Sukses

40 Makanan Indonesia Versi Rekomendasi Media AS, Martabak hingga Tahu Gejrot

Berikut ini rekomendasi makanan Indonesia yang pernah jadi sorotan media AS CNN:

Liputan6.com, Jakarta - Media AS CNN pernah menggelar jajak pendapat beberapa tahun lalu soal makanan paling enak di dunia. Rendang kemudian terpilih sebagai makanan paling enak di dunia versi situs tersebut.

Pada 2017 lalu, media tersebut mengulas ragam kuliner dari negara kepulauan Indonesia yang luas. Membahas makanan yang pantas menjadi pusat perhatian. 

Ada mi kuah kaldu yang menggiurkan, kari pedas, ikan bungkus pisang atau pepes, dan salad sayuran dengan saus kacang manis yang disebut gado-gado.

Berikut ini rekomendasi makanan Indonesia yang pernah jadi sorotan CNN, dikutip Senin (20/2/2023):

1. Sambal

Meskipun secara teknis lebih merupakan bumbu, saus berbasis cabai yang dikenal sebagai sambal adalah makanan pokok di semua meja Indonesia. Maka dari itu, orang Indonesia dapat dibilang “tahan pedas” karena banyak nya jenis sambal yang bervariasi dan tentu nya lebih pedas dibandingkan dengan saus sambal dari negara lain pada umumnya.

Makanan terasa tidak lengkap apabila mereka belum memakai sesendok sambal yang lezat, kombinasi cabai, terasi yang difermentasi tajam, air jeruk nipis, gula dan garam yang ditumbuk dengan lesung dan alu.

Kini, rata-rata restoran di Indonesia sudah menjadikan sambal sebagai daya tarik tersendiri, dengan pilihan mangga muda, jamur, dan bahkan durian.

Rekomendasi restoran yang diambil CNN berasal dari Pedas Abis, Waroeng Spesial Sambal, Jl. RM. Said No.39, Solo, Surakarta.

2. Sate

Sate daging yang lezat ini dipanggang di atas bara yang sangat panas. Baik itu daging ayam, kelinci atau kambing. Potongan daging nya di tusuk, kemudian direndam dalam kunyit, dipanggang, lalu dilumuri saus kacang yang manis.

Saat ini terdapat banyak negara yang mengklaim makanan sate ini, tetapi orang Indonesia menganggapnya sebagai hidangan nasional yang sering dijual oleh pedagang kaki lima dan dipopulerkan oleh pedagang Arab pada zamannya.

Biasanya, setiap pedagang mempunyai rasa keunikan masing-masing, tetapi  “sate madura” – disajikan dengan ketupat, mentimun dan bawang yang dipotong dadu – dibedakan dengan gerobak pinggir jalan yang berbentuk perahu.

Sate Ragusa menyajikan sate legendaris yang berasal dari tahun 1950-an. Restoran yang jadi rekomendasi CNN ini juga menyajikan es krim spageti khas, hidangan penutup yang sempurna untuk mencuci mulut setelah makan.

Sate Ragusa berada di Jalan Veteran 1 No. 10, Gambir, Jakarta.

3. Bakso

Mie kuah bakso yang gurih ini mendapatkan ketenaran internasional ketika Presiden AS Barack Obama mengingatnya sebagai salah satu hidangan favoritnya saat berkunjung ke Jakarta.

Bakso ini terbuat dari ayam, sapi, babi, atau kombinasi dari semuanya, yang dibentuk bulat seukuran bola golf, dan bertekstur empuk dan sedikit kenyal.

Hidangan ini juga sering dijual oleh pedagang kaki lima, dan cocok untuk dimakan kapan saja dan dimana saja. Dengan harga nya yang relatif murah, bakso yang dilengkapi dengan bawang merah goreng, telur rebus, dan pangsit ini sangat diminati oleh orang kantoran dan kalangan pelajar.

Kini bahkan sudah ada “bakso jumbo” yang dibuat sebesar satu gempal tangan.

Referensi CNN berasal dari Bakso Lapangan Tembak Senayan, Jl. Gerbang Pemuda 1, Senayan, Jakarta.

4. Soto

Sup daging tradisional ini terdiri dari kaldu dan bahan-bahan yang bervariasi di seluruh nusantara.

