Sukses

China Hapus Aturan Karantina untuk Kedatangan Luar Negeri Mulai 8 Januari

China berencana menghapus aturan karantina untuk mereka yang datang dari luar negeri.

Liputan6.com, Beijing - China akan menghapus aturan karantina untuk kedatangan dari luar negeri mulai 8 Januari, otoritas kesehatan mengumumkan Senin (27 Desember). Ini terjadi setelah hampir tiga tahun pembatasan perbatasan pandemi yang ketat.

Dilansir Channel News Asia, Selasa (27/12/2022), Komisi Kesehatan Nasional (NHC) mengumumkan langkah-langkah penahanan yang diturunkan untuk COVID-19 dalam pemberitahuan online, menambahkan bahwa para pelancong hanya memerlukan tes reaksi berantai polimerase (PCR) yang dilakukan 48 jam sebelum penerbangan untuk memasuki China.

Pengumuman tersebut adalah langkah terbaru Beijing untuk melonggarkan rezim nol-COVID, setelah tiba-tiba membatalkan pengujian wajib dan lockdown pada awal bulan ini.

"Menurut undang-undang karantina kesehatan nasional, tindakan karantina penyakit menular tidak akan lagi diambil terhadap pelancong dan barang yang masuk," kata Komisi Kesehatan Nasional.

"Orang-orang harus melakukan tes PCR dalam 48 jam sebelum tiba di China," kata pemberitahuan itu, seraya menambahkan bahwa pembatasan jumlah penerbangan internasional juga akan dihapuskan.

Langkah-langkah tersebut akan berlaku mulai 8 Januari, ketika COVID-19 akan diturunkan dari tingkat teratas penyakit menular, Kelas A, ke tingkat kedua Kelas B, kata NHC dalam pemberitahuan terpisah pada Senin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aturan Pembatasan Ketat

Tidak seperti sebagian besar negara lain di dunia di mana orang telah beralih untuk hidup dengan pandemi, China hingga saat ini mempertahankan pembatasan yang keras dan sebagian besar menutup diri.

Sejak Maret 2020, semua penumpang yang tiba di negara tersebut harus menjalani setidaknya dua minggu karantina wajib terpusat, kemudian ditingkatkan menjadi tiga minggu.

Langkah-langkah tersebut sangat mengganggu pariwisata internasional dan perjalanan bisnis, yang semakin menghambat ekonomi negara yang terpukul COVID.

Kondisi hotel karantina yang tidak merata, pembatasan visa yang ketat, dan harga tiket pesawat yang tinggi yang disebabkan oleh rute internasional yang sangat berkurang juga memicu eksodus massal ekspatriat dari negara tersebut dalam beberapa tahun terakhir.

3 dari 4 halaman

Pelonggaran Aturan

Namun awal tahun ini, China sedikit melonggarkan pembatasan visa, mengizinkan kerabat langsung warga negara China untuk mengajukan visa reuni keluarga.

Peningkatan jumlah pemimpin dunia juga telah berkunjung sejak Olimpiade Musim Dingin Beijing pada bulan Februari.

4 dari 4 halaman

China Setop Terbitkan Data Infeksi Harian

China telah berhenti menerbitkan data harian COVID-19. Langkah ini menambah kekhawatiran bahwa kepemimpinan negara tersebut mungkin menyembunyikan informasi negatif tentang pandemi setelah pelonggaran pembatasan.

National Health Commission (NHC) atau Komisi Kesehatan Nasional China mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka tidak akan lagi mempublikasikan data setiap hari mulai Minggu 25 Desember 2022, dan bahwa "mulai sekarang, CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit) China akan merilis informasi COVID yang relevan untuk referensi dan penelitian."

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.