Sukses

Paus Fransiskus Akan Pimpin Pemakaman Sederhana Mantan Paus Benediktus XVI

Pemakaman mantan Paus Benediktus XVI, akan berlangsung Kamis (5/1/2023) dalam upacara tradisional yang dipimpin oleh Paus Fransiskus.

Liputan6.com, Vatikan - Pemakaman mantan Pope Benedict XVI (Paus Benediktus XVI) akan diadakan di Vatikan dalam upacara bergengsi.

Pemakaman Benediktus XVI, yang meninggal Sabtu 7 Januari 2023 pada usia 95 tahun, akan berlangsung Kamis (5/1/2023) dalam upacara tradisional yang dipimpin oleh Paus Fransiskus di St. Peter’s Square (Lapangan Santo Petrus) di Kota Vatikan.

Sejalan dengan keinginan Benediktus XVI, pemakamannya akan "sederhana”, menurut direktur kantor pers Takhta Suci, Matteo Bruni seperti dikutip dari CNN.

Upacaranya akan serupa dengan upacara paus yang berkuasa tetapi akan ada beberapa modifikasi, kata Bruni.

Benediktus XVI akan diangkat menjadi paus emeritus selama pemakaman, dan bahasa beberapa doa akan berbeda karena dia bukanlah paus yang berkuasa ketika dia meninggal.

Umatnya akan berdoa rosario saat peti mati Benediktus meninggalkan Basilica St. Peter (Basilika Santo Petrus) pada Kamis sekitar pukul 08.45 waktu setempat (02.45 ET).

Paus Fransiskus akan memimpin misa pemakaman yang akan dimulai pukul 09.30 waktu setempat di Lapangan Santo Petrus. Ini akan menjadi pertama kalinya di zaman modern seorang paus memimpin pemakaman pendahulunya.

Peti mati Benediktus kemudian akan diangkut melalui Basilika dan ke ruang bawah tanah Vatikan untuk dimakamkan, di makam pertama Yohanes Paulus II.

Makam itu dikosongkan setelah jenazah Yohanes Paulus II dipindahkan ke sebuah kapel di dalam Basilika setelah ia menjadi orang suci.

Menurut BBC, saat dunia menunggu pemakaman Paus Benediktus, Lapangan Santo Petrus di Vatikan diselimuti kabut.

Tapi sementara keruh mungkin mengaburkan kubah Basilika, itu tidak bisa menyembunyikan ratusan orang yang berkumpul di pagi yang dingin untuk memberikan penghormatan kepada mantan Paus tersebut.

Danke - artinya terima kasih dalam bahasa Jerman - dengan wajah Benediktus terlihat di salah satu spanduk.

Sementara itu, puluhan jurnalis dan juru kamera dari media internasional berjejer di alun-alun siap mengirimkan kiriman kembali ke pemirsa TV di seluruh dunia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sekilas Upacara Pemakaman

Pada saat penguburan selama ritus, sebuah anyaman akan ditempatkan di sekitar peti mati dengan penutup apostolic chamber, rumah kepausan, dan perayaan liturgi.

Peti mati akan ditempatkan di dalam peti mati seng yang disolder dan disegel, dan selanjutnya ditempatkan di dalam peti mati kayu, yang akan dikuburkan.

Upacara diperkirakan akan berakhir sekitar pukul 11.15 waktu setempat.

 

3 dari 4 halaman

Pejabat Datang

Pejabat terkenal termasuk Ratu Sofia dari Spanyol dan Kanselir Jerman Olaf Scholz akan menghadiri pemakaman, bersama Duta Besar AS untuk Takhta Suci Joe Donelly.

Benediktus XVI, yang merupakan paus pertama dalam hampir 600 tahun yang mengundurkan diri dari jabatannya, alih-alih menjabat seumur hidup, meninggal dunia pada 31 Desember di sebuah biara di Kota Vatikan, menurut sebuah pernyataan dari Vatikan.

Ia terpilih sebagai paus pada April 2005, setelah kematian Yohanes Paulus II.

Kematiannya memicu penghormatan dari para pemimpin politik dan agama termasuk Presiden AS Joe Biden, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dan Dalai Lama.

4 dari 4 halaman

Puluhan Ribu Pelayat Beri Penghormatan Terakhir untuk Paus Benediktus XVI

Sebelumnya, puluhan ribu orang diperkirakan akan memberi penghormatan kepada mantan Paus Benediktus XVI ketika pemakamannya dimulai di Vatikan nanti.

Dilansir BBC, Senin (2/1/2023), ia meninggal pada Malam Tahun Baru pada usia 95 tahun, hampir satu dekade setelah dia mengundurkan diri karena kesehatan yang buruk.

Vatikan mengatakan pemakamannya akan berlangsung sederhana, khidmat dan tenang. 

Jenazahnya akan diletakkan selama tiga hari dalam peti mati terbuka di Basilika Santo Petrus, dengan orang-orang diperbolehkan untuk memberikan penghormatan sampai jam 7 malam setiap malam. Pemakaman akan berlangsung di Lapangan Santo Petrus, sebelum Paus Emeritus dimakamkan di makam di bawah Basilika.

Vatikan merilis gambar jenazah pada hari Minggu, mengenakan jubah berkabung kepausan merah.

Benediktus XVI menjadi Paus pertama yang mengundurkan diri dalam 600 tahun pada 2013, dengan alasan kesehatan yang buruk.

Penghormatan mengalir dari seluruh dunia, dan pemakaman diperkirakan akan menarik ribuan orang.

Pemakaman kepausan terakhir, yaitu dari Paus Yohanes Paulus II pada tahun 2005, adalah salah satu pertemuan Katolik terbesar dalam sejarah, dan menarik sekitar empat juta orang ke Roma.

Pengaturan untuk acara pemakaman belum jelas, karena banyak tradisi yang terkait dengan kematian seorang Paus tidak diperlukan - terutama pemilihan penggantinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.