Sukses

Media AS Ramai PHK Jurnalis, Apa Penyebabnya?

Dari CNN hingga Washington Post, media AS mengumumkan PHK.

Liputan6.com, New York - Dari CNN hingga Washington Post, media AS menghadapi masa-masa sulit, karena serangkaian outlet mengumumkan PHK di tengah kekhawatiran penurunan ekonomi.

Vox Media, pemilik situs web Vox dan The Verge serta New York Magazine dan platform daringnya, mengumumkan pada Jumat (20/1) bahwa mereka memberhentikan tujuh persen stafnya.

PHK kemudian berlanjut di CNN, NBC, MSNBC, Buzzfeed, dan outlet lainnya, dikutip dari NST.com.my, Minggu (22/1/2023).

Dalam sebuah memo kepada staf-nya, CEO Vox Media Jim Bankoff mengumumkan "keputusan sulit untuk menghilangkan sekitar tujuh persen dari staf kami di seluruh departemen karena lingkungan ekonomi yang menantang dan berdampak pada bisnis serta industri kami."

Memo tersebut, yang dikonfirmasi ke AFP oleh Vox Media, mengatakan karyawan dan jurnalis yang terkena dampak akan diberitahukan untuk diberhentikan dalam 15 menit ke depan. Itu berarti sekitar 130 dari 1.900 staf grup.

Meghan McCarron, seorang jurnalis pemenang penghargaan yang menghabiskan lebih dari sembilan tahun di Eater, sebuah situs web makanan milik Vox Media, men-tweet pada Jumat bahwa dia termasuk di antara mereka yang di-PHK --saat hamil 37 minggu.

"Saya dan mitra saya sangat bersemangat untuk menjadi orang tua," tulis McCarron.

"Saya tidak bisa benar-benar memproses jumlah ketidakpastian yang kita hadapi sekarang," tambahnya.

Seorang juru bicara Vox media mengatakan kepada AFP bahwa mereka tidak dapat mengomentari kasus-kasus tertentu, tetapi karyawan ditawari "paket pesangon yang kompetitif", termasuk pembayaran pesangon tambahan untuk mereka yang "direncanakan akan cuti melahirkan dalam waktu dekat."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kemarahan Para Jurnalis

Wartawan yang diberhentikan dari organisasi lain dalam beberapa pekan terakhir juga menggunakan Twitter untuk mengungkapkan kemarahan, kekecewaan, atau rasa terima kasih kepada rekan mereka, sambil mulai mencari pekerjaan baru.

"Saya akan memikirkan langkah saya selanjutnya. Saya seorang reporter data tetapi saya juga menulis dan memproduksi," cuit Emily Siegel, yang diberhentikan setelah lima tahun sebagai reporter investigasi di NBC.

"Saya ingin terus melakukan pekerjaan ini."

Sementara PHK media tidak sedramatis raksasa teknologi seperti Microsoft dan Google, yang mengumumkan bahwa mereka memangkas 12.000 pekerja lagi, itu adalah konsekuensi dari penurunan pendapatan iklan di tengah iklim ekonomi yang suram, kata Chris Roush, dekan dari Sekolah Komunikasi di Universitas Quinnipiac di Connecticut.

"Bagi banyak dari mereka tumbuh dan berkembang dengan harapan bahwa akan dapat menumbuhkan audiens atau pembaca ke tingkat tertentu," kata Roush kepada AFP.

"Dan itu belum terjadi dan tidak mungkin terjadi mengingat kondisi perekonomian."

 

3 dari 4 halaman

Penurunan Karyawan

Pekerjaan di ruang redaksi mengalami penurunan yang stabil di Amerika Serikat, turun dari 114.000 menjadi 85.000 jurnalis antara tahun 2008 dan 2020, menurut sebuah studi tahun 2021 oleh Pew Research Center.

"Jurnalisme telah berada di bawah tekanan untuk waktu yang lama, dan sejumlah perusahaan tampaknya berpikir ini adalah waktu yang tepat untuk mengurangi biaya tenaga kerja mereka," kata Writers Guild of America, East dalam sebuah pernyataan kepada AFP.

Serikat pekerja terdiri dari jurnalis dari NBC dan MSNBC. Kedua outlet tersebut menolak permintaan komentar AFP, dan mengucapkan selamat tinggal kepada sekitar 75 karyawan, menurut media AS.

Pengumuman serupa ditakuti di Washington Post, di mana CEO Fred Ryan memperingatkan bulan lalu bahwa "sejumlah posisi" akan dipotong pada minggu-minggu berikutnya.

The Washington Post Magazine ditutup pada Desember 2022 sebagai upaya "transformasi global dan digital" surat kabar tersebut.

Dan Wakil CEO Media Nancy Dubuc mengumumkan kepada stafnya bahwa perusahaan tersebut akan dijual.

 

4 dari 4 halaman

PHK Jumlah Besar

Dalam beberapa bulan terakhir, CNN telah memberhentikan sekitar beberapa ratus pekerja dari total sekitar 4.000 orang, menurut media AS.

Pemotongan terjadi karena perusahaan menjalani restrukturisasi setelah merger antara Warner Media, yang mencakup CNN dan HBO Max, dan Discovery.

Setelah merger, perusahaan induk baru CNN tiba-tiba menghentikan layanan streaming jaringan CNN+ senilai USUS$ 100 juta.

Naveen Sarma, seorang analis media senior dengan S&P Global Rating, mencatat "penurunan tajam dan sekuler" dari siaran tradisional dan televisi kabel di Amerika Serikat, yang menyebabkan penurunan dramatis dalam langganan TV berbayar.

"Itu adalah perjuangan terus-menerus agar semua perusahaan ini bisa masuk," kata Sarma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.