Sukses

19 November 2004: Rilis Perdana Film Layar Lebar SpongeBob

Liputan6.com, New York City SpongeBob SquarePants adalah spons kotak konyol yang mengenakan setelan cokelat dan tinggal di rumah nanas di dasar lautan. Spons imajinatif 'buatan' Amerika ini memulai ketenarannya dari seri-seri kartun komedi di saluran televisi (TV) Nickelodeon sejak 1999.

Mengutip dari Chicago Tribune, lima tahun setelah debut di stasiun TV, akhirnya film satu babak SpongeBob keluar perdana pada Jumat, 19 November 2004. Di film ini, untuk pertama kalinya SpongeBob dikisahkan keluar ke "kehidupan nyata" di permukaan.

Untuk bernostalgia dengan fase baru dari kartun favorit awal abad 21 itu, Liputan6.com menyajikan 9 fakta menarik film layar lebar dengan ikon kotak kuning itu, "The SpongeBob SquarePants Movie".

Kelahiran SpongeBob

Sutradara film dan pencipta SpongeBob, Stephen Hillenburg adalah mantan guru ilmu kelautan yang ingin membuat kartun laut. "Saya benar-benar ingin melakukan sesuatu, tentang orang yang tidak bersalah yang dikelilingi oleh makhluk yang lebih sinis. Semacam canggung, kutu buku, goofball, eksentrik," katanya. Ikan tampak terlalu biasa, jadi dia berimajinasi tentang spons.

Pertama Kalinya SpongeBob muncul ke permukaan

Sebagian besar episode di TV, "SpongeBob" berdurasi setengah jam yang tersusun dari film pendek berdurasi 10 menit. Sementara film layar lebar perdananya berdurasi 90 menit, jadi membutuhkan jenis cerita yang berbeda. Tak hanya mangambil latar di dasar laut, di film perdananya, SpongeBob dan teman bintang lautnya yang lamban (Patrick) melakukan perjalanan ke permukaan untuk menyelamatkan mahkota Raja Neptunus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Suara Pahlawan Laut yang Aneh

Suara Helium

Tom Kenny, pengisi suara SpongeBob yang bernada tinggi dan sengau, adalah seorang komikus stand-up yang telah bekerja dengan Hillenburg dalam serial kartun "Rocko's Modern World" tahun 1993.

Ketika "SpongeBob" dimulai pada 1999, Hillenburg teringat dengan karakter yang dimainkan Kenny pada 1993 itu. Ia pun membayangkan suara pahlawan laut yang aneh itu.

Raja Neptunus yang Botak

Di antara para artis yang mengisi suara di film tersebut adalah Jeffrey Tambor. Ia berperan sebagai Raja Neptunus yang marah besar karena mahkotanya yang hilang telah menunjukkan kebotakannya yang menyilaukan.

Tambor sebelumnya berperan sebagai ayah kriminal dalam komedi peraih Emmy Award "Arrested Development". Ia mengatakan bahwa tantangan di film "SpongeBob" sama dengan karakter sebelumnya, tetapi tidak dengan insecurity yang ia rasakan. "Aku terlihat jelek di permadani," kata Tambor.

Bill Fagerbakke sebagai Patrick 

Bill Fagerbakke, yang terkenal sebagai Dauber dari siaran TV "Coach", memiliki suara yang dalam secara alami tetapi harus menelannya lebih jauh untuk berperan sebagai teman bintang laut SpongeBob yang tolol, yaitu Patrick.

3 dari 4 halaman

Mengapa Orang Dewasa Menyukai SpongeBob

Lagu Bawah Laut

Selain menjadi pengisi suara SpongeBob, Kenny juga menulis dua lagu untuk soundtrack film: satu dengan lagu pahlawan berjudul "The Best Day Ever" dan satu lagi dengan Patrick menyanyikan "Under My Rock."

Mengapa orang dewasa juga menyukai SpongeBob

Hillenberg berpendapat, "Ini tentang menjaga sifat kekanak-kanakan Anda dalam hidup dan tidak sepenuhnya menjadi cerewet". Menurutnya, seiring bertambahnya usia, hal tersebut -- meski terkadang diinginkan -- semakin sulit untuk dilakukan.

Aksi epik Hasselhoff

David Hasselhoff -- artis ngetop kala itu -- muncul dalam aksi langsung sebagai penjaga pantai yang terjun untuk membantu SpongeBob dan Patrick di saat kritis.

"Kami menulis seluruh rangkaian ceritanya tanpa bertanya padanya," kata Hillenburg. "Beruntung, dia pria yang hebat. ... Dia bahkan tidak melihat materinya, tapi berkata, 'Saya ikut.' Dia juga hebat dalam mengolok-olok dirinya sendiri."

Selain itu, ada suara selebritas lainnya, termasuk Scarlett Johansson dan Alec Baldwin.

"Bertukar" Istri

Istri Kenny di kehidupan nyata, seorang pelawak Jill Talley, mengisi suara datar Karen Si Komputer "istri" penjahat Plankton.

Episode Masa Depan

Hanya ada beberapa episode baru serial TV "SpongeBob" sejak 2003, tetapi -- terlepas dari rumor -- seri tersebut tidak dihentikan.

Dua tahun setelah itu, empat episode baru diselesaikan untuk disiarkan di Nickelodeon pada awal 2005. Pencipta berencana untuk menyelesaikan total sekitar 20 episode kala itu.

4 dari 4 halaman

Official Teaser Trailer The SpongeBob Movie Sponge On The Run

Sementara itu, film terbaru SpongeBob diproduksi beberapa tahun lalu. Paramount Pictures resmi merilis Official Teaser Trailer "The SpongeBob Movie Sponge On The Run" pada 2019 dan menayangkan filmnya di bioskop pada 2020. 

Film petualangan komedi bawah laut kali ini disutradarai oleh mantan penulis serial "SpongeBob" Tim Hill, dan yang menulis skenarionya Jonathan Aibel, Glenn Berger, dan Michael Kvamme.

Buat anda yang ingin bernostalgia dengan adegan lucu SpongeBob dan rekan-rekannya, jangan kuatir, saat ini serial "SpongBob SquarePants" hadir di platform Vidio, tepatnya di channel Paramount Pictures ID.

 

Penulis: Safinatun Nikmah

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS