Sukses

Terkuak, Ini Dalang Kematian Misterius 8 Anggota Keluarga di Utah AS

Sempat jadi misteri, kini alasan kematian delapan orang di sebuah rumah di Utah, Amerika Serikat telah terkuak.

Liputan6.com, Enoch City - Sempat jadi misteri, kini kematian delapan orang di sebuah rumah di Utah, Amerika Serikat telah terkuak.

Seorang pria menembak dan membunuh tujuh anggota keluarganya sendiri, termasuk lima anak, kemudian menembak dirinya sendiri, kata polisi AS, dikutip dari laman NST.com.my, Jumat (6/1/2023).

Petugas di kota kecil Utah, Enoch City menemukan delapan jenazah -- salah satunya adalah anak berusia empat tahun.

Penemuan delapan jenazah ini diketahui usai seorang teman dari salah satu anggota keluarga tersebut mengkhawatirkannya.

Seorang juru bicara dari pemerintah di Enoch City mengatakan bahwa polisi telah menemukan tiga orang dewasa dan lima anak di satu rumah keluarga, semuanya tewas akibat luka tembak.

"Bukti menunjukkan bahwa tersangka bunuh diri setelah membunuh tujuh orang lainnya di rumah itu," kata sebuah pernyataan dari pemerintah kota tersebut dan menyebut pelaku bernama Michael Haight yang berusia 42 tahun.

Yang tewas adalah istrinya, ibunya, dan lima anak dari pasangan tersebut -- tiga perempuan dan dua laki-laki berusia antara empat dan 17 tahun.

Investigasi sedang dilakukan tetapi polisi mengatakan bahwa mereka tidak mencari tersangka lain sehubungan dengan kejahatan tersebut.

Enoch City adalah kota pedesaan berpenduduk sekitar 7.000 orang di barat daya Utah.

Terletak sekitar tiga setengah jam berkendara dari Salt Lake City.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kasus Penembakan Lainnya di Utah

Penembakan juga pernah terjadi di sebuah kediaman di Grantsville, Utah, AS. Menurut polisi, peristiwa yang terjadi pada Jumat 17 Januari 2020 malam waktu setempat itu menewaskan empat orang.

Menurut CNN yang dikutip Sabtu (18/1/2020), ada orang kelima yang terkena tembakan. Kini korban sudah dibawa ke rumah sakit.

Penembak yang dicurigai ditahan.

"Polisi yakin hanya ada satu penembak dan tidak ada bahaya lebih lanjut bagi masyarakat," ujar Kopral Rhonda Fields dengan Grantsville Police Department.

Sejauh ini Fields belum bisa memberikan informasi usia atau nama-nama korban maupun tersangka. Dia juga tidak mengatakan apakah korban dan pelaku saling mengenal.

Fields mengatakan, mereka masih bekerja untuk memberi tahu anggota keluarga korban penembakan.

Grantsville, sebuah kota dengan sekitar 11.000 orang, berjarak sekitar 35 mil barat daya dari Salt Lake City di Tooele County.

3 dari 4 halaman

Penembakan di Walmart Virginia AS, 10 Orang Tewas

Sementara itu, seorang pria bersenjata telah membunuh hingga 10 orang di supermarket Walmart di Chesapeake, di negara bagian Virginia, AS, kata polisi pada November 2022.

Seorang pria yang diyakini sebagai manajer toko melepaskan tembakan kemudian mengarahkan pistol ke dirinya sendiri, dan tewas.

Pihak berwenang Kota Chesapeake kemudian membuat twit "polisi mengkonfirmasi insiden penembak aktif dengan korban jiwa di Walmart".

Ada beberapa detail terkait penembakan tersebut, mengutip BBC, tetapi seorang polisi berbicara tentang tidak lebih dari 10 orang tewas dan banyak yang terluka. Tidak ada motif yang muncul.

Polisi mengatakan kepada wartawan bahwa serangan itu terjadi pada pukul 22.12 waktu setempat (03:12 GMT).

Juru bicara Leo Kosinski mengatakan penembakan itu diyakini terjadi di dalam toko, dan tersangka bertindak sendiri.

 

4 dari 4 halaman

Penembakan Malam Natal di Pub Inggris Tewaskan 1 Orang, Pelaku Bermobil Mercedes Diburu

Belum lama ini penembakan juga terjadi di Inggris dan menewaskan seseorang.

Menurut laporan BBC yang dikutip Senin (26/12/2022), polisi memburu seorang pria bersenjata setelah seorang wanita ditembak mati di sebuah pub di Merseyside, Inggris pada Malam Natal.

Tiga pria lainnya dirawat karena luka tembak di rumah sakit akibat serangan di Pub The Lighthouse di Wallasey Village, Wirral pada Sabtu 24 Desember sekitar pukul 23.50 GMT.

Sejumlah orang lainnya juga terluka, tambah polisi.

Petugas meminta informasi setelah pria bersenjata itu melarikan diri dengan kendaraan gelap, yang diyakini sebagai Mercedes.

Polisi Merseyside mengatakan wanita itu meninggal setelah dia dilarikan ke rumah sakit usai penembakan, yang terjadi di "tempat ramai yang penuh dengan anak muda".

Insiden itu digambarkan sebagai "tercela" oleh Kepala Polisi Serena Kennedy dan "memilukan" oleh anggota parlemen daerah itu, Dame Angela Eagle.

Detektif David McCaughrean berkata: "Kami memiliki sejumlah petugas di Desa Wallasey yang sedang melakukan penyelidikan ekstensif untuk memahami dengan tepat apa yang telah terjadi dan mengambil tindakan segera."

Keluarga wanita tersebut telah diberitahu dan didukung oleh petugas yang terlatih khusus.

Dalam sebuah pernyataan, pub The Lighthouse mengatakan mereka "benar-benar terkejut", menambahkan: "Ini adalah tragedi yang melampaui kata-kata."

"Semua pikiran kami bersama teman dan keluarga pelanggan kami dan khususnya hati kami tertuju kepada keluarga pelanggan kami yang telah kehilangan nyawanya."

"Kami telah memberikan rekaman CCTV kepada polisi dan prioritas kami adalah mendukung semua orang yang terkena dampak."

Seorang juru bicara mengatakan siapa pun yang memiliki pemesanan Hari Natal sedang dihubungi dan diberikan pengembalian uang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.