Sukses

7 Wanita Terkaya Sedunia di Awal 2023, Ada Janda Miliarder

Wanita terkaya sedunia di awal 2023. Mereka merupakan keturunan, mantan istri, atau janda miliarder. Berikut ini ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Wanita terkaya di dunia ternyata bukanlah seorang ratu atau putri. Sosok pebisnis lah yang berada di pucuknya.

Menyambut tahun 2023, nama pemilik perusahaan kecantikan L'Oreal masih memegang mahkota sebagai wanita terkaya.

Francoise Bettencourt Meyers dan keluarganya memiliki kekayaan sebesar US$ 80,9 miliar (Rp 1.222 triliun). Ia merupakan orang terkaya nomor 12 di dunia, lebih kaya dari Jack Ma dan Mark Zuckerberg.

Angka itu berdasarkan perhitungan Real Time Billionaires dari Forbes, Rabu (8/2/2023). 

Meyers berasal dari Prancis. Ia merupakan cucu dari pendiri L'Oreal, yaitu Eugène Paul Louis Schueller. L'Oreal eksis di berbagai negara dunia sebagai produk kecantikan berkualitas dengan harga terjangkau berbagai kalangan.

Keluarga Meyers merupakan pemegang saham terbesar di L'Oreal, totalnya 33 persen. Meyers menjadi penerus L'Oreal pada tahun 2017 ketika ibunya, Liliane Bettencourt meninggal dunia. 

Para wanita-wanita terkaya lainnya juga umumnya mendapatkan kekayaan dari warisan hingga harta perceraian.

Berikut ini daftar tujuh wanita terkaya di dunia pada awal 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Francoise Bettencourt Meyers

Kekayaan: US$ 80,9 miliar (Rp 1.222 triliun)

Negara: Prancis

Menurut profilnya di Forbes, Francoise juga menjabat di dewan direksi L'Oreal sejak tahun 1996.

Ia pun merupakan chairwoman dari perusahaan holding yang menjadi pemegang saham terbesar L'Oreal, yakni Tethys. Francoise mengurus perusahaan itu bersama suaminya, Jean-Pierre Meyers, yang menjabat sebagai CEO. 

Pada 2019, keluarga Meyers memberikan kontribusi untuk renovasi Katedral Notre Dame yang terbakar di Paris. 

Berdasarkan situs resminya, L'Oreal kini hadir di 150 negara di seluruh dunia dan memiliki 88 ribu pegawai.

3 dari 8 halaman

2. Julia Koch

Kekayaan: US$ 58,8 miliar (Rp 887,2 triliun)

Negara: Amerika Serikat

Wanita berikutnya di daftar terkaya adalah Juliah Koch dan keluarga. Julia yang berusia 60 tahun ini merupakan janda dari miliarder David Koch.

Kekayaan Julia berasal dari Koch Industries yang merupakan konglomerasi di berbagai sektor, seperti makanan, pakaian, tambang, hingga bahan pakaian. 

Menurut situs David Koch Foundation, saat ini Julia duduk di dewan direksi Koch Industries, Memorial Sloan Kettering Cancer Center (MSK), dan Metropolitan Museum of Art. 

Julia memang disebut penggemar seni. Sebelumnya, ia merupakan anggota dewan direksi School of American Ballet.

4 dari 8 halaman

3. Alice Walton

Kekayaan: US$58,4 miliar (Rp 880,9 triliun)

Negara: Amerika Serikat

Alice Walton merupakan salah satu dari pewaris tempat belanja Walmart. Selain itu, ia juga merupakan penggemar kesenian. Alice merupakan Chairman dari  Crystal Bridges Museum Of American Art. 

Kedua kakaknya, Jim dan Rob Walton, juga masuk daftar orang-orang terkaya di dunia. Alice berada di posisi orang terkaya nomor 22 dunia.

Alice tercatat aktif di politik dan merupakan pendukung Hillary Clinton.

5 dari 8 halaman

4. Jacqueline Mars

Kekayaan: US$ 39 miliar (Rp 588,5 triliun) 

Negara: Amerika Serikat

Jacqueline Mars merupakan pemilik dari sepertiga Mars, perusahaan pembuat makanan kecil. Perusahaan itu juga pembuat Whiskas dan Royal Canin.

Perusahaan itu didirikan oleh Franklin Clarence Mars, kemudian dilanjutkan oleh anak laki-lakinya yang bernama Forrest. Kemudian Jacqueline juga menjadi anggota direksi perusahaan selama hampir 20 tahun. Ia pensiun pada 2016. 

Putrai dari Jacqueline, Stephen Badger, kini menjabat sebagai direksi di Mars. 

6 dari 8 halaman

5. Miriam Adelson

Kekayaan: US$ 35,8 miliar (Rp 540,4 triliun)

Negara: Amerika Serikat

Miriam Adelson adalah janda dari Sheldon Adelson yang merupakan raja judi di AS. Mendiang Adelson dulunya adalah pemilik Las Vegas Sands Corporation.

Forbes menyebut Miriam kini memiliki lebih dari setengah saham dari Las Vegas Sands. Miriam memiliki gelar sebagai seorang dokter.

Miriam dikenal dekat dengan Israel. Pada 2021, The Jerusalem Post melaporkan wanita itu mendapat gelar kehormatan dari Ariel University.

Pasangan Adelson juga dikenal dekat politik. Sheldon merupakan pendukung dari mantan Presiden Donald Trump, sementara Miriam pernah meraih Medal of Freedom dari Trump. 

7 dari 8 halaman

6. Gina Rinehart

Kekayaan: US$ 29,6 miliar (Rp 446,9 triliun) 

Negara: Australia

Gina Rinehart merupakan orang terkaya di Australia. Wanita berusia 68 tahun ini memiliki kekayaan dari industri pertambangan, Hancock Prospecting. Aset terbesarnya adalah proyek tambang Roy Hill. 

Ia merupakan putri dari Lang Hancock yang merupakan penjelajah tambang. Rinehart berhasil membangkitkan perusahaan ayahnya yang kesulitan. Selain tambang, Rinehart aktif di sektor peternakan.

Pada awal 2023 ini, media-media Australia menyebut bahwa Rinehart membagikan saham kepada 41 anak buahnya. Masing-masing mendapatkan 100 ribu dolar Australia. 

8 dari 8 halaman

7. MacKenzie Scott

Kekayaan: US$ 27,5 miliar (Rp 415,3 triliun)

Negara: Amerika Serikat

Nama MacKenzie Scott sempat menjadi sorotan dunia karena ia dulunya istri dari Jeff Bezos, salah satu orang terkaya di dunia. 

MacKenzie dan Jeff bercerai setelah Jeff dilaporkan memiliki hubungan dengan wanita lain. Namun, MacKenzie mendapatkan banyak saham dari Amazon, sebab wanita itu juga terlibat di perusahaan itu sejak awal. 

Meski mendapatkan kekayaan yang fantastis berkat perceraiannya, MacKenzie dilaporkan kerap menyumbangkan uangnya. Kini, ia masih berada di posisi 51 orang terkaya di dunia.

 

US$ 1: Rp 15.105

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.