Sukses

10 Taman Nasional Indah di Asia Tenggara, Bromo dan Pulau Komodo Masuk Daftar

Berikut ini adalah 10 taman nasional indah yang tersebar di seluruh Asia Tenggara, dilansir dari Jacada Travel.

Liputan6.com, Jakarta - Taman nasional memiliki peran yang sangat penting untuk kelestarian alam.

Ada segudang alasan mengapa kita membutuhkan taman nasional selain dari segi pariwisata atau tourism.

Taman nasional bertujuan untuk melindungi sistem penyangga kehidupan, pengawetan keanekaragaman tumbuhan, dan satwa serta lestari sumber daya alam hayati dan ekosistemnya. 

Mengutip dari Greentumble, Sabtu (11/2/2023), melestarikan keragaman alam manusia yang kaya sangat penting bagi kelangsungan hidup umat manusia di planet bumi.

Penciptaan taman nasional di seluruh dunia diatur oleh tiga konsep kunci yakni kelestarian, konservasi, dan perlindungan habitat.

Asia Tenggara ternyata adalah rumah bagi banyak taman nasional yang mencakup beragam bentang alam dan satwa liar.

Berikut ini adalah 10 taman nasional indah yang tersebar di seluruh Asia Tenggara, dilansir dari Jacada Travel.

1. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Indonesia

Salah satu gunung berapi aktif di Indonesia, Gunung Bromo, terletak di antara pegunungan Tengger di Jawa dengan tinggi 2.329 meter sembari dikelilingi oleh lanskap luas seperti gurun yang dikenal sebagai Lautan Pasir.

Banyak pencinta alam datang ke sini untuk melihat matahari terbit di atas Bromo. Kegiatan populer lainnya adalah melakukan perjalanan sembari menunggang kuda melintasi dataran berpasir untuk mendaki Gunung Bromo itu sendiri.

Di puncak Bromo, berjalanlah di sekitar kawah saat kamu melihat pemandangan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan sekitarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Taman Nasional Taman Negara, Malaysia

Hutan hujan tertua di dunia, Taman Negara, terbentang seluas 4.343 kilometer persegi, yang mencakup setiap habitat hutan Malaysia.

Hutan ini juga mencakup mulai dari hutan hujan dataran rendah hingga hutan awan dataran tinggi, serta tempat untuk salah satu jalan kanopi terpanjang di dunia.

Banyak yang bisa dilihat di sini seperti jalur alam berkelok-kelok melalui taman menuju gua, air terjun, dan pemukiman Orang Asli, satwa liar mulai dari harimau dan badak sumatera yang sulit ditangkap, hingga owa, burung enggang, dan elang yang jauh lebih sering terlihat.

3. Taman Nasional Khao Sok, Thailand

Di Provinsi Surat Thani, Thailand selatan, taman nasional seluas 739 kilometer persegi ini berisi hutan cemara tertua di dunia.

Ada juga pegunungan kapur dengan air terjun, gua, dan danau yang tersembunyi di antaranya, terutama danau Cheow Lan, yang menonjol karena rumah rakit apungnya yang unik serta keindahannya yang luar biasa.

Berangkatlah dengan kayak atau jelajahi hutan untuk melihat satwa liar, seperti gajah liar, monyet lutung berkacamata, dan burung enggang.

3 dari 4 halaman

4. Taman Nasional Kinabalu, Malaysia

Sabah, negara bagian utara di Borneo Malaysia, adalah rumah dari Taman Nasional Kinabalu.

Sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pertama di Malaysia, Taman Nasional Kinabalu diyakini sebagai salah satu situs biologis paling penting di dunia dengan lebih dari 4.500 spesies flora dan fauna, termasuk banyak spesies endemik.

Empat zona iklim taman mencakup 754 kilometer persegi, dengan pusatnya adalah Gunung Kinabalu seluas 4.095 meter.

