Sukses

Kasus COVID-19 Domestik Melonjak, China Lockdown 6 Juta Warga Zhengzhou

China menerapkan lockdown kembali lantaran meningkatnya kasus COVID-19.

Liputan6.com, Beijing - China telah memberlakukan serangkaian lockdown akibat COVID-19 terbaru, termasuk di kota tempat para pekerja di pabrik iPhone terbesar di dunia bentrok dengan polisi minggu ini. Hal ini karena China mencatat rekor kasus harian tertinggi.

Dilansir The Guardian, Jumat (25/11/2022), komisi kesehatan nasional melaporkan 31.444 kasus baru COVID-19 yang ditularkan secara lokal pada hari Rabu, angka harian tertinggi sejak Virus Corona pertama kali terdeteksi di pusat kota Wuhan di China pada akhir tahun 2019.

Pemerintah China merespons dengan memperketat pembatasan COVID di kota-kota, termasuk Beijing, Shanghai, dan Guangzhou, dan memerintahkan pengujian COVID-19 secara massal.

Di Zhengzhou, Provinsi Henan, di mana terjadi bentrokan pada Selasa dan Rabu antara polisi dan pekerja yang memprotes dari pabrik iPhone Foxconn, pihak berwenang mengumumkan lockdown selama lima hari untuk sekitar 6 juta orang. Warga diperintahkan untuk tinggal di rumah dan melakukan tes PCR setiap hari dalam upaya perang melawan virus. 

Seorang pekerja mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa protes telah dimulai karena perselisihan tentang bonus yang dijanjikan di pabrik Foxconn dan kondisi kehidupan yang “kacau”.

Foxconn, pemilik pabrik yang berbasis di Taiwan, yang mempekerjakan sekitar 200.000 orang di Zhengzhou, sangat ingin mempertahankan operasi pabrik setelah beberapa kasus COVID memaksanya untuk mengunci fasilitas, dan merekrut pekerja baru dari seluruh negeri.

Sementara itu, karyawan mengatakan protes dimulai setelah perusahaan mengubah ketentuan gaji mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kontra Ketatnya Aturan COVID-19

Penegakan ketat kebijakan "dinamis nol COVID" China selama hampir tiga tahun telah membebani ekonominya dan memicu frustrasi di kalangan penduduk.

Pada 11 November, pemerintah mengumumkan akan mempersingkat karantina dan melonggarkan pembatasan lainnya, sebuah langkah yang tampaknya ditujukan untuk mengurangi tekanan ekonomi dan meredakan ketidakpuasan publik. Namun pada saat yang sama, pejabat senior mengingatkan para kader agar tidak lengah.

Di antara langkah-langkah baru, Guangzhou memberlakukan lockdown lima hari di Distrik Baiyun mulai Senin untuk mengekang lonjakan kasus. Warga diminta untuk tinggal di rumah dan angkutan umum telah ditangguhkan, termasuk daerah yang tidak melaporkan infeksi selama tiga hari berturut-turut dapat mencabut pembatasan.

3 dari 4 halaman

Aturan Ketat di Berbagai Kota

Pemerintah Kota Changchun di timur laut, di provinsi Jilin, mendesak warganya untuk menghentikan pergerakan yang tidak penting dan menghindari pergi ke tempat umum, restoran, dan pertemuan publik.

Sementara Shanghai memperketat pembatasan kedatangan ke kota. Sebuah pemberitahuan di akun WeChat resmi kota mengatakan orang-orang yang bepergian ke kota mulai hari Kamis akan diuji Covid-19 dan dilarang pergi ke restoran dan pusat perbelanjaan, di antara tempat umum lainnya, selama lima hari setelah kedatangan mereka.

Untuk Beijing, pemerintah setempat telah memberlakukan persyaratan pengujian baru untuk pelancong dan penduduk yang masuk. Diperlukan hasil tes PCR negatif dalam waktu 48 jam bagi mereka yang ingin memasuki tempat umum seperti pusat perbelanjaan, hotel, dan gedung pemerintah. Sekolah di seluruh kota telah berpindah secara online. 

4 dari 4 halaman

Tetap Ketat Walau Jumlah Kasus Rendah

Meskipun jumlah kasusnya relatif rendah dibandingkan dengan angka global, bahkan wabah kecil di China sering menyebabkan penutupan kabupaten dan kota. Pihak berwenang minggu ini melaporkan kematian Covid pertama di China dalam enam bulan, sehingga totalnya menjadi 5.232.

Seorang penduduk Zhengzhou yang termasuk di antara mereka yang berebut untuk membeli makanan di pasar sebelum penguncian mengatakan di platform media sosial Sina Weibo: “Semua kios penuh dengan orang dan harga meroket … tidak ada yang tersenyum.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.