Versi yang dijual umumnya terbuat dari sup bening sederhana yang dibumbui dengan ayam, kambing, atau sapi. Namun di Jakarta, rumah bagi penduduk asli Betawi, soto Betawi biasa dihidangkan dengan kuah berbasis santan yang manis dan lembut. Dilengkapi dengan taburan bawang merah yang renyah, bawang putih goreng, dan sambal sesuai selera.

Berikut ini rekomendasi restoran dari CNN:

  • Kafe Betawi, No. 1, Grand Indonesia Mall, West Mall Lt. LG No. 08, Jalan MH. Thamrin No.1, Jakarta; +62 21 2358 0501
  • Soto Madura, Jl. Ir. H. Juanda No. 16, Gambir, Jakarta

5. Nasi Goreng

Sudah dikenal oleh kalangan turis, nasi goreng dianggap sebagai hidangan nasional Indonesia. Nasi yang digoreng dengan berbagai bumbu dan kecap manis yang kental, sangat cocok bila dimakan dengan telur dan sayuran acar mentimun sebagai pendampingnya.

Selain nasi goreng, pengunjung juga bisa mencoba nasi gila dan lihat berapa banyak jenis daging yang mereka temukan terkubur di dalam nasi.

Rekomendasi CNN: Menteng Plaza, Lantai Ground, Jl. HOS. Cokroaminoto No. 79, Menteng, Jakarta

6. Gado-gado

Istilah gado-gado yang artinya "campur-campur" seringkali digunakan untuk menggambarkan situasi yang serba campur aduk. 

Namun, sebagai makanan, ini adalah salah satu hidangan yang paling terkenal di Indonesia. Gado-gado pada dasarnya adalah salad sayuran yang diaduk dengan saus kacang klasik khas Indonesia.

Sayurannya terdiri dari rebusan kacang panjang, bayam, kentang, jagung, telur dan tauge ditambah dengan ketimun, tahu, dan tempe.

Saus kacang memang seringkali dipakai untuk banyak hidangan di Indonesia. Namun untuk gado-gado sendiri, rasa saus kacang nya lebih manis saat Anda melakukan perjalanan ke arah timur melalui Indonesia – tetapi warga Jakarta menyukai saus jambu mete di Gado-Gado Boplo.

​​Rekomendasi CNN: Gado-Gado Boplo, Jl. Panglima Polim IX No. 124, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta; +62 21 724 8334.

7. Nasi uduk

Makanan favorit sepanjang masa di kalangan penduduk asli Betawi, nasi uduk adalah nasi yang dimasak dengan santan dan dilengkapi dengan berbagai daging serta sayuran. Terkadang termasuk ayam goreng, telur rebus, tempe dengan ikan teri dan juga kerupuk emping.

Makanan ini biasa dijual dengan harga terjangkau, cepat, dan populer di antara orang banyak saat makan siang.

Berusia hampir empat dekade dan masih berlanjut, tempat makan Nasi Uduk Babe Saman sangat digemari oleh semua orang dimulai dari pelajar hingga selebritis.Tempat makan ini ramai dikunjungi dari pagi hingga malam.

Nasi Uduk Babe Saman terletak di Jalan kebon kacang 3, Jakarta; +62 21 314 1842

8. Nasi Padang

Mungkin orang Singapura banyak yang berkata kalau tidak dapat hidup tanpa nasi padang, tetapi hidangan ini yang dinamakan dari kota kelahirannya di Sumatera, adalah 100% asli Indonesia.

Nasi padang pada dasarnya adalah nasi kukus disertai lebih dari selusin lauk pauk. Bila makan langsung di restoran, berbagai lauk pauk akan ditumpuk di atas meja, namun pengunjung dapat memilih sendiri beberapa saja lauk yang diminati nya.

Contohnya terdapat udang rebus, ayam gulai, kepala ikan, kaki sapi, sambal pete, kangkung, dan masih banyak lagi.

Bila ingin berbaur dengan penduduk lokal, cara terbaik untuk memakan nasi padang adalah menggunakan tangan, lalu tutup hidangan dengan meminum es teh manis.

Rekomendasi CNN adalah Garuda Nasi Padang, Jl. gajah mada no. 8, Medan, Sumatera

9. Ayam Goreng

Kunci untuk membuat ayam goreng khas Indonesia adalah menggunakan ayam yang biasanya ditemukan berkeliaran di kampung. Walaupun ukurannya tidak sebesar potongan daging KFC, rasanya tetap tidak kalah enak.

Ayam goreng ini sangat cocok bila dihidangkan bersama sambal dan lalapan.

