Sukses

12 Hewan Ini Diklaim Punya Umur Panjang, Ada yang Berpotensi Hidup Abadi

Kura-kura bahkan tidak masuk dalam 10 besar hewan yang paling lama hidup.

Liputan6.com, Jakarta - Hewan yang berumur panjang pasti diberkahi dengan kemampuan menahan penuaan. Atau bisa pula menghentikan proses tersebut. 

Meskipun manusia mungkin memiliki batas absolut usia di 150 tahun, tetapi usia ini tidak bisa dibandingkan dengan hewan yang berusia ratusan tahun atau bahkan berabad-abad.

Juara usia sejati di perhewanan adalah hewan yang hidup di air dan seringkali di tempat yang sangat dalam. Pasalnya dalam kondisi yang stabil dan konsisten.

Para ilmuan tidak dapat mencatat kelahiran dan kematian setiap anggota suatu spesies, sehingga biasanya memperkirakan masa hidup maksimum berdasarkan apa yang diketahui biologi pada suatu spesies. Berikut ini Liputan6.com rangkum 12 hewan yang berumur panjang di dunia saat ini melansir dari livescience.com, Jumat, (17/02/1023). 

1. Kura-Kura Raksasa Seychelles Bisa Berumur 190 Tahun Lebih

Kura-kura terkenal karena umurnya yang panjang, hewan darat tertua yang masih hidup adalah kura-kura raksasa Seychelles yang berusia 190 tahun ( Aldabrachelys gigantea hololissa ) bernama Jonathan.

Kura-kura itu hidup di pulau St. Helena di Samudra Atlantik Selatan setelah dibawa ke sana oleh orang-orang dari Seychelles pada tahun 1882. Usia Jonathan adalah perkiraan, tetapi foto dirinya yang diambil antara tahun 1882 dan 1886 menunjukkan bahwa dia dewasa sepenuhnya, setidaknya berusia 50 tahun pada akhir abad ke-19, menururt laporan live science. 

Pada 12 Januari 2022, Guinness World Record mengumumkan bahwa Jonathan adalah kura-kura tertua yang pernah ada. "Dia adalah ikon lokal, simbol kegigihan dalam menghadapi perubahan," kata Joe Hollins, dokter hewan Jonathan, kepada Guinness World Records saat itu.

Kura-kura raksasa perlu hidup lama agar bisa berkembang biak berkali-kali dan menghasilkan telur yang banyak, karena telurnya selalu dimakan oleh predator. Kemampuan mereka untuk dengan cepat membunuh sel-sel yang rusak yang biasanya memburuk seiring bertambahnya usia, dapat membantu kura-kura hidup lebih lama, lapor live science sebelumnya.

2. Bulu Babi Merah Berumur 200 Tahun

Bulu babi merah (strongylocentrotus franciscanus) berukuran kecil, invertebrata bulat ini ditutupi duri. Mereka tinggal di perairan pantai dangkal Amerika Utara dari California ke Alaska dan memakan tumbuhan laut, menurut Oregon State University. 

Para peneliti dulu berasumsi bahwa bulu babi merah tumbuh dengan cepat dan memiliki masa hidup sederhana hingga sekitar 10 tahun, tetapi ketika para ilmuwan mempelajari spesies ini secara lebih rinci, mereka menyadari bahwa bulu babi ini terus tumbuh sangat lambat dan, di beberapa lokasi, akan bertahan selama berabad-abad jika mereka dapat menghindari pemangsa, penyakit, dan nelayan.  

Bulu babi merah yang ditemukan di Washington dan Alaska mungkin hidup lebih dari 100 tahun, dan individu yang paling lama hidup di British Columbia, Kanada, mungkin berusia sekitar 200 tahun, menurut sebuah studi tahun 2003 yang diterbitkan dalam jurnal fishery bulletin

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Paus Bowhead Berpotensi Berusia 200 Tahun Lebih

Paus kepala busur (balaena mysticetus) adalah mamalia yang berumur panjang. Masa hidup pasti paus Arktik dan sub Arktik ini tidak diketahui, tetapi ada temuan yang membuktikan bahwa mereka dapat hidup dengan nyaman, selama lebih dari 100 tahun dan dapat hidup lebih dari 200 tahun, menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).

Paus memiliki mutasi pada gen yang disebut ERCC1, yang terlibat dalam perbaikan DNA. Hal ini dapat membantu melindungi paus dari kanker, dan penyebab potensial kematian. Selain itu, gen lain yang disebut PCNA memiliki bagian yang telah digandakan. Gen ini terlibat dalam pertumbuhan dan perbaikan sel, dan duplikasi dapat memperlambat penuaan, menurut lapor live science.

