Sukses

7 Musisi Dunia dengan Identitas yang Masih Rahasia, Wajahnya Ditutup Saat Manggung

Liputan6.com, Jakarta - Dalam industri musik modern di mana penampilan itu penting dan visual penyanyi ditonjolkan, akankah seorang seniman yang lebih memilih untuk tetap tidak menunjukan berwajah dapat membangun karier yang sukses?

Tak perlu dikatakan lagi bahwa sebagian besar musisi lebih suka diakui karena bakat mereka. Bahkan sengaja mengakui menyembunyikan identitas.

Meskipun anonimitas bukanlah konsep yang sepenuhnya baru, sebagian besar masih bingung mengapa beberapa orang memilih untuk mengenakan kostum aneh dan menyembunyikan diri mereka di balik topeng.

Mungkin bisa saja menunjukan persona yang lebih besar dengan menambahkan suasana misteri dan memungkinkan pendengar untuk fokus pada kesenian mereka alih-alih memikirkan visual yang akan ditunjukan.

Berikut ini tujuh band dan musisi anonim yang membuktikan bahwa musik dapat dinikmati secara abstrak dari bagaimana mereka terlihat atau menampilkan diri mereka sendiri kepada publik luas, melansir dari laman Bandwagon Asia, Jumat (7/10/2022):

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 8 halaman

1. Dragged Into Sunlight

Dragged Into Sunlight adalah band blackened death/doom yang dibentuk pada tahun 2006.

Para anggota band tetap menjadi rahasia hingga hari ini karena mereka selalu mengenakan balaclava dalam foto-foto yang telah diambil dari mereka.

3 dari 8 halaman

2. Orville Peck

Musisi yang berbasis di Kanada, Orville Peck, sering terlihat mengenakan pakaian koboi lengkap sambil mengenakan topeng agar tidak mengungkapkan identitasnya kepada orang banyak.

Album debut Peck, Pony, dipuji karena liriknya yang merangkum emosi cinta dan patah hati yang terlalu manusiawi melalui lagu-lagu seperti 'Dead of Night' dan 'Roses Are Falling'.

4 dari 8 halaman

3. BOYWITHUKE

Artis TikTok yang sedang naik daun BoyWithUke telah mengumpulkan sesuatu dari pengikut kultus meskipun tidak pernah menunjukkan wajahnya.

Penyanyi-penulis lagu ini telah merilis dua album tahun lalu yaitu, Fever Dreams dan Melatonin Dreams, dan baru saja mengeluarkan single baru berjudul 'Long Drives'.

5 dari 8 halaman

4. Portal

Band eksperimental death metal Australia Portal dikenal karena kostum panggung dan persona mereka dimana sang vokalis bernama The Curator dan gitaris utama bernama Horror Illogium.

Menariknya, sang vokalis mencocokkan tutup kepala yang dikenakannya dengan tema album band saat ini saat tampil.

Jika Anda baru mengenal perpaduan hibrida Portal antara death dan black metal yang dipadukan dengan elemen musik ambient gelap, Anda harus melihat Vexovoid tahun 2013 dan Ion tahun 2018, sebagai permulaan.

Rilisan terbaru mereka AVOW dan Hagbulbia dikeluarkan oleh Profound Lore Records pada tahun 2021 dan sama ganasnya dengan versi full-length mereka sebelumnya.

6 dari 8 halaman

5. Ultra Mega Cat Attack

Ultra Mega Cat Attack (UMCA) adalah band rock Singapura yang telah menarik perhatian penonton karena citra visual unik mereka, yang melihat setiap anggota grup dengan topeng kucing yang disesuaikan.

Sementara sebagian besar orang yang pernah melihat UMCA mungkin bertanya-tanya siapa mereka di balik topeng kucing mereka, grup ini berniat agar identitas mereka anonim sehingga fokusnya hanya pada musik mereka.

Sampai sekarang, mereka baru merilis satu single '009' di platform streaming.

7 dari 8 halaman

6. BUCKETHEAD

Buckethead adalah seorang gitaris yang menggunakan topeng plastik putih dan topi ember KFC dengan kata 'funeral' bertebaran di atasnya.

Sementara pria di balik topeng itu adalah Brian Patrick Carroll, tidak ada yang benar-benar tahu banyak tentang penampilannya atau apa pun tentang kehidupan pribadinya.

Terlepas dari anonimitasnya, Buckethead telah membuat nama untuk dirinya sendiri dengan identitas solonya selain berkolaborasi dengan band legendaris seperti Guns N 'Roses.

8 dari 8 halaman

7. CLAPTONE

Duo DJ dan produser Jerman Claptone telah terkenal di industri musik elektronik karena mengenakan topeng warna emas.

Topeng itu nyatanya telah membantu menjaga identitas mereka tetap tersembunyi selama bertahun-tahun.

Meskipun para penggemar awalnya percaya bahwa Claptone adalah satu orang, mereka menemukan bahwa pertunjukan house act ini sering tampil di dua tempat secara bersamaan sehingga orang-orang akhirnya menyimpulkan bahwa mungkin ada dua orang di balik musisi ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.