Rekomendasi CNN: Ayam Goreng Suharti, Jalan Kapten Tendean No. 13, Mampang Prapatan, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta; +62 21 525 4595

10. Bakmi Goreng

Mi dan nasi merupakan karbohidrat favorit orang Indonesia, termasuk jenis mi yang lebar seperti kwetiau, atau mi yang kurus seperti bihun.

Namun yang paling digemari adalah bakmi setipis pensil dan dalam hal ini, digoreng dengan telur, daging, dan sayuran.

Vendor biasanya menambahkan bumbu uniknya sendiri untuk membedakan hidangan mereka, tetapi Bakmi Gajah Mada yang ikonik mempunyai banyak pengikut yang setia. Sekarang, vendor yang lebih modern sudah mampu membuat mi yang berbasis sayuran.

Bakmi Gang Mangga menyediakan tempat nongkrong keren di kota tua, tetapi hanya setelah jam 5 sore. Sebelum dari jam itu, bisa coba di Bakmi GM di Jl. Sunda.

Rekomendasi CNN:

  • Bakmi Gang Mangga, Kemurnian IV No. 38B, Gang Mangga, Glodok, Taman Sari, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta
  • Bakmi GM, Jl. Sunda No. 9, Thamrin, Jakarta; +62 21 390 3018

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

11. Gudeg

Hidangan ini berasal dari kota Yogyakarta. 

Rebusan nangka manis direbus selama berjam-jam dalam santan dan gula aren, membuat buahnya begitu lembut dan empuk hingga hancur saat sedikit dikunyah. Walaupun semua bumbu dicampur, daun jati memberikan warna coklat pada gudeg nya.

Seperti nasi uduk, gudeg ini disajikan dengan nasi, telur rebus, ayam, dan juga kulit sapi yang renyah.

Rekomendasi restoran Adem Ayem, Jalan Slamet Riyadi 342, Solo

12. Rawon

Rebusan daging sapi dari Jawa Timur yang kental dengan kacang keluak untuk memberikan rasa kacang dan warna yang hitam pekat. Sup ini berbasis bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, dan cabai merah untuk membuatnya enak dan pedas.

Varian yang paling terkenal disebut Rawon Setan (sup Setan) di Surabaya.

Rekomendasi restoran CNN: Rawon Setan Jl. Embong Malang, Kota Surabaya, Jawa Timur

13. Pecel lele

Pada dasarnya, pecel lele adalah ikan lele yang digoreng dan dihidangkan bersama dengan nasi dan sambal.

Walaupun terlihat sederhana, ini merupakan salah satu makanan yang sangat laris di Indonesia. Mungkin karena harga yang murah, rasa ikan yang enak dan porsi yang mengenyangkan, pecel lele menjadi makanan yang seringkali dijual di pinggiran jalan Jakarta.

Rekomendasi di Bakmi GM, Jl. Sunda no 9 Thamrin | Sarinah 3 & 4 Fl, Jakarta.

14. Opor Ayam

Tempat makan kecil seperti warteg atau warung, biasanya menjual opor ayam. Masakan tradisional ayam rebus santan ini menjadi makanan pokok di sekitar akhir Ramadan, saat disajikan dengan ketupat.

Sedikit seperti kari yang lembut dengan waktu persiapan yang lebih sedikit, kari ini diisi dengan rempah-rempah khas Indonesia – bawang putih, jahe, jinten, dan ketumbar.

Rekomendasi: Masakan Rumah Ibu Endang, Jl. Cipete Raya No. 16C, Fatmawati, Jakarta

15. Mie Ayam

Untuk hidangan ini, bakmi direbus dengan kaldu dan diberi irisan ayam rebus yang lezat di atasnya. Daun bawang dan sambal menambah rasa ekstra.

Berbeda dengan hidangan khas Indonesia lainnya dimana bumbu menjadi kunci utama rasanya, untuk mie ayam, tekstur dan kekerasan mie nya adalah kunci yang membuat hidangan ini sempurna.

Bakmi Orpha, tempat kecil di Jakarta Barat, tetap menarik pelanggan kelas atas dengan mie yang dihidangkan dengan sempurna.

Bakmi Orpha, terletak di Jalan Malaka II No. 25, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta; +62 21 691 2450.

16. Babi Guling

Babi memang kurang populer di negara mayoritas Muslim, tetapi hidangan yang satu ini banyak sekali ditemukan di salah satu bagian negara Indonesia, yaitu Bali.