4. Rougheye Rockfish Berumur 200+ Tahun

Rougheye rockfish (sebastes aleutianus) adalah salah satu ikan yang hidup paling lama, dengan masa hidup maksimum setidaknya 205 tahun, menurut Departemen Perikanan dan Margasatwa Washington. 

Ikan berwarna merah muda atau kecoklatan ini hidup di Samudera Pasifik mulai dari California hingga Jepang. Mereka tumbuh hingga 38 inci (97 cm) panjang dan memakan hewan lain, seperti udang dan ikan yang lebih kecil, menurut komite status satwa liar yang terancam punah di Kanada, sebuah panel penasehat independen yang menilai status spesies yang terancam punah di Kanada. 

Sebuah studi tahun 2021 yang diterbitkan dalam jurnal science melihat genom dari 88 spesies rockfish, termasuk rougheye rockfish, dan menemukan kartu panggilan genetik untuk umur panjang, termasuk jalur perbaikan DNA yang dapat membantu menangkal kanker. Masa hidup yang lebih lama memungkinkan rockfish tumbuh lebih besar dan menghasilkan lebih banyak anak. 

 

3 dari 4 halaman

5. Kerang Mutiara Air Tawar Berumur 250 Tahun Lebih

Kerang mutiara air tawar (margaritifera margaritifera) adalah kerang yang menyaring partikel makanan dari air. Mereka hidup terutama di sungai dan dapat ditemukan di Eropa dan Amerika Utara. Kerang mutiara air tawar tertua yang diketahui berusia 280 tahun, menurut world wildlife fund for nature. Invertebrata ini memiliki masa hidup yang panjang berkat metabolisme yang rendah.

Kerang mutiara air tawar merupakan spesies yang terancam punah. Populasi mereka menurun karena berbagai faktor yang berhubungan dengan manusia, termasuk kerusakan dan perubahan habitat sungai tempat mereka bergantung, menurut international union for conservation of nature.

6. Hiu Greenland 272 Tahun

Hiu Greenland (somniosus microcephalus) hidup jauh di dalam samudra Arktik dan Atlantik Utara. Mereka dapat tumbuh hingga sepanjang 24 kaki (7,3 meter) dan memiliki makanan yang mencakup berbagai hewan lain, termasuk ikan dan mamalia laut seperti anjing laut, menurut observatorium hiu St. Lawrence di Kanada.

Sebuah studi tahun 2016 tentang jaringan mata hiu Greenland, diterbitkan dalam jurnal science, diperkirakan hiu ini dapat memiliki masa hidup minimal 272 tahun. Hiu terbesar dalam penelitian itu diperkirakan berusia sekitar 392 tahun, dan para peneliti memperkirakan bahwa hiu tersebut bisa berusia hingga 512 tahun, Menurut lapor live science sebelumnya. 

Perkiraan usia datang dengan tingkat ketidakpastian, tetapi bahkan perkiraan terendah 272 tahun masih menjadikan hiu ini vertebrata yang paling lama hidup di bumi. 

7. Cacing Tabung Berumur 300 Tahun

Cacing tabung adalah invertebrata yang hidup di dasar laut. Bakteri dalam tabung mereka membuat gula dari bahan kimia, yang mereka serap sebagai makanan, menurut dive and discover dari Woods Hole Oceanographic Institution. 

Beberapa cacing tabung hidup di sekitar lubang hidrotermal, tetapi spesies yang paling lama hidup ditemukan di lingkungan yang lebih dingin dan lebih stabil yang disebut rembesan dingin, tempat bahan kimia keluar dari retakan atau celah di dasar laut, menurut exploring our fluid earth situs web yang diselenggarakan oleh University of Hawaii. 

Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal The Science of Nature menemukan bahwa escarpia laminata, spesies cacing tabung rembesan dingin di Teluk Meksiko, secara teratur hidup hingga 200 tahun, dan beberapa spesimen bertahan selama lebih dari 300 tahun. 

Cacing tabung memiliki metabolisme yang lambat dan sedikit ancaman alami (seperti predator), yang telah membantu makhluk ini berevolusi dalam rentang hidup yang begitu lama. 

