shippingport, Pennsylvania menjadi pembangkit nuklir komersial pertama pada tahun 1957.

Daya nuklir tetap banyak digunakan di seluruh dunia saat ini, menghasilkan sekitar 10% energi global.

Ada satu masalah: pembangkit listrik tenaga nuklir yang ada menggunakan fisi untuk memisahkan atom, dan ini menghasilkan zat radioaktif yang membutuhkan waktu lama untuk meluruhkannya. Dan risiko bencana nuklir, seperti yang terjadi di Chernobyl dan pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima-Daiichi, menyoroti tantangan tenaga nuklir berbasis fisi.

Para ilmuwan kemudian membuat reaktor fusi nuklir yang dapat digunakan secara teoritis untuk menghasilkan energi bersih tanpa batas. Pada tahun 2022, para ilmuwan melaporkan terobosan kecil, yaitu reaktor fusi yang menghasilkan lebih banyak energi daripada yang dimasukkan ke dalamnya.

9. Vaksin

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan sekitar 2 juta hingga 3 juta jiwa diselamatkan setiap tahun berkat vaksinasi terhadap penyakit menular seperti difteri, tetanus, dan campak.

Vaksinasi dasar paling awal diperkirakan berasal dari abad ke 10 di China, ketika orang menyuntik goresan kecil di kulit dengan cacar dosis kecil untuk memberikan perlindungan terhadap penyakit. Tetapi pada 1796, dokter Inggris Edward Jenner menemukan bahwa pemerah susu jarang terkena atau meninggal karena cacar karena sebelumnya terinfeksi oleh cowpox atau virus cacar sapi, yang disebut sebagai Vaccinia. 

Jadi dia menggunakan cacar sapi untuk mengembangkan vaksin cacar. Dia menyuntik seorang anak laki-laki berusia 8 tahun dengan cacar sapi dan kemudian anak laki-laki itu tidak pernah terkena penyakit yang mematikan itu.

Eksperimen Jenner mengarah pada pembuatan vaksin cacar dan karyanya dianggap sebagai awal dari imunologi. 

Pada tahun 1980, penyakit cacar dinyatakan resmi diberantas oleh WHO. Tetapi para ilmuwan terus mengembangkan vaksin baru yang menyelamatkan jiwa, vaksin Virus Corona yang berperan besar dalam memerangi pandemi.

10. X-ray atau Sinar-X

Seperti banyak penemuan hebat lainnya, sinar-X ditemukan secara tidak sengaja. Pada tahun 1895, insinyur dan fisikawan Jerman Wilhelm Conrad Rontgen sedang melakukan studi dua bulan tentang potensi radiasi.

Dalam sebuah eksperimen yang menguji apakah sinar katoda dapat melewati kaca, dia memperhatikan bahwa radiasi dapat melewati layar dengan ketebalan yang cukup besar, dan meninggalkan bayangan benda padat. Dia segera menemukan bahwa sinar-X dapat melewati jaringan manusia untuk menunjukkan gambaran yang jelas tentang kerangka dan organ.

Setahun kemudian, sekelompok dokter melakukan rontgen paling awal pada pasien. Pengamatan ini mengarah pada perkembangan radiologi seperti yang kita kenal sekarang dan sejak itu membantu para profesional medis mendiagnosis patah tulang, tumor, kegagalan organ, dan banyak lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.