Orang Bali menghargai makanan mereka dan memberikan perhatian besar pada persiapannya. Sebelum memanggang babi nya, mereka memandikannya terlebih dahulu dengan air kelapa dan menggosoknya dengan cabai, kunyit, bawang putih, dan jahe untuk memastikan kesegarannya.

Tidak sedikit orang Jakarta yang pergi ke Bali untuk merasakan babi guling krispi di Warung Ibu Oka – pastikan datang sebelum jam 3 sore bila mau berkunjung.

Rekomendasi: Warung Ibu Oka, Jl. Suweta sidestreet, Kuta, Bali.

17. Gulai

Gulai adalah nama umum yang digunakan untuk masakan kari yang berasal dari Sumatera Utara.

Kari Indonesia memiliki variasi regional yang bergantung pada jenis daging dan ikan yang tersedia – meskipun gulai hampir selalu menggunakan kayu manis. Beberapa makanan Indonesia yang termasuk gulai, seperti opor dan rendang, dan masih ada banyak variasi yang lain.

Pagi-Sore adalah salah satu restoran Indonesia yang menyajikan kari kepala ikan yang tajam.

Rekomendasi: Pagi-Sore, Jl. Pondok No. 143, Padang

18. Bubur Ayam

Hidangan yang satu ini sangat cocok untuk sarapan. Bubur gurih ini disajikan dengan kecap asin, bawang merah goreng, suwiran ayam, buncis dan kerupuk. Namun ada juga variasi bubur lain yang disajikan dengan jagung, singkong, dan ikan.

Bagi mereka yang lebih suka memulai hari dengan yang manis, bisa juga mencoba bubur kacang hijau.

Rekomendasi: Bubur Ayam Mang H Oyo, Jl. Sulanjana No.30, Bandung, Jawa Barat

19. Bakpao

Pasar bakpao bisa banyak ditemukan di kota Jakarta. Vendor biasa berbaris di pinggir jalan selama jam kerja untuk menawarkan roti hangat, empuk, berisi daging, kepada pejalan kaki yang lapar dan membutuhkan makanan cepat dan ringan.

Selain berisi daging, ada juga bakpao manis yang berisi cokelat dan kacang ijo. Tidak perlu bingung untuk membedakan bakpaonya, biasanya terdapat titik berwarna untuk menjadi indikasi rasa-rasa setiap bakpao.

20. Asinan Sayur

Hidangan yang satu ini memberikan rasa yang baru untuk memakan sayuran. Rahasianya ada pada sausnya, saus kacang ringan yang diaduk dengan gula aren untuk mengimbangi rasa asin dari sayur-sayuran yang telah diawetkan.

Untuk menambah tekstur hidangan, biasanya asinan sayur ini dimakan dengan kerupuk yang berasal dibuat menggunakan mie telur.

Rekomendasi CNN:

  • Resotran Yaya sudah 22 tahun menyajikan asinan, berlokasi di luar toko Es Krim Raugsa yang ikonik.
  • Outside Sate Ragusa, Jl. Veteran 1 No. 10, Gambir, Jakarta
3 dari 4 halaman

21. Cah Kangkung

Kangkung merupakan salah satu sayuran daun yang paling populer di Asia Tenggara karena tipe nya yang cocok di segala jenis tanah. Rumput sungai biasa ini bila digoreng dengan kecap manis, irisan besar bawang putih, cabai rawit dan terasi, akan menjadi hidangan yang ekstravagan. ‘Cah’ di sini menunjukkan asal China.

Rekomendasi: Santika Baru Seafood, Jl. Bendungan Hilir Raya Kav. 36A, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta

22. Pepes ikan

Pepes menandakan makanan yang dikukus dalam daun pisang, yang cocok dipadukan dengan bumbu Manado (woku) yang kaya. Jika dipadukan dengan tuna, hasilnya adalah pepes ikan yang padat, pedas, dan memiliki cita rasa berbeda. Tetapi harus dimakan dengan hati-hati.

Rekomendasi: Beautika, Jl. Hang Lekir No.1, Kebayoran Baru; +62 21 722 6683

23. Pempek

Menurut cerita rakyat, nama pempek mengacu pada lelaki tua Tionghoa yang pertama kali memproduksi ikan dan kue tapioka ini dari Palembang di Sumatera Selatan. Kini menjadi makanan khas Palembang, pempek atau empek-empek hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Bentuk kapal selam yang paling terkenal, berisi telur ayam, disajikan dengan saus celup gelap yang terbuat dari cuka, cabai dan gula.