5. Taman Nasional Pulau Komodo, Indonesia

Taman Nasional Pulau Komodo juga merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO dan mencakup 1.733 kilometer persegi, meliputi tiga pulau vulkanik Komodo, Padar dan Rinca, bersama 26 pulau kecil dan perairan sekitarnya.

Pulau-pulau tersebut terkenal sebagai rumah bagi kadal terbesar di dunia, komodo, dan taman nasional bahkan didirikan terutama untuk melindungi spesies endemik ini.

Kini, lebih banyak lagi spesies darat dan laut yang telah diakui kepentingannya dari savana pulau, hutan bakau dan awan, dan perairan sekitarnya, yang merupakan rumah bagi kehidupan laut seperti hiu paus dan pari manta.

6. Taman Nasional Hoàng Liên, Vietnam

Di distrik Sapa yang sangat indah di Vietnam, Taman Nasional Hoàng Liên mencakup 30 kilometer persegi tanah di dalam jajaran Hoàng Liên Son.

Taman nasional ini juga dekat lokasinya dengan Gunung Fansipan yang menjulang 3.142 meter di atas permukaan laut.

Hutan hujan beriklim sedang menyelimuti pegunungan, menciptakan lingkungan yang ideal untuk flora dan fauna yang melimpah, termasuk sebanyak 347 spesies burung.

4 dari 4 halaman

7. Taman Nasional Pha Taem, Thailand

Di provinsi Ubon Ratchathani, Thailand, Taman Nasional Pha Taem memiliki luas 340 kilometer persegi dan menggabungkan hutan hujan tropis dataran rendah dan tebing Pha Taem di mana seni cadas berusia 3.000 tahun dapat dilihat.

Dari tebing itu, di puncaknya kamu dapat melihat Laos.

Air terjun seperti Nam Tok Soi Sawan sepanjang 25 meter tersebar di seluruh hutan, serta formasi batuan berbentuk jamur yang ikonis di taman dan ladang bunga terbesar di Thailand.

8. Taman Nasional Gunung Mulu, Malaysia

Dekat dengan Miri di Sarawak, Situs Warisan Dunia UNESCO ini terdiri dari puncak batu pasir Gunung Mulu, gua-gua besar dan formasi karst yang merupakan bagian dari jaringan gua yang luas, serta tebing dan ngarai.

Hutan di sekitarnya adalah rumah bagi delapan spesies rangkong dan mamalia seperti beruang madu kecil Malaysia. Karena lokasinya yang terpencil, satu-satunya cara untuk mencapai Mulu adalah dengan mengambil penerbangan singkat dari Miri, tetapi begitu kamu berada di sana, kesempatan untuk ekowisata dan penjelajahan gua membuat perjalanan ini berharga.

9. Taman Nasional Kelimutu, Indonesia

Di pulau Flores Indonesia, kawasan pegunungan Taman Nasional Kelimutu memiliki Gunung Kelibara dengan tinggi 1.731 meter.

Daya tarik utama Gunung Kelimutu lainnya ada di samping tiga danau kawah berwarna cerah. Hutan pinus di sekitarnya juga terkenal karena banyaknya spesies tumbuhan dan hewan yang terancam punah, termasuk rusa Jawa dan Drongo.

Banyak pengunjung pergi ke taman nasional ini untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit di atas Kelimutu sembari jelajahi hutan menuju danau.

10. Taman Nasional Khao Yai, Thailand

Tersebar di 300 kilometer persegi di pegunungan Sankamphaeng Thailand, Taman Nasional Khao Yai berkisar dari ketinggian 400 hingga 1000 meter.

Kisaran ketinggian ini meliputi padang rumput dan hutan cemara dengan banyak satwa liar seperti gajah liar, siamang, dan beruang hitam Asia.

Dari air terjun taman, Heo Narok adalah yang paling mengesankan dengan ketinggian 80 meter. Cobalah kayak dan arung jeram, atau jelajahi jalur hiking sepanjang 50 kilometer di taman ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.