8. Kerang Quahog Laut Berumur 500 Tahun

Kerang quahog laut (arctica islandica) menghuni Samudra Atlantik Utara. Spesies air asin ini dapat hidup lebih lama dari kerang lainnya dalam daftar ini, sebagai rujukan yaitu kerang mutiara air tawar. Satu kerang quahog laut yang ditemukan di lepas pantai Islandia pada tahun 2006 berusia 507 tahun, menurut National Museum Wales di Inggris. Kerang kuno dijuluki Ming karena lahir pada tahun 1499, ketika dinasti Ming memerintah Tiongkok (dari 1368 hingga 1644). 

"Di perairan yang lebih dingin di sekitar Islandia, Ocean Quahog memiliki metabolisme yang lebih lambat sehingga tumbuh dengan lambat dan bahkan dapat hidup lebih lama, dari 507 para ilmuwan belum menemukan yang lebih tua!" Anna Holmes, kurator keanekaragaman hayati invertebrata (bivalvia) di Museum Nasional Wales, menulis di situs museum, pada tahun 2020.

 

4 dari 4 halaman

9. Karang Hitam Berumur 4000 Tahun

Karang terlihat seperti bebatuan dan tanaman bawah air yang berwarna-warni, tetapi sebenarnya terdiri dari kerangka luar invertebrata yang disebut polip. Polip ini terus berkembang biak dan menggantikan diri mereka sendiri dengan membuat salinan yang identik secara genetik, yang seiring waktu menyebabkan struktur kerangka luar karang tumbuh semakin besar. 

Oleh karena itu, karang terdiri dari beberapa organisme yang identik dan bukan organisme tunggal, sehingga masa hidup karang lebih merupakan upaya tim. 

Karang hitam perairan dalam adalah salah satu karang yang paling lama hidup. Spesimen karang hitam yang ditemukan di lepas pantai Hawaii telah diberi penanggalan radiokarbon berusia 4.265 tahun, Menurut laporan live science sebelumnya. 

10. Spons Kaca Berumur 10.000 Tahun

Spons terdiri dari koloni hewan, mirip dengan karang, dan juga dapat hidup selama ribuan tahun. Spons kaca adalah salah satu spons yang paling lama hidup di Bumi. Anggota kelompok ini sering ditemukan di laut dalam dan memiliki kerangka yang menyerupai kaca, itulah namanya, menurut NOAA. Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam jurnal chemical geology diperkirakan bahwa spons kaca yang termasuk dalam spesies monorhaphis chuni berumur sekitar 11.000 tahun. Spesies spons lain mungkin dapat hidup lebih lama lagi.

11. Turritopsis Dohrnii Berpotensi Hidup Abadi

Turritopsis dohrnii disebut ubur-ubur abadi karena berpotensi hidup selamanya. Ubur-ubur memulai hidup sebagai larva sebelum menetap di dasar laut dan berubah menjadi polip. Polip ini kemudian menghasilkan medusa atau ubur-ubur yang berenang bebas. Turritopsis dohrnii dewasa istimewa karena mereka dapat berubah kembali menjadi polip jika rusak secara fisik atau kelaparan, menurut American Museum of Natural History, dan kemudian kembali ke keadaan ubur-ubur mereka.

Ubur-ubur, yang berasal dari Laut Mediterania, dapat mengulangi prestasi membalikkan siklus hidup mereka beberapa kali dan karena itu mungkin tidak akan pernah mati karena usia tua dalam kondisi yang tepat, menurut Museum Sejarah Alam. di London. Turritopsis dohrnii kecil, berukuran kurang dari 0,2 inci (4,5 milimeter) biasanya dimakan oleh hewan lain, seperti ikan, atau mungkin mati dengan cara lain, sehingga mencegah mereka mencapai keabadian.

12. Hydra Berpotensi Hidup Abadi

Hydra adalah sekelompok invertebrata kecil dengan tubuh lunak yang sedikit menyerupai ubur-ubur dan, seperti turritopsis dohrnii, mereka memiliki potensi untuk hidup selamanya. Invertebrata ini sebagian besar terdiri dari sel induk, yang terus beregenerasi melalui duplikasi atau kloning, sehingga hewan ini tidak memburuk seiring bertambahnya usia. 

Mereka mati dalam kondisi alami karena ancaman seperti pemangsa dan penyakit, tetapi tanpa bahaya eksternal ini, mereka dapat terus beregenerasi selamanya. 

"Mereka tampaknya tidak menua, jadi berpotensi, mereka abadi ," Daniel Martínez, seorang profesor biologi di Pomona College di Claremont, California, yang menemukan kurangnya penuaan pada hydra, sebelumnya mengatakan kepada live science. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.