Sukses

Joe Biden Tersandung Anak Tangga, Sontak Ditolong Jokowi

Presiden Amerika Serikat Joe Biden tersandung anak tangga saat hendak memasuki area Taman Hutan Raya, Bali, Rabu (16/11).

Liputan6.com, Nusa Dua - Presiden Amerika Serikat Joe Biden tersandung anak tangga saat hendak memasuki area Taman Hutan Raya, Bali, Rabu (16/11).

Momen Joe Biden tersandung ini tertangkap kamera saat siaran langsung dari akun YouTube Sekretariat Presiden dengan judul; LIVE: Kunjungan Pemimpin G20 ke Taman Hutan Raya, Bali.

Kala itu, Joe Biden turun dari mobilnya dan dating menemui Jokowi yang saat itu siap menyambut.

Saat keduanya berjalan bersama naik anak tangga, tiba-tiba Joe Biden tersandung.

Refleks tangan kiri Jokowi menopang tubuh dan tangan Joe Biden, demikian pantauan Liputan6.com dari Media Center KTT G20, Rabu (16/11/2022).

Taman Hutan Raya yang ada di Provinsi Bali adalah Tahura Ngurah Rai yang merupakan suatu kawasan bertipe hutan payau yang selalu tergenang air payau dan dipengaruhi oleh pasang surut, dikutip dari laman bpkh8.menlhk.go.id.

Dilihat dari vegetasinya, Tahura Ngurah Rai memiliki fungsi dalam mencegah abrasi yang mengancam Bali.

Dilihat dari letak kawasan Tahura Ngurah Rai yang sangat strategis yang berada di pusat pertumbuhan bisnis dan pariwisata di Bali,yakni berada di tengah 3 kawasan wisata utama: Nusa Dua, Sanur, dan Kuta.

Wilayah Taman Hutan Raya Ngurah Rai secara administrasi pemerintahan, terletak di Teluk/Tanjung Benoa dan sekitarnya pada wilayah Kecamatan Kuta dan Kuta Selatan Kabupaten Badung seluas 627 Ha, dan Pulau Serangan Kecamatan Denpasar Selatan Kota Denpasar seluas 746,50 Ha.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kala Joe Biden Hormat ke Jokowi di KTT G20

Selasa 15 November 2022 pagi para pemimpin dunia dan delegaso negara G20 menuju The Apurva Kempinski Bali, lokasi KTT G20 digelar. Satu per satu disambut oleh Jokowi sebelum melakukan sesi foto bersama.

Di antara pemimpin negara dan delegasi G20 yang hadir, Presiden AS Joe Biden menjadi satu-satunya yang memberikan gesture hormat kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Pantauan Liputan6.com dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (15/11/2022), Joe Biden memberi 'hormat' kepada Jokowi sesaat sebelum naik panggung tempat sesi foto dilakukan. Ia kemudian terlihat menyalaminya lalu berfoto dan turun menuju venue acara.

KTT G20 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali segera mempertemukan para pemimpin dunia untuk duduk bersama dan melakukan dialog guna menemukan solusi untuk permasalahan global. 

Sementara menurut pantauan Liputan6.com dari Media Center di Nusa Dua, Bali, sebelumnya pemimpin dunia lainnya juga telah hadir. Mereka adalah Sekjen WHO, Delegasi ILO, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, PM Belanda Mark Rutte, PM Kanada Justin Trudeau, Presiden Argentina Alberto Fernandez, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan hingga PM Inggris Rishi Sunak dan sejumlah pemimpin lainnya.

 

3 dari 4 halaman

Pertemuan Sebelumnya

Sebelumnya, Presiden Jokowi bertemu sudah bertemu Presiden Amerika Serikat di Bali, sebelum penyelenggaraan KTT G20 yakni pada Senin 14 November.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi tampak mengenakan setelan jas hitam, sementara Joe Biden dengan setelah jas biru.

Dalam siaran diunggah oleh akun Sekretariat Presiden, Jokowi mengucapkan selamat datang pada Joe Biden.

"Presiden Joe Biden selamat datang di Bali, selamat datang di Indonesia.Saya sangat menghargai kedatangan Presiden Joe Biden KTT G20 Bali," kata Jokowi pada Senin (14/11/2022).

"Oleh karena itu saya sampaikan apresiasi kedatangan di KTT G20."

"Saya berharap KTT G20 bisa menghasilkan kerja sama yang konkret yang dapat membantu dunia dalam pemulihan ekonomi global."

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tiba di Bali pada Minggu (13/11/2022) malam sekitar pukul 21.45 WITA di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Kedatangan Presiden AS Joe Biden disambut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. 

4 dari 4 halaman

Spouse Program G20, Ibu Negara Korea Selatan Makan Rujak Bareng Iriana

Yang tak kalah jadi sorotan adalah Ibu Negara Korea Selatan Kim Keon Hee menikmati rujak dan emping dalam kunjungannya ke KTT G20 di Bali. Ia menikmati makanan khas Indonesia itu dalam acara yang dipandu Ibu Negara RI Iriana Jokowi. 

Para pasangan pemimpin G20 memang diajak untuk jalan-jalan dalam acara Spouse Program. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif turut menyediakan kuliner dan pameran seni lokal.

Rujak dan emping menjadi bagian dari menu lokal yang disajikan kepada para peserta Spouse Program. 

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf, Rizki Handayani Mustafa, menyebut bahwa Ibu Negara Korea Selatan juga turut menikmati sajian tersebut. 

Rizki menjelaskan rujak yang disantap memiliki jambu, salang yang dipotong tipis, hingga bengkoang.

Ada perwakilan enam negara yang hadir di acara Spouse Program. Selain Korea Selatan, ada China, Spanyol, Jepang, Turki, dan dari Uni Eropa. Perwakilan dari Uni Eropa adalah suami Presiden Komisi Eropa, yakni Heiko von der Leyen.

"Mereka terhadap apa yang kita pamerkan sangat tertarik," ujar Rizki Handayani di Media Center G20 di Bali, Selasa (15/11/2022).

Rizki juga menjelaskan bahwa para perwakilan negara bergaul dengan akrab dengan Ibu Negara RI Iriana.

Wakil Menparekraf Angela Tanoesoedibjo berkata bahwa acara Spouse Program berhasil digelar dengan sukses. 

"Berdasarkan obvervasi kami, para pasangan menikmati acara pagi ini dan mengapresiasi tampilan persatuan dan keanekaragaman Indonesia dari Aceh ke Papua. Kami berharap Spouse Program dapat menjadi pandangan sekilas dari keramahtamahan Indonesia yang terkenal, pariwisata, dan ekonomi hijau," ujar Angela Tanoesoedibjo.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.