Rekomendasi: Kebon Sirih, Palembang

24. Perkedel

Begitu sederhananya, hidangan ini sering diabaikan. Walaupun tampak sederhana, perkedel mempunyai rasa yang gurih dan asin.

Makanan kerabat jauh frikandel daging cincang Belanda  ini berbahan dasar kentang dan diisi dengan daging sapi atau terbuat dari jagung (perkedel jagung).

Di kota Bandung, biasanya banyak kedai yang menjual goreengan kentang empuk ini.

25. Martabak

Bentuknya mirip seperti krep, dan rasanya seperti panekuk, martabak mempunyai banyak pilihan variasi topping seperti cokelat, keju, dan kacang tanah. Selain yang manis, ada juga versi martabak asin yang jauh lebih gurih dan kulitnya yang lebih krispi, beriisikan daging cincang. Disajikan dengan mentimun dan cuka asam manis.

Martabak Ayah, Muhammad Daudsyah, Jl. Tgk Diblang, Kota Banda Aceh

26. Sayur Asem

Kuah bening menyegarkan yang berasal dari jawa ini cocok dipadukan dengan ikan asin.

Sop ini berisi sayur labu diisi dengan sayuran dan beberapa bahan paling menarik di Indonesia seperti melinjo, belimbing wuluh, dan labu siam. Salah satu hidangan yang mirip dengan sayur asem adalah sayur lodeh yang dibuat dengan santan dan memiliki rasa yang lebih manis.

Rekomendasi: Warung Surabaya, Jl. DR. Abdul Rachman Saleh, Jakarta

27. Sop Buntut

Dibuat tenar kembali pada tahun 1973 di Hotel Borabodor, sop buntut dicintai oleh orang Indonesia dari semua kalangan. 

Sekarang sop buntut disajikan dengan harga yang cukup mahal menggunakan daging sapi impor Australia, tepatnya 7.000 kilogram sebulan, dan dilengkapi dengan nasi putih, acar, jeruk nipis dan sambal. Outletnya yang tidak terlalu megah Sop Buntut Bogor Cafe kini hadir di Pacific Place Mall.

Rekomendasi: Sop Buntut Bogor Cafe, Pacific Place Mall, level 5, Jl. Jenderal Sudirman, SCBD, Jakarta; +62 21 5797 3238

28. Ketoprak

Ketoprak ini terbuat dari bihun, tahu, lontong kemasan, dan tauge.

Hidangan ini merupakan hidangan campuran dari gado-gado dan pecel, dan merupakan hidangan jalanan sederhana yang sebagian besar rasanya kacang dan rempah-rempah tetapi penuh dengan karbohidrat.

29. Balado Terong

Warna hidangan ini yang sangat berapi-api dan memang sangat mengerikan. Seperti namanya, hidangan ini terbuat dari terung ungu bakar dengan taburan sambal yang terbuat dari terasi kering. 

Rekomendasi restoran: Seribu Rasa, Jl. Haji Agus Salim No. 128, Menteng, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta; +62 21 392 8892

30. Lontong Sayur

Direbus berjam-jam di dalam balutan daun kelapa, kue beras ketan yang dikenal sebagai lontong adalah salah satu sarana terbaik untuk dipasangkan dengan bumbu kacang dan kari yang kental.

Biasa dimakan saat pagi hari, dengan pendamping kari santan yang dibuat dengan pepaya muda, tahu dan telur rebus. 

Rekomendasi: Pak Sule’s stand, outside the ANZ building on Jl. Gatot Subroto

 

4 dari 4 halaman

31. Rendang

Mungkin ini kari yang paling terkenal di Padang, membuat hidangan ini memerlukan keterampilan dan waktu yang lama. Rahasia nya yang ada pada bumbu nya yang dimasak dengan daging selama berjam jam hingga daging cukup empuk.

Jika sudah matang, makanan ini dapat disimpan dengan jangka waktu yang panjang dan disajikan untuk tamu-tamu penting atau perayaan tertentu.

Rekomendasi: Restoran Sederhana, Jl. Gandaria Tengah III No. 23, Jakarta; +62 21 725 0172

32. Tahu Gejrot

Kumpulan tahu yang sangat empuk ini disajikan dalam dalam gelas plastik. Menteng Plaza memiliki versi tahu empuk yang direndam kecap manis dan cabai dan disajikan dengan alu dan lesung.

Rekomendasi: Taman Menteng, Jl. HOS Cokroaminoto, Jakarta

33. Sop Kambing

Sop kambing ini sangat populer bahkan di cuaca panas Indonesia. Sup nya kental dengan kaldu kuning penuh seledri, tomat, dan potongan besar daging kambing.

Jahe, daun jeruk, kemiri, dan daun bawang memberikan aroma pedas yang menambah cita rasa bersahaja yang menyegarkan. Namun untuk yang mempunyai tekanan darah tinggi, tetapi berhati-hati.

Rekomendasi sop kaki kambing di pinggir Jalan Kendal, Menteng, Jakarta.

34. Siomay

Anggap saja siomay ini merupakan dimsum versi Indonesia - pangsit ikan kukus tradisional yang dikenal di China sebagai shaomai. 

Bedanya di Indonesia, siomay dimakan dengan kentang kukus, kol, telur, dan pare, serta disajikan dengan saus kacang yang mirip seperti gado-gado.

Biasanya makanan ringan ini ditemui di pinggir jalan, dijual keliling dengan sepeda yang membawa panci besar.

Alternatif siomay adalah batagor, yang digoreng bukan dikukus.

Rekomendasi: Siomay Pak Lili, Jl. Geger Kalong Girang, Bandung

35. Ikan Bakar

Sajian ikan bakar yang satu ini mungkin cukup sederhana. Namun di negara yang mempunyai lebih dari 17.000 pulau dengan kekayaan maritim yang berlimpah, ikan menjadi makanan yang seringkali dihidangkan.

Sementara cumi-cumi dan udang tetap mendapat porsi pada masakan Indonesia, ikan bakar mendapatkan tampilan yang jauh lebih baik untuk tekstur berdaging yang bagus untuk dicelupkan.

Rekomendasi: Ikan Bakar Cianjur, Jl. Cipete Raya No.35, Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta; +62 21 7590 0222

36. Daun Pepaya

Pepaya adalah salah satu pohon dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara, dan daunnya yang pahit sangat cocok untuk ditumis. Namun hidangan ini paling umum disajikan di Manado.

Rekomendasi: Bumbu Desa, Jalan Suryo No. 38, Kebayoran Baru, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta; +62 21 720 1244

37. Otak-otak

Kue ikan ini terkenal lainnya dari Palembang, otak-otak memiliki tampilan yang lebih menawan, karena dibungkus dengan daun pisang sebelum dipanggang di atas arang.

Penduduk asli Sumatera memakannya dengan cabai merah yang dicampur dengan kecap fermentasi, tetapi di Jakarta disajikan dengan bumbu kacang Jawa yang ada di mana-mana.

Rekomendasi: Harum Manis, Pavilion Apartment, Jl. KH Mas Mansyur Kav. 24, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta; +62 21 5794 1727

38. Bebek Goreng

Bebek adalah hewan umum yang berkeliaran di seluruh persawahan Indonesia, tetapi untuk memasaknya cukup sulit. Seringkali, bebek ini mengandung banyak tulang kecil dan daging yang berminyak. Namun hidangan ini tetap menjadi makanan yang digemari orang Indonesia.

Rekomendasi CNN:

  • Dapur Babah, Jalan Veteran I No. 18-19, Gambir, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta
  • Bebek Bengil, Jalan Hanoman, Padangtegal, Ubud, Kec. Gianyar, Bali; +62 361 975 489

39. Gorengan

Gorengan ini banyak tipenya, ada yang terbuat dari singkong, tahu goreng, ubi jalar, tempe krispi, wortel parut yang di goreng, dan lain-lain. Itu semua masih disebut sebagai gorengan, dan menjadi makanan ringan yang paling sering ditemukan di seluruh Indonesia. 

40. Indomie

Terakhir, tetapi tidah kalah rasanya, merek mi instan ini disbut-sebut merupakan makanan paling digemari seluruh rakyat Indonesia.

Walaupun ini hanya mi instan, bumbunya yang sangat gurih, dan rasanya yang bervariasi, membuat orang tidak bisa hidup tanpanya. 

Keunggulan lainnya, makanan ini mudah sekali untuk disajikan. Hanya memerlukan air matang saja. Maka dari itu, tidak asing lagi bila melihat orang Indonesia bepergian selalu membawa Indomie.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.